Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    BeritaSelamat Tinggal BMW i8!

    Selamat Tinggal BMW i8!

    Sempat digadang-gadang sebagai mobil masa depan, BMW i8 nyatanya harus berakhir dengan distop produksi mobil tersebut.

    Pengumuman tersebut disampaikan pada Rabu, 11 Maret 2020. Rencananya, mobil  BMW i8 bergaya sport yang mengusung teknologi sport plug-in hybrid tersebut akan dihentikan produksinya mulai bulan depan atau April 2020 mendatang.

    “Ketika BMW i8 Coupé hadir, mobil sport plug-in hybrid langsung memiliki tempat di antara tonggak sejarah BMW. BMW i8 memulai kisah suksesnya di seluruh dunia sebagai simbiosis yang unik mulai dari desain yang futuristik dan pioner dalam hal teknologi,” dalam keterangan tertulisnya seperti dilansir electrek.co, Kamis (12/3.2020).

    Ya, BMW i8 memang menjadi jembatan menuju kendaraan full listrik. Bahkan mobil ini dianggap memiliki kenikmatan tersendiri ketika dikendarai, dan lebih ramah lingkungan karena tidak sepenuhnya menggunakan bahan bakar.

    BMW i8
    BMW i8. (Motoring)

    Seperti diketahui, BMW i8 bukan barang tidak laku. Namun karena memang dijual segmented, mobil yang diluncurkan sejak 2014 sudah terjual lebih dari 20 ribu unit. Bahkan di Indonesia, ada juga mobilnya, dan sempat dibeli Youtuber kondang Atta Halilintar.

    BMW juga mengklaim, bahwa BMW i8 nyatanya merupakan mobil sport paling sukses di dunia yang menggunakan sistem penggerak listrik

    “Dengan lebih dari 20.000 unit terjual sejak 2014, penjualan mobil ini lebih tinggi daripada semua pesaing di segmennya,” katanya.

    BMW i8 juga dianggap menjadi inspirasi pabrikan mobil lainnya yang meluncurkan versi plug-in hybrid.

    Spesifikasi Mesin BMW i8

    BMW i8

    Sekadar informasi, BMW i8 ini memiiliki versi coupe dan roadster. Mobil ini menepis anggapan bahwa mobil sport boros dalam hal bahan bakar.

    faktanya, di awal kemunculannya, BMW i8  mengkombinasikan mesin konvensional dengan listrik, yaitu mesin turbocharged tiga silinder berkapasitas 1,5 liter yang mampu menghasilkan daya hingga 228 Tk pada 5.800 rpm dan torsi 320 Nm pada 3.700 Nm.

    Sedangkan jika menggunakan motor listrik, tenaga yang dihasilkan mencapai 129 Tk dan torsinya 250 Nm. Nah, jika digabung maka totalnya mencapai 357 Tk.

    Namun untuk versi 2018, tenaga yang dihasilkan motor listriknya meningkat menjadi 141 Tk, alhasil jika ditambah tenaga mesin bensin total tenaganya menjadi 374 Tk.

    Dengan mesin tersebut, BMW i8 diklaim mampu berakselerasi dari 0-100 km per jam hanya dalam waktu 4,2 detik, dan mampu melesat dengan kecepatan hingga 250 km per jam.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here