Kamis, Juli 7, 2022
More
    TipsSepeda Motor Tanpa Aki Tetap Bisa Dipakai, Tapi..

    Sepeda Motor Tanpa Aki Tetap Bisa Dipakai, Tapi..

    Salah satu bagian pada sepeda motor yang perlu dicek yaitu accu atau aki. OLXers juga mesti tahu, kalau aki harus diganti dalam beberapa waktu karena masa pakainya bisa habis.

    Tapi, meski keberadaan aki sangat penting, namun nyatanya sepeda motor yang tidak menggunakan aki nyatanya masih dapat menyala.

    Bahkan terkadang, bagi beberapa pengendara keberadaan aki dianggap tidak terlalu penting. Asalkan, motor masih bisa dipakai dan melaju seperti biasa.

    Melansir Wahan Honda, tanpa adanya aki, sepeda motor nggak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Padahal banyak fitur yang nggak akan maksimal saat digunakan tanpa adanya aki. 

    Padahal ada beberapa hal yang harus diwaspadai, kalau sepeda motor tidak menggunakan aki lagi akan ada masalah lainnya.

    Mau tahu apa saja masalah yang akan timbul tanpa adanya aki, lihat ulasannya di bawah ini.

    1. Sulit menyalakan mesin

    Ketika pertama kali ingin menyalakan atau menghidupkan sepeda motor dengan memencet electric starter, disitu keberadaan aki langsung sangat terasa karena memudahkan menyalakan mesin.

    Namun lain halnya jika menyalakan mesin tanpa aki, OLXers harus terlebih dahulu memakai kick starter untuk nyalain motor.

    Perlu dicatat, menyalakan sepeda motor dengan kick starter dapat menyita waktu. Pasalnya terkadang akan sangat sulit menyala.

    Terlebih jika sepeda motor jenis matik, dimana OLXers harus memastikan posisi motor tegak dengan cara memasang standar tengah terlebih dulu, kemudian pakai kickstarter.

    2. Tak bisa mengaktifkan berbagai perangkat

    Jika tanpa aki, tentunya tak ada aliran listrik di motor. Alhasil berbagai informasi yang ada pada Multi Information Display (MID) jadi tidak terlihat.

    Biasanya, jika ada aliran listrik MID ada lampu-lampu yang  memperlihatkan berbagai macam informasi, posisi transmisi, aki, bahan bakar.

    Selain itu, klakson nggak akan bisa dibunyikan saat mesin mati total. Bahkan ketika mesin nyala, klakson hanya akan bersuara lirih.

    3. Lampu sein tidak optimal

    Tentunya dari semua yang membutuhkan tenaga listrik dari motor, lampu sein adalah salah satu yang paling penting.

    Sebab lampu sein berfungsi jadi media komunikasi antar pengendara untuk menunjuk arah mana yang akan dituju.

    Ketika lampu sein itu berkedip, hal ini untuk memberikan isyarat kepada pengendara lain.

    Masalahnya tanpa aki, lampu sein jadi tidak berkedip karena langsung terpengaruh oleh RPM dari motor. Semakin kencang RPM, semakin nggak berkedip lampu seinnya.

    Tentunya hal ini jadi masalah untuk keamanan pengendara di belakang. Alhasil pengendara lain tidak menyadari bahwa lampu sein menyala.

    4. Lampu utama hanya bergantung pada RPM motor

    Jika tanpa aki, lampu utama di sepeda motor tidak menyala secara maksimal.

    Memang lampu utama bisa saja menyala karena mengikuti besaran RPM motor. Jika RPM tinggi, lampu bisa menyala terang. Sebaliknya, jika kecepatan motor lambat, maka lampunya redup.

    Baca juga  5 Alasan Tak Perlu Isi BBM Sampai Full Tank Apalagi Meluber

    Pada intinya, keberadaan lampu menyala sangat penting. Bahkan fungsinya tidak hanya digunakan untuk penerangan pada malam hari, tapi juga jadi tanda di siang hari.

    Nah, OLXers agar aki bekerja secara optimal, maka jangan lupa lakukan pengecekan dan juga penggantian secara berkala.

    OLXers mau cari mobil bekas berkualitas bisa lihat di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here