Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    BeritaSetahun Gelar 1.500 Edukasi, AHM Tularkan Virus Safety Riding ke Ratusan...

    Setahun Gelar 1.500 Edukasi, AHM Tularkan Virus Safety Riding ke Ratusan Ribu Pemotor

    Upaya yang dilakukan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) untuk terus menularkan virus safety riding patut mendapatkan jempol dari seluruh pihak. 

    Bagaimana tidak, sejak Januari hingga November 2020, AHM bersama seluruh jaringan main dealer sudah menggelar 1.500 kegiatan edukasi yang melibatkan 114.576 peserta dari berbagai elemen masyarakat, mulai dari pelajar, anggota komunitas, pekerja kantor dan kelompok pengguna sepeda motor lain.

    Di bulan November 2020 lalu saja, AHM bersama jaringannya menggelar sebanyak 197 kegiatan edukasi lewat cara virtual dan mengedepankan protokol kesehatan (prokes) yang ketat dengan jumlah peserta tercatat 10.631 pengguna sepeda motor di seluruh Indonesia.

    Dimana puluhan ribu peserta yang tercatat terdiri dari 7.107 pelajar, 1.276 anggota komunitas, 1.488 pekerja dan 760 orang dari kelompok pengguna sepeda motor lain. 

    “Melalui edukasi pada bulan November ini, kami berharap para peserta dapat manjadi bagian dari duta safety riding dengan memberi contoh dan mengimplementasikan ilmu-ilmu keselamatan berkendara yang dipelajari di tengah masyarakat,” ujar Deputi General Manager Marketing Planning and Analysis AHM, Andy Wijaya dalam keterangan tertulis, Rabu (23/12/2020).

    Lebih jauh ia menegaskan bahwa perusahaan selalu berusaha menjaga komitmen dan konsistensi dalam mengkampanyekan keselamatan berkendara meskipun saat ini masyarakat masih bergelut dengan kondisi pandemi.

    Sebagai upaya beradaptasi dengan pandemi, pelaksanaan edukasi safety riding ini berlangsung secara daring. Kalaupun praktik edukasi ini berlangsung offline maka seluruh peserta wajib menggunakan masker, melakukan pengecekan suhu tubuh serta membatasi peserta hanya 50 persen dari kapasitas area edukasi.

    Materi dan Metode Lebih Interaktif

    Dalam menjalankan program edukasi ini, AHM menurunkan 159 instruktur safety riding yang sudah dibekali dengan materi dan metode yang sudah disesuaikan dengan kondisi pandemi, terutama dalam hal penyampaian pelatihan berkendara aman. 

    Agar lebih interaktif, materi yang digunakan banyak berbentuk visual seperti gambar ilustrasi dan video hingga alat praktik seperti sepeda motor, helm, jaket serta perlengkapan pendukung lainnya.

    “Pandemi tidak menyurutkan kami untuk terus memberikan edukasi keselamatan berkendara kepada masyarakat dan pengguna sepeda motor. Dengan materi dan teknik pengajaran yang kreatif namun tetap informatif, menjadi salah satu kunci kami dalam menghadirkan edukasi yang lebih interaktif dan mudah diterima oleh para peserta edukasi,” ujar Andy.

    Disini para peserta mendapatkan pembelajaran teknik dasar pengguna sepeda motor seperti memprediksi bahaya di jalan raya, berkendara saat musim hujan hingga berkendara jarak jauh. 

    Selain teknik berkendara, para peserta juga diedukasi mengenai penggunaan riding gear yang tepat saat berkendara dan juga bertoleransi dengan pengendara lainnya serta berkendara aman dan sehat selama pandemi.

    Fasilitas Safety Riding Terbesar Se-Asia Tenggara

    Komitmen untuk terus menyebarkan virus safety riding yang digagas AHM juga ditunjukkan dengan membuka fasilitas AHM Safety Riding Park pada Agustus 2020 lalu.

    Ini menjadi pusat pelatihan safety riding Honda terbesar di kawasan Asia Tenggara yang berdiri di atas lahan 8,5 hektar berada di Greenland International Industrial Centre (GICC) Kota Deltamas, Cikarang.

    Fasilitas ini bisa memberikan pelatihan berkendara bagi 15.000 orang per tahun dimana pada fasilitas safety riding course memiliki karakter kontur yang disesuaikan dengan kondisi jalan di Indonesia, baik kondisi jalan aspal maupun kondisi jalan off-road

    Beragam teknik berkendara sepeda motor yang aman bisa dilakukan disini, mulai dari pengereman, teknik keseimbangan, teknik menikung, teknik melewati jalanan bergelombang, menanjak dan menurun serta teknik memprediksi bahaya. 

    Fasilitas lainnya juga tersedia ruang kelas, ruang ujian, ruang simulator, asrama, auditorium hingga sarana olahraga dan ruangan penunjang lainnya.

    AHMSRP juga dilengkapi Kids Traffic Park yang dapat menampung pelatihan terhadap 2.000 anak per tahun. 

    Sejauh ini AHM bersama jaringan main dealer Honda sudah memiliki 8 pusat pelatihan safety riding yang tersebar di daerah Serang, Jambi, Tangerang, Yogyakarta, Surabaya, Pekanbaru, Medan dan Bandung. 

    Bertambahnya pusat pelatihan safety riding di kawasan Deltamas ini, AHM berharap kampanye keselamatan berkendara dapat semakin berdampak luas di tengah masyarakat.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here