Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    TipsSetelah Setengah Jam Hujan Turun Kondisi Jalan Jadi Berbahaya, Ini Alasannya

    Setelah Setengah Jam Hujan Turun Kondisi Jalan Jadi Berbahaya, Ini Alasannya

    Hujan turun yang membasahi aspal menjadi tanda agar para pengemudi lebih ekstra berhati-hati. Ada baiknya, jika turun hujan maka kecepatan kendaraan harus dikurangi.

    Oh iya, OLXer pernah mendengar nggak, kalau awal-awal hujan turun atau sekitar 30 menit, air membasahi aspal itu sangat berbahaya?

    Usut punya usut ternyata itu bukan soal mitos atau magis. Sebaliknya, jika dilihat dari realitasnya, adalah saat pertama kali hujan turun ternyata mengakibatkan jalan menjadi licin karena campuran lumpur dan oli kering dengan air menjadi lapisan yang licin di jalan. Hal ini pula diungkapkan langsung situs resmi ban Goodyear.  

    Oleh karena itu, biasanya setelah 30 menit hujan turun maka pengendara kerap kali merasa kehilangan kontrol kemudi. 

    Apalagi jika hujan semakin deras, maka kecepatan mobil harus dikurangi, lantaran ada beberapa hal yang bisa jadi beresiko, yaitu jarak pandang ke depan jadi tidak nyaman.

    Selain itu, jika mengemudi saat hujan bukan tak mungkin bisa terjadi  Aquaplaning, dimana kondisi dimana ban kehilangan traksi atau cengkraman ke aspal karena terhalang lapisan air.

    Nah, jika terjadi aquaplaning bukan tak mungkin mobil akan seperti melayang sehingga sulit dikendalikan. Resiko terburuk menjadi penyebab kecelakaan. 

    Oleh sebab itu, selain mengurangi kecepatan berkendara, maka jaga jarak kendaraan OLXer. Apalagi ketika mobil di depan melambat, Anda akan muda melakukan pengereman sehingga tidak perlu ngerem mendadak dan mudah bermanuver. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here