Kline & Company baru saja mengumumkan keberhasilan oli merek Shell sebagai pemasok pelumas terkemuka dunia selama 14 tahun berturut-turut.
Dari laporan tersebut, Shell berhasil mempertahankan posisi nomor satu di pasar global dalam tiga kategori pelumas, yakni otomotif konsumen, otomotif komersial, dan industri.
Total volume penjualan yang dicatat Shell berkisar 4.500 kiloton (setara dengan 5 milyar liter) di tahun 2019 dari tiga pasar konsumen, otomotif 34 persen, otomotif komersial 36 persen, dan industri 30 persen, mencakup semua pasar negara konsumen pelumas terkemuka, segmen pasar, jenis produk, dan formulasi selama tahun 2019.
“Keberhasilan sebagai pemasok pelumas nomor satu di dunia menunjukkan komitmen Shell terhadap para pelanggan dan kekuatan portfolio produk perusahaan. Di tengah pandemi ini, bisnis pelumas Shell memegang peranan penting dalam mendukung operasi bisnis di seluruh penjuru dunia dengan memasok produk-produk premium yang menjamin efisiensi operasi mesin,” ujar Carlos Maurer, Executive Vice President Shell Global Commercial dalam siaran pers global Shell beberapa waktu lalu.
Shell Lubricants Semakin Kokoh di Indonesia
Untuk pasar Indonesia sendiri, bisnis Shell Lubricants juga semakin kokoh dalam kurun 20 tahun terakhir usai menggandeng sederet nama besar menjadi mitra dan pelanggan setianya.
Shell Lubricants Indonesia terus memenuhi permintaan dalam negeri dan berkontribusi terhadap industri hilir di Indonesia melalui berbagai inisiatif, seperti ekspansi pabrik pelumas LOBP di Marunda, Bekasi sejak Maret 2020 lalu.
Langkah ini mendorong Shell dalam menggenjot kapasitas produksi dari 136 juta liter per tahun menjadi 300 juta liter per tahun, serta menjadi perusahaan energi internasional pertama yang mengantongi sertifikasi SNI untuk produk pelumas Shell Helix, Shell Rimula, Shell Spirax, dan Shell Advance.
Shell Indonesia juga terus berkomitmen untuk terus tumbuh bersama para mitranya yang saat ini meliputi 40 mitra distributor B2C dan 10 mitra distributor B2B di seluruh Indonesia.
Mendukung bengkel rekanan dan mekanik, Shell meluncurkan aplikasi SHARE (Shell Advantage Rewards) yang memfasilitasi mereka untuk melakukan transformasi operasi secara digital guna mengembangkan kinerja bisnis sesuai dengan perkembangan pasar. Dimana sampai sekarang, sudah ada 30.000 mitra usaha yang bergabung dalam aplikasi ini.
Aplikasi LubeAnalyst dari Shell juga membantu pelanggan yang membutuhkan diagnosis dan analisis terperinci tentang produk pelumas yang digunakan.
Dukungan kepada mitra usaha Shell juga semakin paripurna dengan hadirnya program perlindungan kesehatan melalui produk AXA Sahabat Sehat dan AXA Care Protection.
Di tengah tren era digital dimana hampir seluruh konsumen mengakses produk secara online, Shell Indonesia juga sudah membuka Official Store di enam marketplace ternama di Tanah Air.
Sehingga pelanggan tetap merasa aman dan nyaman mendapatkan produk pelumas berkualitas dari Shell tanpa harus keluar rumah, serta dilengkapi layanan Shell Helix Oil Home Delivery untuk pengiriman produk sekaligus layanan ganti oli dari mekanik resmi, terlatih, dan profesional.
”Keberhasilan Shell dalam mempertahankan posisi sebagai pemasok utama produk pelumas di dunia selama 14 tahun berturut-turut ini merupakan sebuah prestasi dan bentuk kepercayaan konsumen kepada kami. Hal ini benar-benar memotivasi kami untuk terus menawarkan produk, layanan, dan berbagai solusi bisnis yang tepat sesuai dengan kebutuhan para pelanggan dan mitra usaha kami,” tutup Andri Pratiwa, Direktur Pelumas Shell Indonesia dalam keterangan tertulis, Jumat (11/12/2020).