Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    MotorShockbreaker Motor Ini Bisa Tahan Bobot Ekstrim Sampai 400 Kg

    Shockbreaker Motor Ini Bisa Tahan Bobot Ekstrim Sampai 400 Kg

    JakartaShockbreaker jelas memegang peran yang cukup vital pada sebuah motor. Kenyamanan saat motor melintas di jalur bergelombang ataupun saat menghajar lubang jalan, semuanya bergantung pada kekuatan shockbreaker. Intinya, pilihlah shockbreaker dengan kualitas yang baik.

    Shockbreaker sendiri punya standard dalam mengusung bobot kendaraan. Jadi jangan sampai kalian memaksakan kinerja shock dengan memuat beban yang berat berlebih di motor. Akibatnya bisa jadi fatal. 

    Tapi taukah kalian, salah satu merek shockbreaker aftermarket punya jenis per unik dengan kekuatan menopang beban ekstrim?

    Merek shockbreaker tersebut adalah Scarlet. Dimana produk unik mereka itu banyak diminta oleh pemilik motor di luar pulau Jawa. 

    “Jadi kita memang ada shock motor yang permintaannya datang dari wilayah Sumatera dan Kalimantan. Pokoknya wilayah yang banyak perkebunannya,” ujar Suwandi, boss dari Scarlet saat ditemui OLX beberapa waktu lalu di kawasan Jakarta Barat.

    “Jadi di daerah tersebut para petani sawit dan karet biasanya menggunakan motor mereka untuk mengangkut hasil kebun. Beratnya bisa hingga 400 kilogram,” cerita Suwandi.

    Dijelaskan Suwandi bahwa bentuk dari produk ekstrimnya tersebut pada dasarnya sama dengan yang produk standard-nya. Tapi ada beberapa bagian yang memang dibuat berbeda. “Kalau kita lihat profilnya itu hampir sama, tapi kalau diperhatikan benar-benar, itu ada perbedaaan.”

    Perbedaan paling jelas adalah di besaran ulir. Kalau ulir shockbreaker standard menggunakan ukuran 6 mm, sedangkan untuk yang shock khsusus tersebut pakai ulir lebih tebal. Begitu juga dengan as-nya yang menggunakan ukuran 12,5 mm. 

    “Materialnya juga gak ada yang khusus, cuma kita atur spring ulirnya saja. Kita sudah setting di ulir petama sampai ulir ketiga itu dipakai untuk harian masih oke,” lanjut Suwandi menjelaskan soal shockbreaker ekstrim merek Scarlet.

    Dengan spesifikasi tersebut, shockbreaker Scrlet bisa menahan bobot mulai dari 300 hingga 400 kg.

    Awal diproduksinya shock atau per tersebut karena memang adanya permintaan. Selain itu salah satu merek shockbreaker yang menjadi OEM juga punya produk sejenis. 

    “Kita develop nggak lama, hanya sekitar dua bulanan saja. Ini memang murni dari permintaan konsumen, artinya pasar ada dan terbukti memang penjualannya cukup laris di kedua wilayah tersebut,” cerita Suwandi.

    Harga shockbreaker tersebut juga dilepas dengan harga yang cukup terjangkau, sekitar Rp 250 ribu. Dari pengakuannya, selama dua tahun memasarkannya sampai sekarang tidak ada komplain atau masalah. (Z)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here