Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    TipsSimak 4 Cara Mengetahui Bensin Asli atau Oplosan

    Simak 4 Cara Mengetahui Bensin Asli atau Oplosan

    Sudah jadi rahasia umum, pengisian bahan bakar minyak (BBM) yang tepat harus sesuai yang dianjurkan pabrikan dengan oktan yang tepat. Sebaliknya, jika tidak menggunakan oktan yang sesuai bukan tak mungkin mesin akan jadi bermasalah.

    Selain itu, OLXer juga jangan sampai asal mengisi BBM, apalagi menggunakan bensin oplosan atau bahan bakar yang sudah dicampur-campur. Sebab, itu akan sangat beresiko.

    Melansir Wahana Honda, bahaya dari bahan bakar oplosan yaitu dapat merusak komponen-komponen dalam mesin. Bahkan motor-motor hebat dari pabrikan pun bisa dibuat kolaps atau turun mesin gara-gara bahan bakar jenis ini. 

    Maka dari itu, jika ingin mengisi BBM, sebaiknya di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) resmi. Sebenarnya, BBM eceran yang ada di pinggir jalan juga ada yang jujur, dimana bensin yang dijual murni tanpa dioplos. Namun begitu, ada saja oknum pedagang-pedagang nakal yang memanfaatkan situasi. 

    Pasalnya, niatan OLXer hanya mengisi bahan bakar, bisa berujung masuk bengkel, karena mesin bermasalah. 

    Adapun jika OLXer ingin melakukan pengecekan apakah BBM tersebut asli atau oplosan, berikut cara mengetahuinya:

    1. Menggunakan jari tangan

    Cara sederhana pertama untuk mengetahui apakah bensin asli atau oplosan yaitu masukan jari ke dalam bensin, kemudian angkat, lalu tunggu beberapa detik dan amati bagaimana penguapan yang terjadi pada bahan bakar yang menempel di jari. 

    Jika mendapati bensin cepat hilang atau mengering, maka hal tersebut adalah tanda kalau bahan bakar tersebut murni. Sebaliknya, beberapa detik tidak ada perubahan dan meninggalkan zat sisa, maka itu adalah indikator kalian mendapatkan bensin oplosan.

    Jika OLXersr masih merasa kurang puas, maka perlu dicatat, bahwa bensin merupakan cairan yang mudah menguap.

    2. Koran bekas 

    Cara kedua untuk mengetahui BBM asli atau oplosan adalah dengan media koran. Untuk caranya yaitu, teteskan bensin pada koran, kemudian tunggu beberapa saat.

    Ya, jika tulisan pada koran menjadi luntur, kemungkinan bensin tersebut adalah kw atau telah dicampur. Pasalnya, kebanyakan pengoplos menggunakan minyak tanah sebagai bahan campuran. 

    Nah, tinta pada koran biasanya tidak tahan dengan bahan tersebut. Sedangkan jika huruf dan angka pada koran masih bisa terbaca, maka bahan bakar tersebut benar-benar murni.

    3. Melihat warnanya 

    Cara ketiga untuk membedakan bensin asli atau oplosan sebenarnya bisa juga dilihat dari warnanya. Meski diperlukan pengamatan yang sangat cermat, namun bila kalian kerap mengisi bahan bakar di SPBU, pasti mudah untuk membedakannya. 

    Pada umumnya, bensin yang asli seperti premium akan berwarna kuning cerah, untuk pertalite hijau, sedangkan pertamax RON 92 layaknya sirup dan biru tua. Nah, bila kalian menemui selain warna tersebut saat mengisi bensin di pengecer, kemungkinan itu adalah bensin oplosan. 

    4. Pastikan jernih

    Semua bensin yang asli pada dasarnya akan terlihat jernih dan tidak akan meninggalkan banyak endapan di dasar botol. Bahan bakar tersebut selalu bening tanpa terkontaminasi bahan lain.

    Jika bensin terlihat kotor dan banyak endapan maka sebaiknya tidak digunakan. Sebab, jika masuk ke dalam mesin pembakaran maka akan timbul masalah .

    Nah itulah beberapa cara mengetahui bensin asli atau oplosan. Menurut OLXer, masih adakah cara lainnya untuk membedakan bensin asli atau oplosan?

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here