Rabu, Januari 19, 2022
More
    BeritaSistem Kelistrikan yang Perlu Dicek Saat Musim Hujan

    Sistem Kelistrikan yang Perlu Dicek Saat Musim Hujan

    Hujan yang mengguyur sejumlah wilayah di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir tergolong cukup tinggi. Belum lagi angin yang cukup kencang membuat hujan kali ini terlihat menyeramkan.

    Bicara soal musim hujan, Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, Rifat Sungkar mengingatkan kepada para pemilik mobil agar lebih ekstra untuk melakukan pemeriksaan sejumlah sistem elektrikal atau kelistrikan

    “Hujan nggak karuan, sistem kelistrikan ini paling ringkih. Tolong untuk hal ini perlu aware, karena gangguan elektrikal adalah gangguan dalam, di luar terlihat baik tapi di dalamnya ternyata rusak,” ungkap Rifat saat acara Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Virtual Interview, Selasa (14/12/2021).

    Rifat juga menegaskan, sebaiknya perlu diketahui bahwa sistem elektrikal pada mobil bukan semata-mata hanya membahas lampu dan aki saja, melainkan ada empat kriteria yang harus OLXers ketahui.

    Kriteria sistem kelistrikan

    Ilustrasi kabel pada dashboard mobil. (Shutterstock)

    Nah, OLXers mau tahu apa saja kriteria yang dimaksud pereli nasional tersebut, berikut ulasannya.

    Menurut Rifat, sistem kelistrikan sebenarnya terdapat empat kriteria yang ada pada mobil, mulai dari eksterior atau bodi, interior, mesin dan sistem keamanan kendaraan. Bagian-bagian perkabelan ini juga harus tahu keberadaannya. 

    “Untuk elektrikal dalam sebuah kendaraan sejatinya ada dua tipe kabel, yakni Body Harness dan Engine Harness,” ucap Rifat.

    Body Harness

    Rifat menyatakan, sistem elektronik pada bagian luar, termasuk kategori Body Harness, dimana kabel yang berhubungan dengan kelistrikan meliputi lampu, hingga power steering.

    Kata Rifat, untuk elektrikal interior sebenarnya masih termasuk bagian dari Body Harness. Nah, kabel-kabel tersebut saling berhubungan dengan perangkat audio, aksesoris, charger, hingga inverter atau perangkat daya arus listrik.

    “Saya mungkin harus menyampaikan lebih detail, karena sistem kelistrikan (bagian interior) suka banyak gangguan (akibat modifikasi),” kata Rifat.

    Engine Harness

    Sementara itu, untuk Engine Harness berhubungan dengan penggerak yaitu Engine dan Gearbox. Ini adalah sistem kelistrikan yang berhubungan dengan Electronic Control Unit (ECU) atau otak dari mobil.

    Nah, untuk elektrikal mesin, kata Rifat, bagian kabel-kabel tersebut masuk kategori Engine Harness. Dimana kabel ini terhubung dengan mesin dan sangat krusial.

    “Saya rekomen sekali spesifikasi Engine Harness mohon jangan dimodifikasi karena sistem Engine Harness akan sangat mempengaruhi performa kendaraan. Misalnya mobil-mobil jaman sekarang sudah ditingkatkan powernya dipasang unichip,”

    Maka dari itu, Rifat menyarankan agar tidak memodifikasi bagian mesin, lantaran pabrikan otomotif telah membuat semua kontrol unit dalam kondisi standar dan paling optimal, baik dari segi power maupun konsumsi bahan bakar.

    Adapun untuk elektrikal pada sistem keamanan masuk pada kategori Engine Harness. Dimana sistem elektrikal pada bagian ini biasanya saling terhubung termasuk pada bagian fitur-fitur keamanan, termasuk Hill Start Assist (HAS), Electronic Stability Control (ESC), sampai Cruise Control.

    Baca juga  Jangan Pakai Lampu Hazard Saat Hujan, Ini Alasannya

    Nah itu dia yang harus OLXers ketahui dan perlu dicek ulang perkabelan. Karena bagian elektrikal ini bisa sangat riskan apalagi saat musim hujan seperti sekarang.

    Sambil menunggu mobil listrik Toyota dijual di Indonesia, rencanakan jual mobil lama kalian di OLX Autos #JUJURLYAMAN.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here