Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    BeritaSkema Polisi Cegah Pengendara Mudik Lebaran Mulai dari Jalan Tol Sampai ‘Jalur...

    Skema Polisi Cegah Pengendara Mudik Lebaran Mulai dari Jalan Tol Sampai ‘Jalur Tikus’

    Mudik lebaran 2020 dilarang pemerintah. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan virus corona yang dibawa masyarakat di kota ke tempat tujuan mudik.

    Nah, hal ini pula membuat Kepolisian RI menyiapkan berbagai skema operasi pencegahan pergerakan kendaraan ketika musim mudik, baik dengan kendaraan pribadi, angkutan umum, atau sepeda motor. Sedangkan angkutan barang yang mengangkut bahan sembako boleh keluar-masuk Jabodetabek.

    Adapun seperti dilansir situs NTMC Polri, ada Polda Metro Jaya akan mendirikan sejumlah pos pengamanan terpadu sebanyak 19 pos yang disebar di ruas jalan tol dan jalur arteri di dalam kota Jabodetabek.

    “Termasuk ada tiga titik pos pam terpadu khusus di jalan tol menuju ke Jawa Barat, yakni di Cikarang Barat, tol ke Bogor di Cimanggis, dan tol ke Tangerang di Bitung,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus.

    Kata Yusri, ketiga pos terpadu besar ini akan melibatkan personel lebih lengkap dan kegiatan masif di sana. Sedangkan 16 pos pam lainya akan ada di masing-masing wilayah Polres, khususnya di jalan arteri daerah perbatasan-perbatasan.

    Adapun menurut Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, 19 pospam tersebut sekaligus merupakan checkpoint, dimana  petugas akan memeriksa dan menyekat kendaraan keluar-masuk Jabodetabek.

    “Itu titik-titik yang akan kami laksanakan pemeriksaan, pembatasan, dan penyekatan. Ini hanya berlaku bagi angkutan penumpang, baik pribadi maupun umum, termasuk sepeda motor,” kata Sambodo.

    Sambodo menyebutkan, pergerakan orang dalam wilayah hukum Polda Metro Jaya, seperti Jakarta, Bekasi, Tangerang, masih diperbolehkan. 

    “Artinya, orang Bekasi bisa ke Jakarta, pekerja dari Bintaro, Serpong, masih bisa ke Jakarta, dan dari Depok masih bisa ke Jakarta dan sebaliknya. Tapi yang dibatasi pergerakan manusia keluar dari wilayah Depok, Jakarta, Tangerang, dan Bekasi,” katanya.

    Tol Elevated Cikampek Ditutup

    Skema untuk mengantisipasi masyarakat yang hendak mudik lebaran mulai 24 April 2020 juga dilakukan di jalur tol. Bahkan menurut Sambodo, kepolisian akan melakukan penutupan khusus Tol Elevated (tol layang) Cikarang, mulai hari ini Kamis (23/4/2020).

    Namun begitu, untuk jalur tol utama yang terletak di bawah, akan tetap beroperasi. Hanya saja pergerakannya akan dibatasi.

    “Jadi baik dari arah Cikunir maupun Tol Dalam Kota untuk elevated kami tutup, sehingga semua harus lewat bawah. Karena Tol Elevated hanya kendaraan kecil dan penumpang, Tol Elevated akan kami tutup dan kami periksa di Cikarang Barat, kendaraan logistik ke Cikampek,” jelasnya.

    Jika masih ada kendaraan pribadi yang nekat, kata Sambodo, petugas akan memutarbalikan melintasi Tol Cikarang Barat agar tujuannya kembali ke rumah masing-masing

    Adapun kendaraan hanya boleh beroperasi di dalam wilayah Jabodetabek. Sedangkan kendaraan yang keluar dari wilayah Jabodetabek dilarang, kecuali kendaraan barang yang mengangkut logistik, sembako, dan bahan bakar.

    Pencegahan di Jalur Tikus

    Lebih lanjut, Sambodo juga menyatakan, di setiap pospam nanti, petugas kepolisian dari Polda Metro Jaya, jajaran Polres dan Polsek juga akan turut mengawasi jalur-jalur tikus. Khususnya yang digunakan pada pengendara sepeda motor.

    OLXer yang merasa lebih pintar dari petugas, sebaiknya pikiran itu dihilangkan. Sebab, petugas kepolisian sudah melakukan mapping di beberapa tempat atau jalur-jalur tikus. Nantinya, disana akan ada petugas yang berjaga.

    “Sudah di-mapping beberapa tempat daerah jalur tikus yang disampaikan tadi (Rabu, 22/4/2020) sudah di-mapping dan disiapkan pengamanan untuk bisa sortir kendaraan roda dua yang keluar dari Jakarta, itu anggota sudah kita siapkan,” ujar Yusri.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here