Minggu, Desember 5, 2021
OLX Auto
More
    MotorSkutik Gambot Honda Forza Hadir Model Baru, Ini Ubahan Menariknya

    Skutik Gambot Honda Forza Hadir Model Baru, Ini Ubahan Menariknya

    Tidak hanya Honda PCX 160 dan e-HEV, PT Astra Honda Motor (AHM) juga melakukan penyegaran pada skuter matik (skutik) bongsornya, Honda Forza 250 untuk pasar Indonesia. 

    Ya, PT AHM rupanya diam-diam tanpa gembar-gembor melakukan perubahan ringan khususnya secara desain dan penambahan fitur pada Honda Forza. Menurut Marketing Direktur AHM Thomas Wijaya dengan dengan melakukan penyegaran maka diharapkan dapat semakin memberikan rasa percaya diri tinggi dan rasa bahagia ketika berkendara.

    “Kami ingin memberikan kesenangan dan kebanggaan tertinggi bagi pecinta skutik di Tanah Air,” ungkap Thomas seperti dilansir situs resmi Astra Honda.

    Nah, OLXer yang kepincut ingin punya skutik gambot Honda Forza, berikut ini beberapa ubahan menariknya yang bisa jadi pertimbangan untuk membeli. 

    Desain dan fitur

    Secara desain, Honda Forza memiliki lekukan bodi semakin tajam di beberapa sisi. Skutik ini juga mempertahankan posisi tempat duduk agar tetap nyaman ketika riding. 

    Ubahan baru lainnya juga terlihat pada desain winker pada spion ditambah penyematan teknologi lampu LED di semua titik pencahayaan. Pada bagian bawah motor, diperkuat dengan hadirnya desain cover muffler yang memiliki tarikan garis lebih tajam.

    Honda Forza juga memiliki fitur electrical adjustable windscreen sebagai pengatur ketinggian windscreen hadir dengan metode penyetelan secara elektrik. Model terbaru ini memiliki jarak penyesuaian lebih tinggi yaitu sekitar 40mm sehingga memanjakan pengendara dan mampu menyuguhkan pengalaman berkendara yang semakin menyenangkan. 

    Honda Forza telah dilengkapi fitur ESS (Emergency Stop Signal) yang secara otomatis akan mengaktifkan lampu hazard saat melakukan pengereman mendadak, sehingga dapat memberikan peringatan ke pengendara di sekitarnya, terutama pada posisi di belakang kendaraan. 

    Selain itu, skutik ini telah dilengkapi console box dengan USB Charger pada bagian depan sehingga memungkinkan penggunanya dapat berkendara jarak jauh dengan nyaman tanpa kuatir kehabisan daya.

    Tak lupa Honda Forza juga dilengkapi kombinasi digital panel meter yang memiliki informasi lengkap seperti indikator Honda Selectable Torque Control (HSTC) sebagai pengontrol traksi sepeda motor, sehingga berfungsi mencegah terjadinya ban selip, indikator perawatan, trip meter, indikator konsumsi bahan bakar, kecepatan dan RPM. 

    Beragam fitur canggih lainnya tetap dipertahankan seperti Honda Smart Key System yang terintegrasi dengan alarm anti maling dan Answer Back System. Kemudian ada juga fitur pendukung passing lamp dan lampu hazard untuk keadaan darurat, serta ada U-box yang ekstra besar sehingga dapat menyimpan dua helm dan barang bawaan lainnya.

    Performa dan Mesin

    Agar dapat memberikan rasa nyaman berkendara dan tak was-was ketika melahap berbagai medan, Honda Forza sudah menggunakan ban tubeless berukuran 120/70 dengan ring 15 M/C untuk ban depan dan 140/70 dengan ring 14 M/C untuk ban belakang. 

    Sementara itu, pada bagian pengereman, skutik besar ini dilengkapi cakram depan dan belakang serta menggunakan sistem Anti Braking System (ABS) 2 Channel.

    Adapun untuk jantung pacu, Honda Forza sudah mengusung mesin 250cc SOHC eSP+ (enhanced Smart Power)  4-katup, 4-langkah, SOHC, berpendingin cairan yang dilengkapi PGM FI, sehingga mampu menghasilkan daya 22,8 Tk pada 7.750 rpm dan torsi 24 Nm pada 6.250 rpm.

    Harga

    Untuk memberikan pilihan kepada calon konsumen, Honda Forza hadir dengan empat pilihan warna yaitu Pearl Horizon White, Indy Gray Metallic, Mat Gunpowder Black Metallic dan Candy Rosy Red.

    Semua pilihan warna pada Honda Forza dipasarkan dengan banderol Rp 83,81 juta On The Road (OTR) Jakarta. 

    Spesifikasi Honda Forza:

    Mesin

    Tipe Mesin : eSP+, 4-katup, 4-langkah, SOHC

    Volume Langkah : 249 cc

    Sistem Suplai Bahan Bakar : Fuel Injection (PGM-FI)

    Diameter X Langkah : 67 x 70,7 mm

    Tipe Transmisi : Otomatis

    Rasio Kompresi : 10,2 : 1

    Daya Maksimum : 17 kW / 7.750 rpm

    Torsi Maksimum : 24 Nm / 6250 rpm

    Tipe Starter : Elektrik

    Tipe Kopling : Automatic Centrifugal Clutch Dry Type

    Sistem Pendingin Mesin : Pendinginan Cairan

    Dimensi

    Panjang X Lebar X Tinggi : 2.1425x 750 x 1.360 mm

    Tinggi Tempat Duduk : 780 mm

    Jarak Sumbu Roda : 1.510 mm

    Jarak Terendah Ke Tanah : 145 mm

    Curb Weight : 186 Kg

    Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 11,7 L

    Kapasitas Minyak Pelumas : 1,3 L (penggantian periodik)

    Rangka

    Tipe Rangka : Under bone type

    Tipe Suspensi Depan : Teleskopik

    Tipe Suspensi Belakang : Swing arm dengan suspensi ganda

    Ukuran Ban Depan : 120/70-15M/C 56P

    Ukuran Ban Belakang : 140/70-14M/C 62P

    Rem Depan : Hidrolis, single 256mm disc – ABS

    Rem Belakang : Hidrolis, single 240mm disc – ABS

    Kelistrikan 

    Tipe Baterai Atau Aki : 12 V – 8,6 Ah (10h), MF-Wet Type

    Sistem Pengapian : Full transistorized

    Tipe Busi : NGK LMAR8A-9

     

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here