Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    BeritaSoal Mobil Esemka, Jokowi: Memang Wajib Kita Beli Barang Ini

    Soal Mobil Esemka, Jokowi: Memang Wajib Kita Beli Barang Ini

    Setelah lebih dari 10 tahun menjadi bahan pembicaraan PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) akhirnya secara resmi merilis produk sekaligus mengumumkan pabriknya yang berlokasi di Desa Demangan, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

    Tak tanggung-tanggung, peluncuran dan peresmian Esemka dilakukan langsung Presiden RI Joko Widodo. Orang nomor satu itu juga langsung menjajal bagaimana rasanya duduk di salah satu mobil Esemka yaitu Bima.

    “Saya tidak ingin maksa pada bapak ibu dan saudara-saudara semuanya untuk beli, tapi kalau lihat produknya tadi saya sudah buka, sudah coba, sudah lihat, sudah tes memang wajib kita beli barang ini. Kalau beli barang dari produk lain ya kebangetan apalagi yang impor,” ungkap presiden yang akrab disapa Jokowi, dalam keterangan tertulis di situs Sekretariat Kabinet Republik Indonesia.

    Jokowi juga mengaku langsung melihat bagaimana mesin dan komponen Esemka Bima saat dirakit. Bahkan dirinya senang bahwa supplier-supplier komponen sudah banyak dibuat di dalam negeri.

    “Artinya local content-nya juga sudah baik, meskipun saya tahu pasti belum sampai ke angka 80 apalagi 100 persen,” kata Presiden.

    Presiden sendiri mengakui, memang tidak mudah, dan tidak gampang masih di tengah persaingan pasar otomotif saat ini. “Tetapi kalau kita sebagai sebuah bangsa mau menghargai karya kita sendiri, brand dan prinsipal kita sendiri ini akan laku,” ujarnya.

    Jokowi meyakini, pabrik mobil Esemka ini akan memiliki efek yang berantai multiplayers effect mulai dari pemasok, industri-industri menengah, industri-industri kecil, sampai industri rumah tangga.

    100 Persen Swasta

    Para pekerja sedang melakukan proses perakitan mesin mobil Esemka. (Chamdan Purwoko- Bisnis Indonesia)

    Sementara itu, Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi Eddy Wirajaya mengatakan, pabrik Esemka adalah perusahaan swasta nasional yang 100 persen dimiliki oleh swasta. Bukan mobil nasional (mobnas) seperti yang dipahami selama ini.

    “Lebih tepatnya merupakan mobil buatan Indonesia karya anak bangsa sendiri,” kata Eddy.

    Ia berharap dengan peresmian ini, Esemka bisa merintis kemajuan industri otomotif buatan Indonesia. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here