Minggu, Desember 5, 2021
OLX Auto
More
    BeritaSoal Recall, Daihatsu: Sudah Biasa dan Diterima Customer

    Soal Recall, Daihatsu: Sudah Biasa dan Diterima Customer

    PT Astra Daihatsu Motor kembali mengingatkan kepada konsumen Daihatsu Gran Max 1.5L dan Luxio yang belum melakukan recall seperti diumumkan pada November 2019 lalu untuk diperbaiki di bengkel resmi Daihatsu.

    Adapun recall ini terkait dengan penggantian komponen Connecting Rod yang tidak tepat tidak memakan biaya alias gratis.

    Tentu saja dengan adanya produk yang di recall, masih ada yang penasaran apakah hal tersebut akan mempengaruhi penjualan sebuah produk menjadi turun peminatnya?

    Menanggapi hal tersebut, Marketing & CR Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, dengan adanya recall, hal itu justru tidak mempengaruhi penjualan.

    “Bahwa yang namanya recall jaman sekarang itu sudah biasa dan sudah bisa diterima customer. Customer melihat kalau suatu brand yang melakukan kampanye untuk recall itu justru dilihatnya jadi sesuatu langkah positif,” ungkap Hendrayadi saat video conference beberapa waktu lalu.

    Lebih lanjut, Hendrayadi menegaskan, dengan melakukan recall, maka hal itu merupakan bukti keseriusan sebuah brand sangat memperhatikan kualitas dari produk yang dipasarkan.

    Ajak Komunitas Daihatsu

    Recall yang dilakukan Daihatsu sendiri rupanya mendapatkan dukungan dari komunitas atau klub yang tergabung Gran Max Luxio Indonesia atau MAXXIO yang memiliki member lebih dari 4.500 anggota dan tersebar di 37 chapter di seluruh Indonesia.

    Bahkan Sekretaris Jenderal klub MAXXIO, Sandi menjelaskan, dari seluruh ribuan member-nya, terdapat 120 unit terdeteksi untuk di-recall. Ia juga menyampaikan bahwa 28 unit diantaranya sudah dilakukan perbaikan, dan 92 unit sisanya dalam proses follow up untuk dapat segera diperbaiki dengan mengunjungi bengkel resmi Daihatsu terdekat.

    Berdasarkan hasil per-Juni 2020, walaupun program ini baru berjalan sekitar setengah tahun, namun menunjukkan hasil yang baik, yaitu 9.043 unit atau sekitar 24% telah selesai diperbaiki dari total 36.915 unit yang terlibat.

    Sebagaimana diketahui, program recall penggantian komponen connecting rod untuk Gran Max 1.5L dan Luxio ini, selain perbaikan secara gratis, Daihatsu juga memberikan kompensasi berupa paket ganti oli mesin dan jasa service gratis untuk periode service berikutnya bagi yang telah berpartisipasi.

    Penjualan Daihatsu

    Adapun untuk penjualan saat ini yang masih belum stagnan atau meningkat, kata Hendryadi, bukan serta merta karena recall, tetapi market memang sedang menurun khususnya disebabkan beberapa hal, yaitu pengaruh penyebaran Covid-19.

    “Juni kemarin mulai tinggi, mungkin karena PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dilonggarkan, orang sudah berani keluar, dan juga yang memang membutuhkan kendaraan mobil yang April-Mei tidak bisa membeli mobil karena sesuatu dan banyak pertimbangan, maka pada Juni mereka beli,” ucap Hendrayadi.

    Lalu bagaimana penjualan Daihatsu Gran Max dan Luxio?

    Untuk penjualan Daihatsu Luxio penjualannya menurun 38 persen sejalan dengan menurunnya total penjualan  Daihatsu. Demikian juga dengan Gran Max, dimana sektor komersial disaat pandemi ini ikut merosot.

    “Saya rasa penurunan ini baik-baik saja, karena penurunannya sejalan dengan penurunan total Daihatsu,” ujarnya.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here