Senin, Desember 6, 2021
OLX Auto
More
    TipsSolusi Hilangkan Getar Saat Mengemudi Pasca Ganti Pelek

    Solusi Hilangkan Getar Saat Mengemudi Pasca Ganti Pelek

    Modifikasi kaki-kaki mobil seperti pada bagian pelek sah-sah saja OLXer. Bahkan, penggunaan pelek dengan ring lebih besar dari standar bisa menambah kesan gagah dan macho.

    Hanya saja, jika mengganti pelek aftermarket ada baiknya memperhatikan faktor lainnya termasuk kenyamanan dan keselamatan.

    Nah, berikut ini ada cara penting yang perlu diterapkan jika mengganti pelek mobil. Ya, cara tersebut adalah dengan menambahkan center ring.

    Seperti diketahui, center ring ini perlu dipasang agar pelek bisa bertumpu secara presisi dan mengisi celah kosong antara lubang tengah pelek dan center hub as roda. 

    Biasanya center ring ini dipasang di bagian tengah diantara baut PCD, dan bagian tengah ini disebut center bore. 

    Kenapa harus dipakai? Hal ini karena pelek standar bawaan pabrikan pada bagian center bore sudah sesuai dengan hub roda. 

    Lain halnya dengan pelek aftermarket, di mana lubang tengah dibuat universal atau lebih besar dibandingkan pelek bawaan pabrikan, agar bisa banyak dipakai di berbagai mobil.

    Center ring ini memang sangat kecil, bahkan harganya tidak terlalu mahal. Namun bagian ini tak boleh disepelekan. 

    Jika mobil yang sudah disematkan center ring, biasanya akan lebih nyaman jika dikendarai dalam kecepatan tinggi. Lain halnya pelek aftermarket tanpa center ring, dimana getaran akan terasa di atas 70-80 km/jam dan berbahaya karena pelek hanya bertumpu pada baut roda.

    Belum lagi jika menghantam lubang, maka akan getarannya akan sangat lebih terasa. Jika ditambah bobot mobil, bukan tak mungkin bautnya bisa patah atau lepas sehingga terjadi hal yang tak diinginkan.

    Oia, ukuran center ring setiap mobil bisa berbeda, tergantung ukuran poros roda dan lubang tengah pelek aftermarket yang OLXer pakai. Jadi pastikan ukurannya pas ya! (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here