Sabtu, Desember 4, 2021
OLX Auto
More
    InformasiKomunitasSosialisasi Bahaya Microsleep ala Komunitas Motor Suzuki Satria

    Sosialisasi Bahaya Microsleep ala Komunitas Motor Suzuki Satria

    Kecelakaan bermotor banyak terjadi juga karena faktor kelelahan pengemudi motor. Riding dalam kondisi badan yang lelah atau mengantuk bisa menyebabkan terjadinya microsleep.

    Microsleep saat berkendara ditandai dengan hilangnya kesadaran pengendara dalam beberapa waktu dan saat sadar pengendara mungkin sudah terlibat kecelakaan, baik itu melibatkan pengendara lain maupun kecelakaan tunggal.

    Demi mengedukasi lebih banyak lagi pemotor untuk menghindar dari kondisi microsleep, Suzuki Satria F150 Club (SSFC) Korwil Cileungsi menggelar kegiatan sosialisasi soal microsleep dan bahayanya.

    Kegiatan ini berlangsung di Waroeng Hezy, Jagakarsa, Jakarta Selatan pada hari sabtu, 16 November 2019 dengan narasumber dr. Gia Pratama selaku praktisi Kesehatan dan Yogie Baskoro sebagai praktisi keselamatan berkendara.

    “Microsleep biasanya disebabkan oleh kelelahan fisik dan mental yang amat sangat, kurang tidur, depresi, stress, atau hipersomnia. Microsleep bisa datang kapan saja, oleh karena itu para pengendara harus tetap waspada agar tidak mengalami keadaan ini,” terang dr Gia Pratama.

    Apalagi hal ini juga sudah diatur dalam UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dalam pasal 106, mengatur “Pengemudi wajib berkendara dengan wajar dan penuh konsentrasi”.

    Arti luas dari penuh konsentrasi ini adalah bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor harus dengan penuh perhatian dan tidak terganggu perhatiannya karena sakit, lelah, mengantuk, menggunakan telepon, menonton televisi atau video yang terpasang di kendaraan, atau minum-minuman yang mengandung alkohol atau obat-obatan sehingga mempengaruhi kemampuan dalam mengemudikan kendaraan.

    “Bikers sangat rentan sekali dengan Microsleep pada aktifitas mereka seperti touring ataupun juga aktifitas riding sehari-hari. Dengan adanya kegiatan ini kami dapat bersilaturahmi sekaligus bersama-sama belajar akan pentingnya menjaga keselamatan berkendara,” ujar Ilham Farizqi, Ketua Korwil SSFC Cileungsi menjelaskan maksud dan tujuan acara.

    “Kami berharap melalui kegiatan ini para bikers tahu apa itu microsleep dan bahayanya, sehingga para bikers bisa mengantisipasi potensi bahaya yang terjadi jika mengalami lelah saat riding,” pungkas Angga Naryadi, Ketua Pelaksana kegiatan. (Z)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here