Kamis, Desember 8, 2022
More
    MotorYamaha Fazzio 125 Hybrid Connected, Bergaya Klasik, Fitur Paling Canggih

    Yamaha Fazzio 125 Hybrid Connected, Bergaya Klasik, Fitur Paling Canggih

    Merek motor Yamaha memang dikenal sebagai trendsetter di industri kendaraan roda dua. Awal tahun ini, Yamaha Fazzio 125 Hybrid Connected baru saja dirilis. Harga Yamaha Fazzio 2022 dinilai cukup ekonomis dan bisa bersaing.

    Motor ini menjadi model pertama untuk tren baru yang dibuka Yamaha, yakni Classy Yamaha. Tentunya menyasar pada pengendara muda dengan selera klasik yang kini sedang tren. 

    “Model ini kami kembangkan secara khusus untuk menghadirkan tren gaya berkendara baru, memenuhi karakter dan gaya hidup konsumen Yamaha yang menginginkan desain unik, smart, dan trendi, sebagai konsep baru kami, Classy Yamaha,” ujar Minoru Morimoto, President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dalam launching virtual Fazzio 125 Hybrid Connected, Senin (17/1/2022).

    Lalu, apa saja spesifikasi Yamaha Fazzio yang membuatnya layak bersaing dibanding skuter lain? Lalu berapa harga motor Yamaha Fazzio 125 ini dibanderol? Berikut pembahasan lengkapnya!

    Harga Fazzio 125 Hybrid Connected

    Dengan 2 varian yang dirilis, Yamaha memberikan banderol yang sedikit berbeda lantaran ada ciri yang membedakan kedua tipenya. Berikut harga Yamaha Fazzio NEO dan harga Yamaha Fazzio LUX yang dirilis oleh Yamaha.

    Varian Yamaha Fazzio Harga
    Fazzio 125 Hybrid Connected LUX
    (Prestige Silver & Matte Black)
    Rp 22.190.000
    Fazzio 125 Hybrid Connected NEO
    (Neo Cyan, Neo Red, Neo Beige, Neo Black)
    Rp 21.890.000
    *Harga Yamaha Fazzio On The Road DKI Jakarta

    Yamaha Fazzio 125 Hybrid Connected sudah tersedia di seluruh jaringan dealer resmi Yamaha di Indonesia mulai Januari 2022.

    Harga Fazzio bisa dibilang hanya terpaut tipis dengan kompetitor langsungnya, yakni Honda Scoopy. Namun tentu saja Fazzio memiliki kelebihan uniknya.

    Salah satu yang ditawarkan dari Fazzio, adalah konsep desainnya yang klasik namun elegan, teknologi terbaru yang disematkannya, dan tentunya teknologi hybrid yang bisa menjadi pioneer motor-motor di masa depan.

    Baca juga: Beda Karakter Motor Matic Lama dan Baru, Perhatikan Pemilihan Oli Mesinnya!

    Tipe Yamaha Fazzio 125 Hybrid

    Tipe Yamaha Fazzio Neo Dan Yamaha Fazzio Lux
    Yamaha Fazzio diluncurkan dengan 2 tipe: Lux dan Neo

    Pertama kali hadir untuk pasar Indonesia, Yamaha Fazzio 125 Hybrid Connected ditawarkan dalam dua varian berbeda, LUX dan NEO.

    Lalu, Apa bedanya Fazzio lux dan Neo? Perbedaan antara kedua varian tersebut hanya terletak pada warna saja. 

    Fazzio LUX hadir dalam dua pilihan warna, Matte Black dan Prestige Silver yang memberikan kesan elegan.

    Sementara Fazzio NEO menawarkan lebih banyak warna cerah, yakni NEO Cyan, NEO Red, NEO Beige, dan NEO Black yang berkonsep sporty.

    Baca juga: Baru Meluncur, Honda Vario 160 Jadi Motor Terbaik 2022

    Spesifikasi Yamaha Fazzio 

    Desain Yamaha Fazzio Berkonsep Retro Klasik

    Spesifikasi dan Harga Yamaha Fazzio 
    Lampu Yamaha Fazzio dengan desain membulat klasik.

    Yamaha mengklaim Fazzio 125 Hybrid Connected sebagai model baru di segmen baru mereka, Classy Yamaha. Tentunya konsep utama dari motor ini adalah desain klasik yang dikedepankan.

    Namun bukan berarti motor bergaya retro modern ini dari sisi spesifikasi juga ikutan jadul. Secara keseluruhan pada bagian depan terlihat semua bagian-bagiannya dibuat membulat.

    Gaya lampu utama juga dibuat berbentuk bulat sebagai salah satu ciri khas motor klasik, namun headlamp tersebut sudah dibekali dengan teknologi pencahayaan LED.

    Kesan modern semakin terlihat dari panel instrumen yang juga sudah full digital.  Bentuknya pun lain daripada yang lain, bulat memanjang dengan posisi vertikal, sehingga terlihat seperti sebuah pil obat, tapi ini menjadikannya terlihat keren.

    Lalu di bagian dek, Fazzio 125 Hybrid Connected dibuat rata, layaknya model Yamaha Mio.

    Dari bagian dek ke belakang, konsep bulat itu langsung berubah jadi kotak. Mirip-mirip model Yamaha QBIX 125 yang juga sempat bikin heboh saat diperkenalkan pada tahun lalu.

    Motor baru Yamaha di 2022 ini dibekali velg ukuran “12 desain palang enam, menggunakan ban depan belakang ukuran 110/70.

    Lebih Ramping Dan Gesit

    Setelah membahas desain klasik Yamaha Fazzio 125 Hybrid Connected yang sangat menggoda ini, sekarang kami ajak untuk mengulik dari sisi dimensinya.

    Dimensi Yamaha Fazzio 125 Hybrid Connected memiliki ukuran panjang 1.820 mm, lebar 685 mm, tinggi 1.125 mm. 

    Ukuran dimensi tersebut jika di compare dengan model skutik retro Yamaha lainnya, Yamaha Fino, sedikit lebih kecil dan lebih ringan sekitar 4 kilogram.

    Jarak dari permukaan tanah atau ground clearance tingginya 135 mm, dengan bobot keseluruhan 95 kg.

    Baca juga: 4 Bagian Sepeda Motor yang Dianggap Tidak Penting, Tapi Ternyata Bermanfaat

    Spesifikasi Mesin Yamaha Fazzio 125 Hybrid Connected

    Mengusung mesin 125 cc satu silinder, Yamaha Fazzio berkekuatan maksimal 6,2 kW di putaran 6.500 rpm serta memberikan torsi maksimal 10,6 Nm di 4.500 rpm.

    Teknologi mesin Blue Core Hybrid memungkinkan terjadinya sinergi dua sumber tenaga, pertama tenaga dari mesin itu sendiri serta Electric Power Assist Start dari baterai.

    Sinergi tersebut membuat tarikan awal motor jadi lebih bertenaga dan juga lebih halus. Membawa penumpang ataupun memuat barang bukan menjadi masalah lagi. Terlebih jika menemui kontur jalan yang menanjak. 

    Bantuan tenaga tambahan ini secara logika bisa disimpulkan membuat Yamaha Fazzio jadi lebih irit dalam mengkonsumsi bahan bakar.

    Apalagi ada fitur One Push Start untuk menyalakan mesin hanya dalam satu sentuhan, serta Stop & Start System yang bisa secara otomatis mematikan mesin saat berhenti. 

    Yamaha Fazio Apakah Irit Bensin?

    Dari segi kapasitas, tangki bahan bakar Fazzio sebesar 5,1 liter untuk sekali pengisian hingga full.

    Namun bagi anda yang mewanti-wanti, apakah Fazzio boros bbm? Tidak perlu khawatir. Dari segi tes konsumsi BBM Yamaha Fazzio, Yamaha pernah melakukan pengetesan konsumsi bahan bakar.

    Hasilnya tiap liter bahan bakar dengan RON 92, mampu melaju sejauh 55-60 km/l. Di beberapa media otomotif lain, bahkan ada yang mengetes Fazzio mampu berjalan sejauh 70 km/l.

    Dengan teknologi hybrid tersebut, penggunaan BBM bisa lebih efisien dan Fazzio bisa menjadi alternatif motor irit bahan bakar.

    Bila Anda bertanya-tanya terkait Yamaha Fazzio pakai bahan bakar apa? Jawabannya ialah direkomendasikan menggunakan bahan bakar dengan RON oktan 92 seperti Pertamax atau Shell Super. 

    Hal ini karena rasio kompresi pembakaran dari mesin Fazzio cukup tinggi. Untuk performa terbaik dari motor, maka disarankan untuk menggunakan bahan bakar berkualitas tinggi.

    Fitur Yamaha Fazzio 125 Hybrid

    Fitur Yamaha Fazzio 125 Hybrid
    Fitur Yamaha Fazzio 125 Hybrid yang sudah disematkan Y-Connect

    Keunggulan dari Yamaha Fazzio 125 Hybrid Connected juga karena sudah dibekali berbagai macam fitur yang bisa mengakomodasi seluruh kebutuhan saat berkendara.

    Satu diantara fitur paling menarik adalah teknologi Y-Connected yang bisa terintegrasi dengan smartphone. Fitur ini sudah banyak dirasakan manfaatnya bagi pengguna Yamaha NMax.

    Ada juga fitur Smart Key System dan Answer Back, Double Hook Carabiner, kantong bagasi di bagian sebelah kanan, socket charger di bagian kiri yang bisa ditutup sehingga tidak khawatir jika berkendara di saat hujan, serta lampu hazard.

    Fitur pendukung lainnya adalah kapasitas bagasi hingga 17,8 liter yang cukup memuat kebutuhan berkendara seperti jaket hujan, sepatu, atau barang pribadi lainnya. 

    Baca juga: Keren! Begini Tampilan Baru Motor Honda New CBR250RR

    Kelebihan Yamaha Fazzio

    Jika berbicara membandingkan sebuah sepeda motor, sudah pasti akan membahas kelebihan dan kekurangannya. Berikut kelebihan Yamaha Fazzio:

    1. Teknologi Terbaru dan Canggih

    Yamaha Fazzio dibekali dengan beberapa teknologi terbaru dari Yamaha dan fiturnya yang canggih. Diantaranya seperti Y Connect yang membuat motor bisa terkoneksi dengan smartphone, smart key system, digital speedometer, electric power socket, dan one push start.

    2. Sistem Hybrid Irit Bahan Bakar dan Bertenaga

    Sistem Hybrid memang belum banyak ada pada speedometer. Keputusan Yamaha untuk menyematkan sistem ini menjadi keunggulan tersendiri dari Fazzio. 

    Mesin dari skutik retro ini mampu berakselerasi dengan cepat dengan dorongan motor listrik, sekaligus unggul dalam efisiensi bahan bakar.

    3. Desain Stylish Dan Unik

    Merespon trend bagi anak muda yang menyukai desain yang stylish dan klasik, Fazzio menawarkan sesuatu yang cocok bagi selera tersebut. Aura klasik namun tetap elegan dapat membuat motor ini menjadi perhatian di jalanan.

    Desainnya yang sekilas menyerupai Vespa, namun tetap ramping dan gesit, sangat cocok digunakan di daerah perkotaan dan mudah dikendarai di jalanan.

    4. Kapasitas Penyimpanan Lega

    Mengendarai motor untuk keseharian tentunya menuntut satu hal yang jadi kebutuhan. Yakni kapasitas yang lega. Yamaha Fazzio mempunyai ruang bagasi sebesar 17.8 liter yang sangat lega di kelasnya. 

    Ruang tersebut bisa sangat penting untuk menyimpan barang-barang seperti helm dan tas. Sehingga lebih aman saat motor ditinggalkan atau saat berkendara ditengah hujan.

    5. Harga Yang Kompetitif

    Terlepas dari bermacam kelebihannya, tak lantas membuat motor ini dibanderol mahal. Yamaha Fazzio dirilis dengan harga yang tak jauh berbeda dari kompetitor di kelasnya. 

    Dengan range di harga 20 Jutaan, dan teknologi hybrid yang tidak ada di motor lainnya, Yamaha Fazzio ini bisa menjadi pilihan yang sulit ditolak.

    Kekurangan Yamaha Fazzio

    Bersamaan dengan kelebihan, tentunya ada beberapa sisi yang membuat motor ini dinilai tidak lebih baik dari pesaingnya. Berikut kekurangan Yamaha Fazzio:

    1. Tenaga Tidak Terlalu Besar

    Dengan konsep mesin hybrid, tentunya tidak bisa berekspektasi motor ini akan gahar di jalanan. Yamaha Fazzio menggunakan penggerak dengan tenaga maksimal di 6.2 kW pada putaran mesin 6.500 rpm. Dari torsi puncaknya ada di 10,6 Nm di putaran 4.500 rpm.

    Walau tidak ada kesan wah dari performa tersebut, namun sudah cukup untuk penggunaan sehari-hari.

    2. Desain Klasik Tidak Untuk Semua Orang

    Selain menjadi kelebihan, faktor desain ini tentunya menjadi nilai segmented bagi pengguna motor. Tidak semua orang mungkin akan cocok dengan desain dari Yamaha Fazzio yang lebih klasik

    3. Belum Dilengkapi Dengan Sistem Pengereman ABS dan Traction Control

    Walau sifatnya tidak wajib, namun untuk motor modern, sudah seharusnya mengeluarkan tipe dengan penambahan sistem keamanan berupa ABS dan traction control. 

    Hal ini bisa jadi sebuah pertimbangan juga yang dinilai oleh calon pembeli. Lantaran dari kompetitornya sudah menyematkan fitur ini.

    Baca juga: 7 Cara Memilih Motor Bekas Agar Tak MenyesalDemikian pembahasan mengenai spesifikasi, dan harga Yamaha Fazzio 125 Hybrid. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika ingin membeli motor bekas dengan harga terjangkau, bisa dengan mengunjungi web OLX dan temukan motor impian Anda!

    Artikel ini diperbarui pada 10 Oktober 2022 oleh Bisma L.

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here