Kerap Disebut ‘Baby Alphard’, Ini Spesifikasi Lengkap, Harga Baru dan Bekasnya

0
93

Sejarah Toyota Voxy

Di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, Toyota Indonesia dengan penuh percaya diri meluncurkan sebuah premium MPV berkonsep ‘boxy’ ala Alphard dengan nama Voxy. Model ini pun sontak menjadi buah bibir di kalangan pecinta mobil di Tanah Air lantaran disejajarkan dengan nama besar Alphard tapi dijual dengan harga dua kali lebih rendah di bawah Alphard.

Ini juga jadi alasan mengapa Toyota Voxy hingga kini masih tetap jadi incaran orang. Bahkan masyarakat pun langsung menyematkan julukan ‘Baby Alphard’ kepada Toyota Voxy.

Namun sebelum berubah nama seperti sekarang, mobil MPV mewah ini pernah bernama Noah kemudian berubah lagi menjadi NAV1 hingga akhirnya resmi menjadi Voxy. 

Varian Toyota Voxy – Wajib Tahu Sebelum Membeli

Tidak seperti model kendaraan lain yang hadir dengan berbagai tipe dan varian untuk memperluas rentang pilihan pada masyarakat, Toyota Voxy hanya dijual dalam satu varian saja, yaitu All New Toyota Voxy 2.0 AT.

Harga Toyota Voxy 2020

Seperti dijelaskan di awal, bahwa mobil berjuluk ‘Baby Alphard’ ini hanya dilepas dalam satu varian saja, yakni All New Toyota 2.0 AT, sehingga tidak ada tabel perbandingan harga dengan varian atau tipe Voxy lainnya. Mobil yang cukup mewah ini dibanderol Rp 501,8 juta (harga on the road Jakarta).

Harga – Harga Toyota Voxy Bekas

Tapi jika berbicara Toyota Voxy kondisi bekas, di platform OLX banyak yang menawarkan Toyota Voxy mulai dari harga Rp 360 juta sampai Rp 400 juta, dengan kondisi rata-rata masih sangat terawat dan tahun pembuatannya juga masih muda, antara 2017 sampai 2019. 

Rekomendasi Toyota Voxy Harga Mulai Rp 300 – 400 Juta

Toyota Voxy tahun pembuatan : 2017-2018-2019

Cek Disini Untuk Toyota Voxy Bekas Harga Mulai Rp 300-400 Juta

Skema Cicilan Toyota Voxy

Tipe Mobil

Harga OTR

Pinjaman

Cicilan/BlnCicilan/BlnCicilan/BlnCicilan/Bln
1th2th3th4th
All New Toyota Voxy 2.0 ATRp 501.800.000Rp 350.700.000Rp 30.627.800Rp 16.015.300Rp 11.144.466Rp 8.709.050
Toyota Voxy BekasRp 355.000.000Rp 248.500.000Rp 21.702.333Rp 11.348.166Rp 7.896.777Rp 6.171.083

Keunggulan dan Kekurangan Toyota Voxy

Dengan banderol harga mencapai sekitar setengah miliar rupiah, tentu sangat wajar bagi setiap calon konsumen dalam memutuskan untuk memboyong Toyota Voxy masuk ke dalam garasi rumah. Karena jelas fitur lengkap dan canggih bukan satu-satunya yang harus menjadi pertimbangan. Bagaimana akselerasi serta performa mobil pesaing Mazda Biante dan Nissan Serena ini pun juga akan dipertimbangkan.

Menurut Semisena, Toyota Voxy punya berbagai kelebihan sekaligus kekurangan yang bisa menjadi panduan saat ingin membelinya. 

Kelebihan Toyota Voxy

1. Dibekali Mesin Andal, Tenaga Responsif, Irit dan Ramah Lingkungan

DI bawah bonnet Medium MPV Toyota ini terpasang mesin 3ZR-FAE 4 silinder dengan kapasitas 2.0 liter yang dipastikan sanggup memberikan daya power maksimal hingga 152 Ps pada putaran mesin 6100 rpm dan torsi 193,19 Nm di putaran 3700 rpm. Ini menjadi sebuah kelebihan Toyota Voxy karena mesin tersebut menawarkan performa yang begitu andal dan tenaganya sangat responsif. 

Meski performa mesin terbilang gahar, namun dalam urusan efisiensi, Toyota Voxy diklaim sangat irit. Hal ini tidak terlepas dari penggunaan sistem bahan bakar Electronic Fuel Injection yang dikenal sebagai teknologi dengan kemampuan menekan konsumsi bahan bakar secara lebih efisien. 

2. Ruang Kabin Luas dan Lega

Dengan dimensi yang besar serta dibuat boxy (kotak) sudah pasti Toyota Voxy menawarkan ruang kabin yang cukup luas dan juga lega. Parameter ini tentu menawarkan kenyamanan berkendara, tidak hanya di sektor penumpang baris pertama dan kedua, tetapi juga hingga baris ketiga. 

Dengan kapasitas muat 7 penumpang, semua bisa merasakan ruang gerak yang lebih bebas tanpa harus merasa berdesak-desakan. Tentu kenyamanan ini sangat dibutuhkan ketika sedang melakukan perjalanan jarak jauh dengan waktu yang cukup lama. 

3. Punya Fitur Keselamatan dan Keamanan Berkendara Yang Lengkap dan Canggih

Ini juga tidak kalah pentingnya. Fitur keselamatan dan keamanan berkendara menjadi pelengkap keunggulan Toyota Voxy. Wajar saja, dengan harga mencapai Rp 501,8 juta atau setengah miliar rupiah lebih, fitur yang ada di dalamnya memang haruslah lengkap. 

Salah satu fitur keselamatan yang ada di dalam Toyota Voxy adalah sistem pengereman ABS dan 7 airbags. Selain itu ada juga fitur Vehicle Stability Control dan Dynamic Rear Parking Camera.

4. Fitur Entertainment Siap Menghibur

Kelebihan Toyota Voxy yang juga tidak kalah menariknya adalah fitur hiburan atau entertainment. Toyota membenamkan fitur entertainment bernama Advanced Entertainment System, terdiri dari monitor layar sentuh yang cukup lebar serta beragam tampilan menu atraktif mulai dari MP3, auto Store, Radio, maupun DVD dengan jam maupun kalender digital yang siap menghibur para penumpangnya untuk menemani di setiap perjalanan. 

Mobil Medium MPV ini juga dilengkapi dengan fitur Exceptional Multi-Information Display, Auto Power Window, Cruise Control dan Cutting Edge Front Design. Segala kelebihan ini memberikan kenyamanan kepada seluruh penumpang untuk betah berlama-lama dalam ruang kabin.

Kekurangan Toyota Voxy

1. Akselerasi Kurang Lincah

Karena memiliki bentuk badan yang cukup bongsor, ukuran dimensi yang besar dan bobotnya yang cukup berat, Toyota Voxy terkesan kurang lincah dan gesit saat diajak bermanuver, khususnya di jalan-jalan kota yang cukup padat. 

Kekurangan ini tentu akan menjadi perhatian bagi calon konsumen yang membutuhkan kendaraan yang lincah untuk menemani aktivitas sehari-hari di dalam kota. 

2. Bodinya Terlalu Kaku

Banyak orang beranggapan, mobil dengan desain mengotak tampilannya selalu terlihat kaku. Namun meski begitu, Toyota Voxy bisa meredam isu ini dengan menghadirkan tampilan eksterior yang cukup modern, terlihat dari desain headlamp yang selalu mampu memancing lirikan mata setiap orang yang dilaluinya.

3. Harganya Mahal

Kekurangan terakhir dari Toyota Voxy yang boleh disebutkan adalah pada sisi harga jualnya. Tapi tentu saja ini hal yang sangat relatif, apalagi jika melihat fitur-fitur apa yang ditawarkan di dalamnya. 

Sebagai solusinya, tentu tidak ada salahnya bagi orang-orang yang benar-benar menginginkan Toyota Voxy  menjadi kendaraan kebanggaan keluarga, bisa memilih Toyota Voxy bekas, karena selain harganya yang jauh lebih murah, kondisinya pun masih boleh dibilang sangat bagus dan layak dibeli.

Review Tampilan Eksterior dan Interior Toyota Voxy

Eksterior Toyota Voxy

Hal yang paling mengagumkan dari eksterior Toyota Voxy adalah pada bagian depan yang menampilkan lampu triple stack-nya, memberikan kesan modern serta futuristik, lain daripada yang lain. Makin mempesona dengan penempatan bodykit Kuhl Premium 80 V-GT di sektor fascia serta desain grill besar dengan warna dominan gelap. 

Kesempurnaan sistem pencahayaan di bagian depan dibekali dengan sistem LED, mulai dari headlamp dengan LED projector, fog lamp dan lampu senja, semua sistem LED. Sementara untuk LED DRL di desain tipis di atas headlamp, membuat perwajahan Toyota Voxy lebih terlihat anggun dan mewah. 

Lanjut di bagian samping, meski terlihat mengotak, namun secara keseluruhan tampak mewah karena dimensi kaca samping yang juga cukup besar berhiaskan list chrome.

Kemewahan tersebut dipertegas dengan kaki-kaki yang nampak kokoh dengan aplikasi velg berdiameter 16 inch Alloy berbalut ban 205/60. Cukup anggun dan mewah layaknya tampilan saudara tuanya yang lebih mewah dan lebih mahal, Toyota Alphard.

Melangkah ke bagian buritan, kesan kotak masih tidak lepas dari Toyota Voxy dengan sudut-sudut tegas membuat kesan lebar makin susah dilepaskan. Dengan bukaan pintu belakang yang cukup lebar, tentu saja bukan perkara sulit saat akan memasukkan benda-benda berukuran besar ke dalam bagasi. 

Interior Toyota Voxy

Seperti dijelaskan di bagian keunggulan Toyota Voxy, dimensi interior mobil ini memang cukup lega dan mengakomodir 7 penumpang dengan sangat nyaman. Dimensi 4.710 mm x 1.735 mm x 1.835 mm (PxLxT) serta ukuran wheelbase 2.850 mm yang berkonsep body kotak membuat ruang kaki serta ruang kepala yang lapang. 

Apalagi di bangku baris kedua menggunakan jok model captain seat dengan arm rest di masing-masing jok, memberikan gangway di antara kedua jok tersebut untuk memudahkan keluar masuk penumpang di baris ketiga. 

Urusan menyetir juga tidak kalah nyaman karena lingkar kemudi sudah dibekali teknologi telescopic tilt steering serta instrumen cluster berteknologi Optitron.

Kemewahan interior Toyota Voxy dipertegas dengan hadirnya monitor layar sentuh berukuran lebar berteknologi Advanced Entertainment System yang akan menjamin keseruan perjalanan dengan berbagai hiburan yang bisa diakses melalui perangkat tersebut. 

Konfigurasi / Spesifikasi Toyota Voxy

Dimensi
Jarak terendah165
Tinggi1835
Panjang4710
Radius Putar 
Jarak sumbu roda2850
Lebar1735

 

Mesin
Isi Silinder1987
Tipe driveFront Wheel Drive
Konfigurasi mesin3ZR-FAE, 16 Valve DOHC
Kapasitas Tangki Bahan Bakar55
Jenis bahan bakarBensin
Jumlah silinder4
Konfigurasi TransmisiCVT
Tenaga152 ps/6,100 rpm
Torsi19.7 kgm/3,800 rpm

 

Suspensi & Rem
Rem DepanVentilated Disc
Suspensi depan

MacPherson Strut with Coil Spring and Stabilizer

Rem BelakangSolid disc
Suspensi belakang

Torsion Beam with Coil Spring and Stabilizer

 

Velg & Ban
Ukuran ban205/60
Material velg16-inch Alloy wheels

 

Keselamatan Aktif
Anti lock Braking SystemYa
Brake AssistYa
Electronic Brake DistributionYa
Sensor parkirYa
Rearview CameraYa
Uphill & Downhill Assist ControlYa
Vehicle Stability Control SystemYa

 

Keselamatan Pasif
Airbag system7 SRS Airbags
Child safety locksYa
ISOFIXYa

 

Keamanan
Engine ImmobilizerYa

 

Kenyamanan
ACTriple Zone Climate control
Pengaturan posisi setirTilt and Telescopic
Lingkar Kemudi dengan Tombol Multi FungsiYa
Cruise ControlYa
Engine start stop buttonYa
Front & Rear DefoggerFront & Rear
Power window depanAll Auto
Gearshift paddleTidak
Head-up DisplayTidak
HeadrestAdjustable
Keyless entryKeyless
Power outletYa
Power steeringYa
Lampu bacaYa
Kapasitas tempat duduk7 Penumpang
Bahan tempat dudukLeather
Vanity mirrorYa

 

Eksterior
Lampu kabut depanLED
Jenis lampu depanLED Projector
Kaca spionAuto Folding Mirrors
Roof rack and railTidak
Pijakan sampingTidak
SpoilerYa
SunroofDouble Moonroof
Jenis lampu belakangLED

 

Hiburan & Komunikasi
Audio

Advanced Entertainment System 2 DIN Head Unit with Bluetooth

Tips Membeli Toyota Voxy Bekas

Membeli mobil bekas menjadi sebuah solusi, khususnya mereka yang merasa berat dengan harga Toyota Voxy yang mencapai setengah miliar rupiah namun tetap ngotot dan kepincut mobil kotak mewah tersebut. 

Tapi sebelum memutuskan untuk membeli Toyota Voxy seken, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain : 

Cek Service Record dan Kondisi Mesin 

Pastikan pemilik mobil Toyota Voxy sebelumnya rutin melakukan servis dan perawatan secara berkala. Lakukan test drive untuk memastikan mesin mudah dihidupkan, suara mesin halus, sistem pengereman berfungsi baik serta perpindahan transmisi tidak terdengar kasar, artinya mobil tersebut layak untuk dibeli.

Cek Body dan Cat

Pastikan tidak ada baret atau goresan. Jika ada hal yang mencurigakan, segera tanyakan riwayatnya dan pastikan tidak bakal jadi masalah nantinya.

Cek Interior 

Periksa dengan teliti apakah interiornya masih terawat dengan baik. Pastikan tidak pernah terendam banjir, ditandai bau kurang enak atau apek, serta baut atau besi dalam kabin yang mulai berkarat.

Cek Surat dan Pajak 

BPKB, STNK, hingga faktur pembelian, sesuaikan nomor mesin dan nomor rangka pada mobil dengan yang tertulis pada surat-surat.

Pastikan juga pajak kendaraan masih panjang, karena jika pajak tersebut mati, artinya kalian harus siap keluar biaya lagi untuk perpanjangan pajak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here