Jumat, April 19, 2024
Lainnya
    MobilReviewKerap Disebut 'Baby Alphard', Ini Spesifikasi Lengkap, Harga Baru dan Bekasnya

    Kerap Disebut ‘Baby Alphard’, Ini Spesifikasi Lengkap, Harga Baru dan Bekasnya

    Sejarah Toyota Voxy

    Di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, Toyota Indonesia dengan penuh percaya diri meluncurkan sebuah premium MPV berkonsep ‘boxy’ ala Alphard dengan nama Voxy. Model ini pun sontak menjadi buah bibir di kalangan pecinta mobil di Tanah Air lantaran disejajarkan dengan nama besar Alphard tapi dijual dengan harga dua kali lebih rendah di bawah Alphard.

    Ini juga jadi alasan mengapa Toyota Voxy hingga kini masih tetap jadi incaran orang. Bahkan masyarakat pun langsung menyematkan julukan ‘Baby Alphard’ kepada Toyota Voxy.

    Namun sebelum berubah nama seperti sekarang, mobil MPV mewah ini pernah bernama Noah kemudian berubah lagi menjadi NAV1 hingga akhirnya resmi menjadi Voxy. 

    Varian Toyota Voxy – Wajib Tahu Sebelum Membeli

    Tidak seperti model kendaraan lain yang hadir dengan berbagai tipe dan varian untuk memperluas rentang pilihan pada masyarakat, Toyota Voxy hanya dijual dalam satu varian saja, yaitu All New Toyota Voxy 2.0 AT.

    Harga Toyota Voxy 2020

    Seperti dijelaskan di awal, bahwa mobil berjuluk ‘Baby Alphard’ ini hanya dilepas dalam satu varian saja, yakni All New Toyota 2.0 AT, sehingga tidak ada tabel perbandingan harga dengan varian atau tipe Voxy lainnya. Mobil yang cukup mewah ini dibanderol Rp 501,8 juta (harga on the road Jakarta).

    Harga – Harga Toyota Voxy Bekas

    Tapi jika berbicara Toyota Voxy kondisi bekas, di platform OLX banyak yang menawarkan Toyota Voxy mulai dari harga Rp 360 juta sampai Rp 400 juta, dengan kondisi rata-rata masih sangat terawat dan tahun pembuatannya juga masih muda, antara 2017 sampai 2019. 

    Rekomendasi Toyota Voxy Harga Mulai Rp 300 – 400 Juta

    Toyota Voxy tahun pembuatan : 2017-2018-2019

    Cek Disini Untuk Toyota Voxy Bekas Harga Mulai Rp 300-400 Juta

    Skema Cicilan Toyota Voxy

    Tipe Mobil

    Harga OTR

    Pinjaman

    Cicilan/Bln Cicilan/Bln Cicilan/Bln Cicilan/Bln
    1th 2th 3th 4th
    All New Toyota Voxy 2.0 AT Rp 501.800.000 Rp 350.700.000 Rp 30.627.800 Rp 16.015.300 Rp 11.144.466 Rp 8.709.050
    Toyota Voxy Bekas Rp 355.000.000 Rp 248.500.000 Rp 21.702.333 Rp 11.348.166 Rp 7.896.777 Rp 6.171.083

    Keunggulan dan Kekurangan Toyota Voxy

    Dengan banderol harga mencapai sekitar setengah miliar rupiah, tentu sangat wajar bagi setiap calon konsumen dalam memutuskan untuk memboyong Toyota Voxy masuk ke dalam garasi rumah. Karena jelas fitur lengkap dan canggih bukan satu-satunya yang harus menjadi pertimbangan. Bagaimana akselerasi serta performa mobil pesaing Mazda Biante dan Nissan Serena ini pun juga akan dipertimbangkan.

    Menurut Semisena, Toyota Voxy punya berbagai kelebihan sekaligus kekurangan yang bisa menjadi panduan saat ingin membelinya. 

    Kelebihan Toyota Voxy

    1. Dibekali Mesin Andal, Tenaga Responsif, Irit dan Ramah Lingkungan

    DI bawah bonnet Medium MPV Toyota ini terpasang mesin 3ZR-FAE 4 silinder dengan kapasitas 2.0 liter yang dipastikan sanggup memberikan daya power maksimal hingga 152 Ps pada putaran mesin 6100 rpm dan torsi 193,19 Nm di putaran 3700 rpm. Ini menjadi sebuah kelebihan Toyota Voxy karena mesin tersebut menawarkan performa yang begitu andal dan tenaganya sangat responsif. 

    Meski performa mesin terbilang gahar, namun dalam urusan efisiensi, Toyota Voxy diklaim sangat irit. Hal ini tidak terlepas dari penggunaan sistem bahan bakar Electronic Fuel Injection yang dikenal sebagai teknologi dengan kemampuan menekan konsumsi bahan bakar secara lebih efisien. 

    2. Ruang Kabin Luas dan Lega

    Dengan dimensi yang besar serta dibuat boxy (kotak) sudah pasti Toyota Voxy menawarkan ruang kabin yang cukup luas dan juga lega. Parameter ini tentu menawarkan kenyamanan berkendara, tidak hanya di sektor penumpang baris pertama dan kedua, tetapi juga hingga baris ketiga. 

    Dengan kapasitas muat 7 penumpang, semua bisa merasakan ruang gerak yang lebih bebas tanpa harus merasa berdesak-desakan. Tentu kenyamanan ini sangat dibutuhkan ketika sedang melakukan perjalanan jarak jauh dengan waktu yang cukup lama. 

    3. Punya Fitur Keselamatan dan Keamanan Berkendara Yang Lengkap dan Canggih

    Ini juga tidak kalah pentingnya. Fitur keselamatan dan keamanan berkendara menjadi pelengkap keunggulan Toyota Voxy. Wajar saja, dengan harga mencapai Rp 501,8 juta atau setengah miliar rupiah lebih, fitur yang ada di dalamnya memang haruslah lengkap. 

    Salah satu fitur keselamatan yang ada di dalam Toyota Voxy adalah sistem pengereman ABS dan 7 airbags. Selain itu ada juga fitur Vehicle Stability Control dan Dynamic Rear Parking Camera.

    4. Fitur Entertainment Siap Menghibur

    Kelebihan Toyota Voxy yang juga tidak kalah menariknya adalah fitur hiburan atau entertainment. Toyota membenamkan fitur entertainment bernama Advanced Entertainment System, terdiri dari monitor layar sentuh yang cukup lebar serta beragam tampilan menu atraktif mulai dari MP3, auto Store, Radio, maupun DVD dengan jam maupun kalender digital yang siap menghibur para penumpangnya untuk menemani di setiap perjalanan. 

    Mobil Medium MPV ini juga dilengkapi dengan fitur Exceptional Multi-Information Display, Auto Power Window, Cruise Control dan Cutting Edge Front Design. Segala kelebihan ini memberikan kenyamanan kepada seluruh penumpang untuk betah berlama-lama dalam ruang kabin.

    Kekurangan Toyota Voxy

    1. Akselerasi Kurang Lincah

    Karena memiliki bentuk badan yang cukup bongsor, ukuran dimensi yang besar dan bobotnya yang cukup berat, Toyota Voxy terkesan kurang lincah dan gesit saat diajak bermanuver, khususnya di jalan-jalan kota yang cukup padat. 

    Kekurangan ini tentu akan menjadi perhatian bagi calon konsumen yang membutuhkan kendaraan yang lincah untuk menemani aktivitas sehari-hari di dalam kota. 

    2. Bodinya Terlalu Kaku

    Banyak orang beranggapan, mobil dengan desain mengotak tampilannya selalu terlihat kaku. Namun meski begitu, Toyota Voxy bisa meredam isu ini dengan menghadirkan tampilan eksterior yang cukup modern, terlihat dari desain headlamp yang selalu mampu memancing lirikan mata setiap orang yang dilaluinya.

    3. Harganya Mahal

    Kekurangan terakhir dari Toyota Voxy yang boleh disebutkan adalah pada sisi harga jualnya. Tapi tentu saja ini hal yang sangat relatif, apalagi jika melihat fitur-fitur apa yang ditawarkan di dalamnya. 

    Sebagai solusinya, tentu tidak ada salahnya bagi orang-orang yang benar-benar menginginkan Toyota Voxy  menjadi kendaraan kebanggaan keluarga, bisa memilih Toyota Voxy bekas, karena selain harganya yang jauh lebih murah, kondisinya pun masih boleh dibilang sangat bagus dan layak dibeli.

    Review Tampilan Eksterior dan Interior Toyota Voxy

    Eksterior Toyota Voxy

    Hal yang paling mengagumkan dari eksterior Toyota Voxy adalah pada bagian depan yang menampilkan lampu triple stack-nya, memberikan kesan modern serta futuristik, lain daripada yang lain. Makin mempesona dengan penempatan bodykit Kuhl Premium 80 V-GT di sektor fascia serta desain grill besar dengan warna dominan gelap. 

    Kesempurnaan sistem pencahayaan di bagian depan dibekali dengan sistem LED, mulai dari headlamp dengan LED projector, fog lamp dan lampu senja, semua sistem LED. Sementara untuk LED DRL di desain tipis di atas headlamp, membuat perwajahan Toyota Voxy lebih terlihat anggun dan mewah. 

    Lanjut di bagian samping, meski terlihat mengotak, namun secara keseluruhan tampak mewah karena dimensi kaca samping yang juga cukup besar berhiaskan list chrome.

    Kemewahan tersebut dipertegas dengan kaki-kaki yang nampak kokoh dengan aplikasi velg berdiameter 16 inch Alloy berbalut ban 205/60. Cukup anggun dan mewah layaknya tampilan saudara tuanya yang lebih mewah dan lebih mahal, Toyota Alphard.

    Melangkah ke bagian buritan, kesan kotak masih tidak lepas dari Toyota Voxy dengan sudut-sudut tegas membuat kesan lebar makin susah dilepaskan. Dengan bukaan pintu belakang yang cukup lebar, tentu saja bukan perkara sulit saat akan memasukkan benda-benda berukuran besar ke dalam bagasi. 

    Interior Toyota Voxy

    Seperti dijelaskan di bagian keunggulan Toyota Voxy, dimensi interior mobil ini memang cukup lega dan mengakomodir 7 penumpang dengan sangat nyaman. Dimensi 4.710 mm x 1.735 mm x 1.835 mm (PxLxT) serta ukuran wheelbase 2.850 mm yang berkonsep body kotak membuat ruang kaki serta ruang kepala yang lapang. 

    Apalagi di bangku baris kedua menggunakan jok model captain seat dengan arm rest di masing-masing jok, memberikan gangway di antara kedua jok tersebut untuk memudahkan keluar masuk penumpang di baris ketiga. 

    Urusan menyetir juga tidak kalah nyaman karena lingkar kemudi sudah dibekali teknologi telescopic tilt steering serta instrumen cluster berteknologi Optitron.

    Kemewahan interior Toyota Voxy dipertegas dengan hadirnya monitor layar sentuh berukuran lebar berteknologi Advanced Entertainment System yang akan menjamin keseruan perjalanan dengan berbagai hiburan yang bisa diakses melalui perangkat tersebut. 

    Konfigurasi / Spesifikasi Toyota Voxy

    Dimensi
    Jarak terendah 165
    Tinggi 1835
    Panjang 4710
    Radius Putar  
    Jarak sumbu roda 2850
    Lebar 1735

     

    Mesin
    Isi Silinder 1987
    Tipe drive Front Wheel Drive
    Konfigurasi mesin 3ZR-FAE, 16 Valve DOHC
    Kapasitas Tangki Bahan Bakar 55
    Jenis bahan bakar Bensin
    Jumlah silinder 4
    Konfigurasi Transmisi CVT
    Tenaga 152 ps/6,100 rpm
    Torsi 19.7 kgm/3,800 rpm

     

    Suspensi & Rem
    Rem Depan Ventilated Disc
    Suspensi depan

    MacPherson Strut with Coil Spring and Stabilizer

    Rem Belakang Solid disc
    Suspensi belakang

    Torsion Beam with Coil Spring and Stabilizer

     

    Velg & Ban
    Ukuran ban 205/60
    Material velg 16-inch Alloy wheels

     

    Keselamatan Aktif
    Anti lock Braking System Ya
    Brake Assist Ya
    Electronic Brake Distribution Ya
    Sensor parkir Ya
    Rearview Camera Ya
    Uphill & Downhill Assist Control Ya
    Vehicle Stability Control System Ya

     

    Keselamatan Pasif
    Airbag system 7 SRS Airbags
    Child safety locks Ya
    ISOFIX Ya

     

    Keamanan
    Engine Immobilizer Ya

     

    Kenyamanan
    AC Triple Zone Climate control
    Pengaturan posisi setir Tilt and Telescopic
    Lingkar Kemudi dengan Tombol Multi Fungsi Ya
    Cruise Control Ya
    Engine start stop button Ya
    Front & Rear Defogger Front & Rear
    Power window depan All Auto
    Gearshift paddle Tidak
    Head-up Display Tidak
    Headrest Adjustable
    Keyless entry Keyless
    Power outlet Ya
    Power steering Ya
    Lampu baca Ya
    Kapasitas tempat duduk 7 Penumpang
    Bahan tempat duduk Leather
    Vanity mirror Ya

     

    Eksterior
    Lampu kabut depan LED
    Jenis lampu depan LED Projector
    Kaca spion Auto Folding Mirrors
    Roof rack and rail Tidak
    Pijakan samping Tidak
    Spoiler Ya
    Sunroof Double Moonroof
    Jenis lampu belakang LED

     

    Hiburan & Komunikasi
    Audio

    Advanced Entertainment System 2 DIN Head Unit with Bluetooth

    Tips Membeli Toyota Voxy Bekas

    Membeli mobil bekas menjadi sebuah solusi, khususnya mereka yang merasa berat dengan harga Toyota Voxy yang mencapai setengah miliar rupiah namun tetap ngotot dan kepincut mobil kotak mewah tersebut. 

    Tapi sebelum memutuskan untuk membeli Toyota Voxy seken, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain : 

    Cek Service Record dan Kondisi Mesin 

    Pastikan pemilik mobil Toyota Voxy sebelumnya rutin melakukan servis dan perawatan secara berkala. Lakukan test drive untuk memastikan mesin mudah dihidupkan, suara mesin halus, sistem pengereman berfungsi baik serta perpindahan transmisi tidak terdengar kasar, artinya mobil tersebut layak untuk dibeli.

    Cek Body dan Cat

    Pastikan tidak ada baret atau goresan. Jika ada hal yang mencurigakan, segera tanyakan riwayatnya dan pastikan tidak bakal jadi masalah nantinya.

    Cek Interior 

    Periksa dengan teliti apakah interiornya masih terawat dengan baik. Pastikan tidak pernah terendam banjir, ditandai bau kurang enak atau apek, serta baut atau besi dalam kabin yang mulai berkarat.

    Cek Surat dan Pajak 

    BPKB, STNK, hingga faktur pembelian, sesuaikan nomor mesin dan nomor rangka pada mobil dengan yang tertulis pada surat-surat.

    Pastikan juga pajak kendaraan masih panjang, karena jika pajak tersebut mati, artinya kalian harus siap keluar biaya lagi untuk perpanjangan pajak.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait