Senin, November 29, 2021
OLX Auto
More
    MobilReviewSpesifikasi Toyota Avanza yang Masih Bertahan di Tengah Gempuran Mobil Keluarga

    Spesifikasi Toyota Avanza yang Masih Bertahan di Tengah Gempuran Mobil Keluarga

    Mobil sejuta umat, begitulah sebutan untuk Toyota Avanza yang jumlahnya sangat banyak dan mudah ditemui di setiap jalanan di Indonesia. Hadir sejak 2003, Toyota Avanza langsung menyedot perhatian konsumen di Tanah Air.

    Nama Toyota Avanza yang diambil dari bahasa Italia  yaitu Avanzato, yang berarti peningkatan, rupanya sangat cocok dihadirkan di Indonesia. Sebab, penjualan mobil ini tergolong cukup tinggi bahkan selalu menjadi menjadi mobil terlaris di Indonesia.

    Bahkan generasi pertama mobil ini diluncurkan saat berlangsungnya kegiatan Gaikindo Auto Expo 2003 dan terjual sebesar 100.000 pada tahun tersebut. 

    Sedikit melihat ke belakang, Toyota Avanza sendiri memang keluar dari rahim yang sama dengan Daihatsu Xenia, yaitu diproduksi PT Astra Daihatsu Motor di Indonesia. Yang menjadi pembeda Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yaitu hanya sekitar desain dan fiturnya.

    Oia, saat PT Toyota Astra Motor selaku agen pemegang merek Toyota di Indonesia meluncurkan Avanza di Tanah Air, hanya ada dua pilihan yaitu 1.3 E dan 1.3 G, serta dilengkapi dengan transmisi manual saja. 

    Bicara soal Toyota Avanza, saat ini yang dipasarkan di Indonesia masih generasi kedua. Namun begitu, Toyota Avanza sudah mengalami berbagai penyempurnaan di tengah gempuran dan semakin banyaknya sejumlah brand otomoti menghadirkan monbil keluarga Low Multi Purpose Vehicle (MPV).

    Ya, seiring perkembangan waktu, Toyota Avanza mendapatkan sejumlah pesaing mulai dari Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Chevrolet Spin (sekarang sudah stop produksi), hingga Mitsubishi Xpander. 

    Tak ingin konsumen lari, Toyota menawarkan lebih banyak varian Avanza mulai dari tipe 1.3 E STD, 1.3 E ,1.3 G , kemudian versi Veloz 1.3 dan 1.5. Semua tipe ini hadir dengan pilihan transmisi manual dan otomatis. 

    Nah, OLX yang ingin lebih detail ingin tahu soal Toyota Avanza, lihat ulasannya di bawah ini.

    Perbedaan Varian Toyota Avanza- Wajib Tahu Sebelum Membeli

    Toyota Avanza Veloz
    Toyota Veloz

    OLXer yang berniat membeli Toyota Avanza sudah sepatutnya mengetahui bahwa mobil ini terdiri dari dua varian pilihan mesin 1.3 dan 1.5, serta beberapa tipe yaitu E, G, dan Veloz. Semua varian ini dilengkapi pilihan transmisi manual dan automatis. 

    Mau tahu apa saja perbedaannya, berikut ulasanya:

    Perbedaan yang terjadi pada Toyota Avanza sebenarnya tidak terlalu mencolok antara tipe yang satu dan lainnya. Hanya saja, perbedaan akan sangat terlihat untuk tipe tertinggi yaitu Veloz. 

    Lihat saja dari eksterior, Toyota Avanza tipe E dan G, hanya dibalut dengan sentuhan krom saja. Sedangkan tipe Veloz dibuat dengan desain lebih mewah seperti keberadaan grill lebar dibalut dark chrome garnish. 

    Meski untuk penerangan semuanya sudah menggunakan lampu LED, namun perbedaan lain yaitu yang mencolok seperti bumper depan Veloz dibuat lebih menonjol dengan kisi-kisi udara yang jadi terlihat sporty. Pada bagian samping, Toyota Veloz mendapatkan sentuhan side body molding dengan side skirt baru ditambah  aksen chrome. 

    Masuk ke bagian kabin, interior Toyota Avanza dengan Veloz sangat mencolok. Dimana Toyota Avanza dibalut warna dual-tone antara hitam dan abu-abu. Sedangkan, Veloz di dominasi dominasi warna hitam kombinasi warna merah pada sebagian joknya. 

    Hal yang membedakan antara Toyota Avanza E, G dan Veloz yaitu fitur. Dimana untuk Veloz dibenamkan fitur lebih lengkap dari Toyota Avanza, seperti smart entry dan start stop button sehingga tak perlu menggunakan anak kunci saat masuk ke dalam kabin.

    Tidak hanya itu, varian Veloz juga dilengkapi fitur follow me home light yang berfungsi membuat lampu menyala sehingga memudahkan pengemudi saat masuk ke dalam rumah. Sistem hiburan Toyota Avanza ini sudah dibenamkan Touch screen Head Unit dengan fitur Radio AM/FM, CD Player, USB, Speaker, dan Audio 2DIN.

    Toyota juga menyediakan USB slot pada baris ketiga untuk tipe G dan power outlet yang bisa dipasangkan mobile charger.

    Fitur keselamatan pada Toyota Avanza tetap dibekali dengan dual SRS Airbag, sabuk dengan pretensioner, ABS, ISOFIX dan sabuk pengaman tiga titik di baris kedua.

    Untuk jantung pacu, Toyota Avanza dilengkapi mesin 1.329 cc yang mampu menghasilkan tenaga 95,2 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 120 Nm pada 4.200 rpm. Sedangkan mesin Veloz berkubikasi 1.496 cc 4 silinder, yang mampu memuntahkan daya 104 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 136.4 Nm pada 4.200 rpm. 

    Kedua mesin tersebut disediakan dengan dua pilihan transmisi, yakni manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

    Perbedaan Harga Toyota Avanza dari Setiap Tipe

    Toyota Avanza

    Harga/ Juta

    Perbedaan Harga

    1.3 E STD M/T

    Rp 200,200,000

    1.3 E STD A/T

    Rp 211,400,000

    Rp 11,200,000

    1.3 E M/T

    Rp 202,700,000

    Rp 8,700,000

    1.3 E A/T

    Rp 213,900,000

    Rp 11,200,000

    1.3 G M/T

    Rp 220,550,000

    Rp 6,650,000

    1.3 G A/T

    Rp 231,250,000

    Rp 10,700,000

    Veloz 1.3 M/T

    Rp 227,250,000

    Rp 4,000,000

    Veloz 1.3 A/T

    Rp 239,050,000

    Rp 11,800,000

    Veloz 1.5 M/T

    Rp 239,250,000

    Rp 200,000

    Veloz 1.5 A/T

    Rp 251,050,000

    Rp 11,800,000

    *harga mobil dapat mengalami perubahan dari waktu waktu baik baru atau bekas.

    Dari varian Toyota Avanza paling rendah 1.3 E STD M/T dan Veloz 1.5 A/T  terdapat selisih harga hampir Rp 50,85 jutaan. Tipe manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Perbedaan dari masing masing tipe yang telah kami susun tentu akan mempermudah dalam mengambil keputusan tersebut.

    Keunggulan Toyota Avanza

    Secara keseluruhan ada beberapa keunggulan dari Toyota Avanza antara lain:

    Desain

    Secara desain Toyota Avanza mengusung segmen mobil keluarga serbaguna atau Low Multi Purpose Vehicle (MPV) yang mampu menampung tujuh orang penumpang. Hadir sejak 2003 hingga saat ini, Toyota Avanza telah mengalami beragam penyempurnaan sehingga tetap masih belum membosankan dan tetap diterima oleh masyarakat Indonesia.

    Meski memiliki berbagai tipe, namun interior Toyota Avanza masih tergolong menarik. Bahkan jika ingin lebih lengkap ada di tipe Veloz. Selain itu, fitur yang disajikan sudah sesuai dengan yang diinginkan konsumen. 

    Performa

    Toyota Avanza memiliki dua pilihan mesin yaitu tipe 1.5 liter berteknologi 3SZ-VE dan 1.3 liter K3-VE. Meskipun memiliki dimensi  dan teknologi berbeda, kedua mesin ini sudah dikombinasikan dengan DOHC VVT-I 16 katup dengan 4 silinder.

    Kedua mesin ini juga dipadukan dengan sistem penggerak roda belakang, alhasil Toyota Avanza tidak hanya tergolong irit dalam hal bahan bakar, namun juga sangat kuat jika dalam kondisi jalanan menanjak meskipun membawa tujuh penumpang orang dewasa.  

    Jaringan Luas

    Toyota Avanza memang mobil sejuta umat. Nah, menyandang predikat tersebut, Toyota di Indonesia harus melayani jutaan pemilik mobil ini dengan sangat baik. Maka dari itu tak heran kalau Toyota memiliki jaringan dealer penjualan dan purna jual yang cukup banyak dan tersebar di segala penjuru Nusantara. 

    Oleh karena itu, OLXer tak perlu khawatir soal service dan sparepart Toyota Avanza, karena PT Toyota Astra sudah memiliki ratusan dealer dengan status sales, service dan sparepart. 

    Harga Jual Stabil 

    Salah satu yang membuat Toyota Avanza jadi mobil yang banyak dicari konsumen yaitu karena harga jual mobil ini bisa disebut sangat stabil. Bahkan harga jual Toyota Avanza di pasar mobil bekas masih menjadi salah satu yang terbaik. 

    Harga – Harga Toyota Avanza Bekas

    Toyota Avanza termasuk mobil yang cukup banyak dicari konsumen OLX.co.id. Bahkan, model-model Toyota Avanza lama masih cukup banyak dicari. 

    Di OLX, Toyota Avanza dengan kondisi tangan kedua harganya masih cukup tinggi. Tentu saja ada harga tinggi dan rendah, bisa sangat  bervariasi, tergantung tahun perakitan, kondisi mobil, jarak tempuh kilometer, hingga kelengkapan surat-surat.

    Simak beberapa rekomendasi kami berikut ini:

    *harga mobil bekas berbeda beda tergantung dari kondisi mobilnya. Rekomendasi kami tidak bersifat mutlak, namun didasarkan pada harga iklan mobil bekas di OLX.

    Toyota Avanza Harga di bawah Rp 100 juta

    Apabila OLXer memiliki budget terbatas, namun tetap ingin membeli mobil Toyota Avanza. Tentu pilihannya adalah memilih yang bekas. Namun tipe seperti apa atau tahun berapa sajakah untuk budget di bawah Rp 100 juta ini?

    ·   Toyota Avanza Tahun : 2010, 2011, 2012, 2013, dan 2014

    ·   Toyota Avanza Tipe : Pilihannya dengan transmisi manual maupun otomatis 

    Cek Disini Untuk Toyota Avanza Harga Rp 100 Jutaan

    Toyota Avanza Harga di bawah Rp 150 juta

    Sementara itu, Toyota Avanza dengan harga kurang dari Rp 150 jutaan juga cukup diminati. Bahkan modelnya masih cukup menarik. Namun tipe seperti apa atau tahun berapa sajakah untuk budget di bawah Rp 150 juta ini?

    ·   Toyota Avanza Tahun :2015, 2016, 2017 dan 2018

    ·   Toyota Avanza Tipe : Pilihannya dengan transmisi manual maupun otomatis 

    Cek Disini Untuk Toyota Avanza Harga Rp 150 Jutaan

    Skema Cicilan Toyota Avanza

    Membeli mobil dengan sistem kredit atau dicicil sudah jadi hal biasa dilakukan masyarakat di Indonesia. Nah jika OLXer ingin membeli Toyota Avanza dengan cara dicicil, berikut simulasi 

    Kredit Toyota Cicilan Rp 1  juta per bulan & Rp 3  Juta per bulan

    Membeli mobil Toyota Avanza baru atau bekas bisa juga dilakukan dengan cicilan kredit. Bahkan ada cicilan Rp 1 jutaan untuk Toyota Avanza bekas. Sedangkan untuk Toyota Avanza baru cicilan paling rendah Rp 2,1  juta untuk tipe E STD, Rp 2,2  juta untuk tipe E, kemudian Rp 2,4 juta untuk tipe G.

    Lantas tipe apakah atau tahun berapakah yang bisa dibeli dalam rentan harga cicilan tersebut?

    1. Tentukan terlebih dahulu mobil bekas atau baru

    2. Kemudian pilih tipe sesuai selera dan kebutuhan

    3. Selanjutnya pilih harga dan tahun produksinya

    Misalkan ingin membeli Toyota Avanza dengan cicilan  Rp 1  jutaan per bulan. Maka berdasarkan subtopik di atas bisa diperoleh beberapa tipe Toyota Avanza namun dengan lama cicilan 5-8 tahun. Perlu dicatat, cicilan ini berlaku untuk Toyota Avanza dengan status bekas. 

    Namun jika ingin model baru, maka besar cicilan antara Rp 2-4 jutaan, dengan tenggang waktu 5-8 tahun. 

    Berikut adalah gambaran atau simulasi cicilan kredit Toyota Avanza. Silahkan sesuaikan berdasarkan kebutuhan masing masing.

    Toyota Avanza

    Harga OTR

    Pinjaman

    Cicilan/Bln

    Cicilan/Bln

    Cicilan/Bln

    Cicilan/Bln

    5th

    6th

    7th

    8th

    1.3 E STD M/T

    200,200,000

    150,150,000

    3,128,125

    2,711,042

    2,413,125

    2,189,688

    1.3 E STD A/T

    211,400,000

    158,550,000

    3,303,125

    2,862,708

    2,548,125

    2,312,188

    1.3 E M/T

    202,700,000

    152,025,000

    3,167,188

    2,744,896

    2,443,259

    2,217,031

    1.3 E A/T

    213,900,000

    160,425,000

    3,342,188

    2,896,563

    2,578,259

    2,339,531

    1.3 G M/T

    220,550,000

    165,412,500

    3,446,094

    2,986,615

    2,658,415

    2,412,266

    1.3 G A/T

    231,250,000

    173,437,500

    3,613,281

    3,131,510

    2,787,388

    2,529,297

    1.3 M/T

    227,250,000

    170,437,500

    3,550,781

    3,077,344

    2,739,174

    2,485,547

    1.3 A/T

    239,050,000

    179,287,500

    3,735,156

    3,237,135

    2,881,406

    2,614,609

    1.5 M/T

    239,250,000

    179,437,500

    3,738,281

    3,239,844

    2,883,817

    2,616,797

    1.5 A/T

    251,050,000

    188,287,500

    3,922,656

    3,399,635

    3,026,049

    2,745,859

    Bekas

    150,000,000

    112,500,000

    2,343,750

    2,031,250

    1,808,036

    1,640,625

    Bekas

    100,000,000

    75,000,000

    1,562,500

    1,354,167

    1,205,357

    1,093,750

    *Perlu diketahui, ada beberapa hal yang membuat kredit Toyota Avanza berbeda-beda, yaitu:

    *setiap bank memiliki ketentuan masing masing, simulasi ini dibuat berdasarkan gambaran umum perkreditan. Silahkan kunjungi bank terdekat untuk perhitungan pastinya

    *Simulasi ini dihitung menggunakan DP 25%,

    *Bunga flat 5% per tahun.

    *Simulasi di atas belum termasuk asuransi dan biaya administrasi

    Review Tampilan Eksterior dan Interior Toyota Avanza

    Hadir sebagai mobil keluarga serbaguna atau Low Multi Purpose Vehicle (MPV), Toyota Avanza memang memiliki bentuk yang cukup disuka masyarakat di Indonesia. Terlebih budaya masyarakat di Tanah Air, yang lebih doyan bepergian dengan keluarga, teman atau kerabat. Alhasil Toyota Avanza mampu menampung tujuh orang penumpang

    Memang, sempat banyak konsumen yang berharap agar Toyota Avanza hadir sebagai generasi ketiga yang mengalami banyak perubahan secara total atau All New. Namun begitu, pada 2019 lalu, Toyota Avanza masih sedikit perubahan. Akan tetapi, hal tersebut tidak membuat konsumen kabur. 

    Nah, berikut ini mari kita ulas bagaimana tampilan eksterior dan interior Toyota Avanza. 

    Eksterior

    Untuk tampilan eksterior, pada bagian wajah depan Toyota Avanza mengalami perubahan lebih mirip Toyota Vellfire dan Voxy, di mana pada bagian lampu utama terlihat terpisah. 

    Selain itu, desain bumper juga berubah lebih banyak lekukan, sehingga terlihat lebih gagah, serta untuk tipe tipe G dan Veloz hadir dengan aksen krom.

    Bagian samping Toyota Avanza yang paling terlihat berbeda yaitu desain velgnya sehingga menjadi lebih modern. Oia, untuk tipe G masih mengusung single tone sementara tipe Veloz velgnya sudah mengadopsi dual tone.

    Beralih pada bagian bokong Toyota Avanza, perubahan yang sangat terlihat jelas terjadi pada bagian lampu yang juga ikut seperti terbelah dua. Untuk bagian lain yang cukup menarik dari eksterior Toyota Avanza ini yaitu keberadaan shark fin atau antena model sirip hiu. 

    Interior

    Untuk interior, perubahan memang tidak signifikan. Hanya saja ketika masuk ke dalam kabin, Toyota Avanza sudah dibalut dengan pilihan warna dual-tone antara hitam dan abu-abu untuk tipe E dan G, serta 

    Interior Toyota Avanza dengan Veloz sangat mencolok. Dimana Toyota Avanza dibalut . Sedangkan, Veloz di dominasi warna hitam bercampur warna merah pada sebagian joknya. Pengaturan AC Toyota Avanza sudah full digital dan head unit sudah mengusung layar sentuh. Untuk sistem hiburan,  Toyota Avanza sudah dibenamkan Touch screen Head Unit dengan fitur Radio AM/FM, CD Player, USB, Speaker, dan Audio 2DIN.

    Toyota juga menyediakan USB slot pada baris ketiga untuk tipe G dan power outlet yang bisa dipasangkan mobile charger.

    Hal yang membedakan antara Toyota Avanza E, G dan Veloz yaitu fitur. Dimana untuk Veloz dibenamkan fitur lebih lengkap dari Toyota Avanza, seperti smart entry dan start stop button sehingga tak perlu menggunakan anak kunci saat masuk ke dalam kabin.

    Tidak hanya itu, varian Veloz juga dilengkapi fitur follow me home light yang berfungsi membuat lampu menyala sehingga memudahkan pengemudi saat masuk ke dalam rumah. Untuk fitur keselamatan, kedua mobil ini tetap dibekali dengan dual SRS Airbag, sabuk dengan pretensioner, ABS, ISOFIX dan sabuk pengaman tiga titik di baris kedua.

    Konfigurasi / Spesifikasi Toyota Avanza

    Mesin

    Untuk jantung pacu, Toyota Avanza dilengkapi mesin 1.329 cc yang mampu menghasilkan tenaga 95,2 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 120 Nm pada 4.200 rpm. Sedangkan mesin Veloz berkubikasi 1.496 cc 4 silinder, yang mampu memuntahkan daya 104 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 136.4 Nm pada 4.200 rpm. 

    Nah, mau tau detail mesin yang dibenamkan Toyota Avanza secara lebih lengkap, berikut ulasannya:

    Mesin

    Varian / Tipe Mobil

    E STD

    E

    G

    Veloz 1.3

    Veloz 1.5

    M

    A

    M

    A

    M

    A

    M

    A

    M

    A

    Kapasitas Mesin (cc)

    1329

    1496

    Jumlah Silinder

    4

    Jumlah Katup

    16

    Tipe Penggerak

    Penggerak Roda Belakang

    Maksimal Tenaga (HP) / rpm

    95,2 / 6.000

    104 / 6.000

    Maksimal Torsi (nm) / rpm

    121 / 4.200

    136 / 4.200

    Jenis Bahan Bakar

    Bensin

    Kapasitas Bahan Bakar (liter)

    45

    Konfigurasi

     mesin

    1NR-VE, IL, 4 Cylinder, 16 V, DOHC, Dual VVT-i

    2NR-VE, IL, 4 Cylinder, 16 V, DOHC, Dual VVT-i

    Dimensi Kendaraan

    Varian / Tipe Mobil

    E STD

    E

    G

    Veloz 1.3

    Veloz 1.5

    M

    A

    M

    A

    M

    A

    M

    A

    M

    A

    Panjang (mm)

    4,190

    Tinggi (mm)

    1,695

    Lebar (mm)

    1,660

    Radius Putar (m)

    4,7

    Jarak sumbu

    roda (mm)

    2,655

    Jarak pijak (mm)

    1,425

    Ban & Velg

    Varian / Tipe Mobil

    E STD

    E

    G

    Veloz 1.3

    Veloz 1.5

    M

    A

    M

    A

    M

    A

    M

    A

    M

    A

    Lebar

    185/65

    185/70

    Aspek Rasio

    70

    65

    Diameter

    14

    15

    16

    Material Velg

    Steel wheels

    Alloy wheels

    Suspensi dan Rem

    Varian / Tipe Mobil

    E STD

    E

    G

    Veloz 1.3

    Veloz 1.5

    M

    A

    M

    A

    M

    A

    M

    A

    M

    A

    Rem Depan

    Disk Brake

    Suspensi depan

    MacPherson Strut with Coil Spring

    Rem Belakang

    Drum/tromol

    Suspensi belakang

    4 Link Lateral Rod with Coil Spring

    Keselamatan dan Keamanan

    Varian / Tipe Mobil

    E STD

    E

    G

    Veloz 1.3

    Veloz 1.5

    M

    A

    M

    A

    M

    A

    M

    A

    M

    A

    Anti lock Braking System

    Ya

    Brake Assist

    Tidak

    Electronic Brake Distribution

    Tidak

    Sensor parkir

    Ya

    Rearview Camera

    Tidak

    Ya

    Airbag system

    Dual Srs Airbag

    Child safety locks

    Ya

    Sabuk pengaman depan

    Ya

    ISOFIX

    Ya

    Uphill & Downhill Assist Control

    Tidak

    Vehicle Stability Control System

    Tidak

    Anti theft system

    alarm system

    immobilizer

    Ya

    Kenyamanan

    Varian / Tipe Mobil

    E STD

    E

    G

    Veloz 1.3

    Veloz 1.5

    M

    A

    M

    A

    M

    A

    M

    A

    M

    A

    AC

    Ya Digital

    Pengaturan posisi setir

    Tilt

    Power window depan

    Ya

    Tombol multi fungsi di Stir

    Tidak

    Ya

    Cruise Control

    Tidak

    Engine start stop button

    Tidak

    Ya

    Front & Rear Defogger

    Ya

    Ambient Lights

    Tidak

    Ya

    Gearshift paddle

    Tidak

    Head-up Display

    Tidak

    Headrest

    Ya

    Smart entry

    Tidak

    Ya

    Power outlet

    Ya

    Power steering

    Ya

    Lampu baca

    Ya Halogen

    Eksterior

    Varian / Tipe Mobil

    E STD

    E

    G

    Veloz 1.3

    Veloz 1.5

    M

    A

    M

    A

    M

    A

    M

    A

    M

    A

    Lampu depan

    LED

    Lampu kabut

    Halogen

    Kaca spion

    Electric mirrors

    Electric mirrors with retractable function

    Roof rack and rail

    Tidak

    Rear Defogger

    Ya

    Lampu Belakang

    Halogen

    side skirt

    Tidak

    Ya

    Hiburan dan Komunikasi

    Varian / Tipe Mobil

    E STD

    E

    G

    Veloz 1.3

    Veloz 1.5

    M

    A

    M

    A

    M

    A

    M

    A

    M

    A

    Audio

    Touch screen Head Unit ditambah Radio AM/FM CD Player, USB, Speaker, Audio 2DIN

    Audio Steering

    Wheel

    Tidak

    Ya

    Rear seat

    entertainment

    roof monitor

    Tidak

    Ya

    Fitur dan Lain – lain

    Varian / Tipe Mobil

    E STD

    E

    G

    Veloz 1.3

    Veloz 1.5

    M

    A

    M

    A

    M

    A

    M

    A

    M

    A

    Warna Kabin

    Dual-tone hitam dan beige

    Dual Tone Hitam Jahitan Merah

    AC Double

    Blower

    Ya

    Bahan tempat duduk

    Fabric

    Vanity mirror

    Ya

    Shark Fin

    Tidak

    Ya

    Follow Me Home Light

    Tidak

    Ya

    Stir Dibalut Kulit

    Tidak

    Ya

    Tips Membeli Toyota Avanza

    Membeli mobil bekas menjadi sebuah solusi, khususnya mereka yang memiliki budget terbatas namun tetap ingin membeli mobil impian. Termasuk jika ingin membeli mobil Toyota Avanza bekas. Berikut hal yang harus diperhatikan;

    – Periksa service record dan kondisi mesin. Pastikan pemilik mobil Toyota Avanza sebelumnya rutin melakukan servis dan perawatan secara berkala. Lakukan test drive untuk memastikan mesin mudah dihidupkan, suara mesin halus, sistem pengereman berfungsi baik serta perpindahan transmisi tidak terdengar kasar, artinya mobil tersebut layak untuk dibeli.

    – Periksa body dan cat. Pastikan tidak ada baret atau goresan. Jika ada hal yang mencurigakan, segera tanyakan riwayatnya dan pastikan tidak bakal jadi masalah nantinya.

    – Periksa interior. Periksa dengan teliti apakah interiornya masih terawat dengan baik. Pastikan tidak pernah terendam banjir, ditandai bau kurang enak atau apek, serta baut atau besi dalam kabin yang mulai berkarat.

    – Periksa kelengkapan surat. BPKB, STNK, hingga faktur pembelian, sesuaikan nomor mesin dan nomor rangka pada mobil dengan yang tertulis pada surat-surat.

    Pastikan juga pajak kendaraan masih panjang, karena jika pajak tersebut mati, artinya kalian harus siap keluar biaya lagi untuk perpanjangan pajak.

    Review Pengalaman Toyota Avanza

    Menyandang status mobil sejuta umat, ternyata Toyota Avanza sangat diandalkan bagi ibu rumah tangga, seperti halnya Yuliantina. Menurut dia, memiliki Toyota Avanza tidak ribet dalam perawatanya.

    “Jika harus service, bengkel Toyota jumlahnya banyak sehingga lebih mudah dijangkau,” kata Yuliantina.

    Dia juga mengatakan, Toyota Avanza juga termasuk mobil dengan bentuk lebar dan panjang cocok untuk keluarga namun tetap hemat dalam urusan bahan bakar. 

    Selain Yuliantina, Youtuber kondang, Ridwan Hanif, sendiri punya alasan mengapa dirinya menjadi salah satu konsumen yang tertarik membeli Toyota Avanza. 

    “Toyota Avanza sangat cocok bagi mereka yang tak perlu banyak mikir, lantaran mobil ini dikenal dengan durability yang nggak rusak-rusak, seperti kaki-kaki bisanya diganti 60 ribu km, tapi (Toyota Avanza) 100 ribu km tidak bunyi, termasuk mesin. Bahkan kelewat ganti oli tidak masalah,” ungkap Ridwan Hanif saat mereview mobilnya. 

    Ridwan Hanif juga menyatakan, bahwa bahwa Toyota Avanza merupakan mobil yang memiliki Down Time paling cepat. Artinya, mobil ini tidak memiliki masalah waktu atau uang yang terbuang dalam waktu yang cukup lama.

    “Misalkan, mobil ini disewa tiba-tiba mobilnya rusak. Otomatis ketika rusak, mobilnya tidak bisa menghasilkan uang. Nah kebayang mobilnya tidak bisa berjalan selama satu minggu, berarti selama tujuh hari mobil ini tidak produktif,” ungkap Ridwan dalam channel Youtube Ridwan Hanif Rahmadi.

    Sebaliknya, lanjut Ridwan, Down Time Toyota Avanza paling cepat, dimana ketika terjadi kecelakaan atau insiden maka paling cepat diperbaiki.

    Ridwan juga menyatakan, jika Toyota Avanza untuk harian, maka pemilik tak perlu memikirkan bagaimana spare partnya. Sebab, kata dia, mobil ini mempunyai pilihan kualitas spare part dari genuine sampai kw. 

    “Untuk perawatan mesinnya juga sangat mudah. Jadi untuk orang-orang yang belum mengerti soal permesinan dan per mobilan, mobil-mobil seperti ini (Toyota Avanza) yang dibutuhkan,” tuturnya.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here