Selasa, November 30, 2021
OLX Auto
More
    BeritaStok Mulai Menipis, Daihatsu Genjot Produksi

    Stok Mulai Menipis, Daihatsu Genjot Produksi

    Di masa transisi adaptasi kebiasaan baru atau New Normal berbagai permintaan akan kendaraan tak terkecuali sebuah mobil kini semakin meningkat.

    Bahkan meningkatnya permintaan sebuah mobil, membuat berbagai stok jenis mobil menjadi semakin menipis mengingat hampir semua brand saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berlangsung tidak melakukan produksi secara optimal.

    Jikapun pabrik masih beroperasi, hasilnya tidak maksimal. Akibatnya, produk yang dijual dipasarkan kepada masyarakat terbatas.

    Hal yang sama juga terjadi pada Daihatsu, di mana kondisi stok Daihatsu di pasar sangat terbatas, sehingga tidak dapat memenuhi permintaan pelanggan secara maksimal.

    Dalam keterangan tertulis, Rabu (5/8/2020), PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pada Juli 2020 telah melakukan persiapan untuk melakukan produksi secara dua shift dengan tetap mengikuti protokol kesehatan dan pencegahan penyebaran Covid-19.

    Realisasi proses produksi dua shift telah dilakukan sejak awal Agustus 2020 baik di pabrik Sunter, maupun Karawang. Dari implementasi penerapan dua shift produksi, diharapkan hasil produksi pada Agustus 2020 akan meningkat empat kali lipat dibandingkan dengan hasil produksi bulan Juli 2020.

    “Kami bersyukur, pasar mobil mulai menunjukkan peningkatan. Daihatsu berharap kondisi perekonomian Indonesia akan terus bergairah dan meningkatkan daya beli masyarakat, sehingga memberikan dampak positif pada pasar mobil Indonesia,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

    Kata Amel, dengan persiapan dan komunikasi yang baik, semua supplier Daihatsu siap mendukung peningkatan produksi ADM. Para supplier Daihatsu juga berkomitmen menerapkan protokol kesehatan walaupun permintaan produksi meningkat tajam di Agustus 2020.

    Penjualan Daihatsu Mulai Meningkat

    Secara nasional, penjualan retail pasar otomotif Indonesia selama periode Januari – Juni 2020 mencapai sekitar 290 ribu unit, atau turun 42 persen dibandingkan periode yang sama pada 2019. Sementara itu, penjualan retail Daihatsu mencapai 53.577 unit, turun 39 persen dari tahun lalu.

    Performa ini lebih baik daripada penurunan pasar nasional sehingga market share Daihatsu mengalami kenaikan sebesar 0.8 persen dari 17.6 persen di periode Juni 2019 menjadi 18.4 persen pada Juni 2020.

    Sedangkan pencapaian wholesales untuk periode Januari – Juni 2020, pasar nasional berada di sekitar 260 ribu, turun 46 persen dibandingkan tahun lalu. Sementara performa Daihatsu di periode Januari – Juni 2020 mencapai angka 49.774 unit, atau turun 43 persen vs 2019, lebih baik dari penurunan pasar, sehingga market share Daihatsu secara wholesales mengalami kenaikan dari 18.1 persen pada Juni 2019 menjadi 19.1 persen pada Juni 2020.

    Khusus pada Juni 2020, penjualan secara retail Daihatsu tercatat 5.558 unit, atau naik dari Mei 2020 yang hanya laku 3.673 unit.

     

     

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here