Minggu, Desember 5, 2021
OLX Auto
More
    BeritaSUV Almaz Buat Wuling Jadi Tak Dipandang Sebelah Mata

    SUV Almaz Buat Wuling Jadi Tak Dipandang Sebelah Mata

    Wuling Motors memang masih seumur jagung di pasar otomotif nasional. Meski sempat mendapatkan sambutan kurang tak sedap karena brand China, namun Wuling mampu membalikan keadaan.

    Ya, kemunculan Wuling Confero dan Cortez sebagai mobil yang masuk segmen Multi Purpose Vehicle (SUV) ternyata mampu menarik hati konsumen di Indonesia, karena teknologi dan fitur yang melimpah ditawarkan pada kedua model ini.

    Apalagi sejak kehadiran Wuling Almaz pada 2019 lalu, masyarakat Indonesia ternyata semakin melirik mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) tersebut.

    Bahkan menurut Media Relations Wuling Motors, Brian Gomgom, konsumen yang semakin pintar mendapatkan informasi akan sebuah kendaraan, termasuk mobil Wuling Motors, kini jauh lebih tertarik pada produk yang ditawarkan Wuling. 

    “Jadi sebenarnya kita lihat dari tahun ke tahun persepsi itu udah mulai beda terhadap Wuling,” ungkap Gomgom saat video conference beberapa waktu lalu.

    Sementara itu, Product Planning Wuling Motors Robertus Danang Wiratmoko menyatakan, dengan meluncurkan Wuling Almaz apalagi dibenamkannya fitur Wuling Indonesian Command (WIND), mempertegaskan bahwa Wuling semakin berbeda.

    “Nah itu, pemilihan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar voice command kan itu sebenarnya adalah diferensiasi karena teknologi voice command tidak hanya milik Wuling. Tapi ketika kita tambahkan bahasa Indonesia yang dikhususkan pasar Indonesia itu sangat membedakan produk ini dan produk sejenis lain di pasarnya jadi itu konsep produk Wuling sampai sekarang,” jelas Danang. 

    Danang sendiri tak menampik, Wuling Almaz yang memiliki varian dengan kapasitas tujuh penumpang sengaja dihadirkan untuk menyesuaikan tren, selera, dan karakteristik konsumen Indonesia. 

    Kebahagian Wuling Motors di Indonesia ini ternyata mampu melengkapi kebahagian SAIC-GM-Wuling Automobile atau SGMW yang merupakan induk Wuling Motors yang sudah merayakan produksi ke-22 juta unit pada 25 Mei 2020 di pabrik SGMW yang berlokasi di Liuzhou, China

    Bagaimana tidak, total produksi yang telah mencapai 22 juta unit ini merupakan akumulasi produksi di empat pabrik SGMW yang berada di Liuzhou, Baojun, Qingdao, dan Chongqing, selama kurun waktu 35 tahun (1985- Mei 2020), termasuk volume ekspor yang sudah dilakukan ke 40 negara.

    Selain itu, SGMW juga meluncurkan logo baru berwarna silver sebagai perwujudan citra produk di pasar global yang dapat diandalkan serta memiliki durabilitas yang baik. Logo silver ini juga sebagai langkah baru untuk memperkuat strategi SGMW di pasar otomotif dunia.

    Bicara Wuling Almaz, OLXer yang mau tau fakta-fakta menarik soal mobil yang memiliki arti dalam bahasa Arab sebuah diamond atau berlian, antara lain:

    1. Desain Modern 

    Wuling Almaz

    Secara tampilan, Wuling Almaz memang terlihat seperti SUV modern dengan tampilan sangar. Bagian lampu yang tipis, dengan mengusung teknologi LED dan headlamp projector semakin terkesan keren.

    Kesan mewah juga didapat berkat desain bagian atap mobil yang sudah dilengkapi kombinasi panoramic dan sunroof dengan ukuran cukup lebar. Lihat saja, untuk panoramic berukuran 820 mm meter persegi dan sunroof mencapai 270 mm. 

    2. Layar Head Unit Besar

    Wuling Almaz

    Salah satu yang membuat Wuling Almaz kian dilirik konsumen tak lain karena bagian interior khususnya head unit yang memiliki ukuran besar di kelasnya yaitu mencapai 10,4 inch. Padahal, beberapa kompetitor lainnya hanya menerapkan layar antara 7-10 inci. 

    Dengan layar yang lebar, mobil ini menjadi terlihat modern. Belum lagi layar tersebut dapat dioperasikan dengan hanya sentuhan jari, sehingga pengemudi dan penumpang bisa mengatur beragam fitur, mulai dari hiburan konektivitas, tampilan kamera 360, hingga suhu ruangan. 

    3. Voice Command Berbahasa Indonesia

    Paling menarik dari mobil Wuling Almaz tak lain dan tak bukan yaitu berkat fitur perintah suara (voice command) berbahasa Indonesia yang disebut WIND atau Wuling Indonesian Command. 

    Fitur yang disematkan pada layar lebar ini mampu memberikan respon dari pengemudi dan penumpang dengan cara perintah  suara yang sangat mudah serta dapat dipahami. Sebelum memulainya, OLXer harus mengucapkan kalimat ‘Hallo Wuling’. 

    Dengan fitur WIND, maka pengguna dapat menyalakan atau mematikan, berbagai fitur tidak hanya musik atau radio, hari dan tanggapi tetapi bisa mengatur suara atau volume, menurunkan dan menaikan suhu pendingin udara, jendela, panoramic sunroof, panggilan telepon, hingga mengatur aplikasi Wuling Link. 

    4. Dua Pilihan Porsi Tempat Duduk

    Kehadiran Wuling Almaz pada awalnya atau tepat pada 27 Februari 2019 hanya memiliki dua baris tempat duduk dengan kapasitas lima orang penumpang. Namun selang lima bulan, Wuling menghadirkan Almaz dengan tiga baris penumpang yang mampu menampung tujuh orang penumpang. 

    Ya, hal ini dilakukan Wuling Motors untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang menyukai mobil dengan kapasitas angkut lebih besar untuk membawa anggota keluarga. 

    5. Mesin Turbo

    Tidak hanya desai, teknologi dan fitur, mesin yang dibenamkan pada Wuling Almaz ternyata mengikuti tren terkini. Ya, Wuling Almaz dengan kubikasi 1.5 liter 4 silinder sudah dijejali turbocharged. 

    Adanya mesin turbo, maka tenaga yang dihasilkan akan jauh lebih optimal, namun soal bahan bakar akan lebih irit. Dengan kombinasi mesin ini, daya yang dimuntahkan mobil ini mampu  mencapai 141 PS pada 3.500 rpm dan torsi 250 Nm pada 1.600-3.600 rpm. 

    Adapun dengan tenaga sebesar itu, disalurkan melalui transmisi continuously variable transmission (CVT) 8-percepatan. Selain itu, ketika berkendara pengemudi juga disajikan dengan sensasi mode berkendara yaitu mode ECO jika ingin hemat berkendara dan SPORT agar lebih agresif. 

    6. Melimpah Fitur Keselamatan dan Keamanan

    Wuling Almaz juga bisa disebut paket komplit, karena dijejali berbagai perangkat keselamatan dan keamanan mulai dari Anti-Locking Brake System (ABS), Electronic Brake-Force Distribution (EBD) dan Braking Assist (BA), Electronic Stability Control (ESC), Hill Hold Control (HHC), Auto Vehicle Holding (AVH), Traction Control System (TCS), serta Electronic Parking Brake (EPB).

    7. Dari Cikarang Go To International

    Wuling Almaz diekspor menjadi Chevrolet Captiva untuk pasar ekspor

    Wuling Almaz dibuat Wuling Motors di Greenland International Industrial Center, Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat, Kota Deltamas, Cikarang, Jawa Barat dengan luas pabrik mencapai luas total 60 hektar. 

    Ya, mobil ini ternyata tidak hanya dibuat secara lokal dan tak hanya dibuat untuk pasar domestik, melainkan di ekspor ke sejumlah negara seperti di kawasan Asia Tenggara dan Oceania, antara lain ke Thailand, Brunei Darussalam, dan Fiji.

    Oia, untuk pasar ekspor, Wuling Almaz berganti nama menjadi Chevrolet Captiva. Hal ini bukan hal aneh, sebab jika ditarik garis lurus, Wuling Motors di China memang masih memiliki silsilah keluarga dengan General Motor (GM).

    8. Harga

    Wuling Almaz hadir dalam pilihan 5 dan 7 penumpang ditawarkan dengan harga berbeda, antara lain:

    Tipe Exclusive 7-seater Rp 341,8 juta 

    Tipe Exclusive 5-seater Rp 331,8 juta

    Tipe Smart Enjoy CVT  7-seater Rp 278,8 juta. 

    Tipe Smart Enjoy 6-speed MT 7-seater Rp 266,8 juta. Semua harga ini on the road Jakarta.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here