Kamis, Juli 7, 2022
More
    MobilSUV vs MPV: Kelebihan, Kekurangan & Perbandingannya!

    SUV vs MPV: Kelebihan, Kekurangan & Perbandingannya!

    Mobil SUV vs MPV? Hal ini sempat menjadi perdebatan dan sumber kegalauan bagi calon pembeli mobil. Mana yang paling tepat untuk dibeli? Lalu bagaimana kelebihan dan kekurangan dari masing-masing mobil tersebut.

    Bagi Anda yang ingin membeli mobil baru, dan faktor ukuran serta kapasitas mobil adalah prioritas utama, maka tipe mobil SUV dan MPV adalah yang paling tepat buat Anda.

    Namun, saat ini banyak obrolan terjadi, yang membanding-bandingkan, lebih baik beli SUV atau beli MPV, ya? Mungkin Anda juga salah satunya. Tentunya kedua jenis mobil ini dirilis untuk memenuhi kebutuhan penggunanya yang berbeda-beda.

    Lalu, apa sajakah masing-masing kelebihan serta kekurangan dari mobil jenis SUV dan MPV? Mari kita bahas secara rinci di artikel berikut!

    Mobil SUV 

    Sebelum mulai membahas masing-masing kelebihan dan kekurangan kedua jenis mobil tersebut. Mari kita kenali jenis mobilnya terlebih dahulu.

    Apa itu SUV?  Sport Utility Vehicle atau SUV adalah mobil yang dengan kapasitas tenaga yang besar. 

    Selain bertenaga, mobil ini juga tepat untuk melibas jalanan dengan medan berat dengan lancar. SUV juga identik dengan body yang besar dan lekukan bodi yang kekar sehingga penggunanya bisa merasakan sensasi mengemudi kendaraan yang “berwibawa”.

    Di Indonesia sendiri, mobil bertipe SUV kini semakin populer dan banyak penggunanya.

    Merespon kebutuhan ini, banyak pabrikan otomotif yang mengeluarkan model SUV untuk ditawarkan di pasar otomotif nasional.


    Baca juga: 10 Alasan Kenapa Harus Membeli Mobil SUV

    Karakteristik SUV

    Mengenal lebih jauh tentang mobil SUV, ada beberapa ciri khusus yang membedakan antara SUV dan MPV. Berikut rinciannya:

    1. Sasis dan Suspensi Mobil SUV

    Mobil bertipe SUV biasanya memiliki sasis serta suspensi monokok. Selain itu, di beberapa tipe seperti yang support untuk off-road, as rodanya cenderung kaku untuk meningkatkan kemampuan off-road. 

    1. Mesin Berkapasitas Tinggi

    Sudah tidak heran bahwa dengan body yang besar gagah, mobil SUV memiliki tenaga yang besar. Hal ini untuk mendukung dari fungsinya sebagai mobil di segala medan.

    1. Penggerak Semua Roda

    Walaupun tidak semua seri jenis SUV memiliki empat penggerak roda depan dan belakang, namun umumnya full SUV sudah memiliki sistem penggerak 4X4.

    1. Ground Clearance Tinggi

    Untuk dapat lancar melewati jalan dengan medan berat, maka ketinggian atau ground clearance SUV lebih tinggi diatas rata-rata. Hal ini juga berfungsi agar suspensi dapat bekerja dengan baik sehingga penumpang lebih nyaman saat di dalam mobil.

    Baca juga: Daftar SUV Bekas Lansiran di Atas 2010 Seharga Rp 150 Jutaan

    Mobil SUV Pajero Sport

    Jenis Mobil SUV

    Mobil SUV memiliki beberapa karakteristik dan juga pembagian dari masing-masing jenis berdasarkan ukuran dan fitur-fiturnya. Berikut masing-masing pembagian jenis SUV yang ada di Indonesia:

    Mini SUV

    Jenis ini merupakan SUV yang terkecil dari segala kelasnya. Mini SUV mendapatkan popularitasnya di Jepang, karena negara tersebut menerapkan pajak yang tinggi pada kendaraan berdimensi besar, dan kebutuhan konsumennya yang fokus pada kendaraan yang compact.

    Secara hitung-hitungan, dari performa mesin dan rangka mobil, tipe ini tergolong SUV, namun hanya ukuran mungilnya saja yang membedakan. Contoh mini SUV antara lain Suzuki Jimny, Daihatsu Rocky, dan Toyota Raize.

    Compact SUV

    Selanjutnya, versi yang sedikit lebih besar dari Mini SUV, yakni Compact SUV. Tipe ini secara ukuran, relatif mengimbangi mobil-mobil yang mengedepankan kapasitas penumpang. Compact SUV termasuk dalam segmen mobil city car.

    Contoh dari Compact SUV yang dipasarkan di Indonesia antara lain Honda BR-V, dan Suzuki SX-4.

    Baca juga: Berburu Mobil SUV Bekas Harga Murah, Sebaiknya Perhatikan Hal Ini!

    Medium SUV

    Masuk ke tipe dengan ukuran yang lebih besar lagi, namun bukan yang terbesar, ialah Medium SUV. Mobil ini bisa disebut sebagai jenis SUV yang sesungguhnya. 

    Mobil ini mencoba untuk menggabungkan kebutuhan konsumen, antara mobil bertenaga, namun juga memiliki ukuran yang mobil menengah kelas premium. Contoh mobil-mobil Medium SUV antara lain, Honda HRV, Mazda CX-3, dan Wuling Almaz.

    Full SUV

    Lalu yang terakhir, SUV dengan ukuran terbesar dan yang populer, yakni Full SUV. Secara ukuran, tipe ini cukup menonjol karena tergolong besar dan memiliki performa mesin yang optimal di kelas SUV. 

    Sebagian besar model SUV dibangun dengan sasis sekelas truk pick-up untuk melibas medan berat. Mobil SUV terbaik dan terpopuler di Indonesia bisa dikatakan Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner dan Hyundai Palisade.

    Baca juga: Daftar SUV Bekas di Atas 2010 Desain Masih Keren Harganya Rp 100 Jutaan

    Mobil MPV Kijang Innova

    Mobil MPV

    Sekarang kita bahas jenis mobil selanjutnya yang menjadi penantang SUV, yakni MPV. Sesuai namanya yaitu Multi-Purpose Vehicle, MPV didesain untuk memenuhi banyak kebutuhan pengemudinya.

    Apa saja keunggulan yang bisa dinikmati para pemilik MPV? Diantaranya seperti kapasitas kabin yang lega, praktis dan nyaman dikendarai, memiliki efisiensi bahan bakar yang baik, dan harganya yang relatif terjangkau.

    Walau dari sisi kapasitas mesin tidak sebesar dari SUV, namun MPV memiliki keunggulan yakni lebih nyaman dikendarai, cocok sebagai mobil keluarga dan nyaman walau dalam perjalanan jauh sekalipun.

    Di Indonesia sendiri, mobil juga sangat populer karena kelebihan-kelebihannya tersebut. Dengan antusias konsumen yang tinggi, beberapa pabrikan mobil juga turut merilis versi MPV untuk ditawarkan di pasar otomotif Indonesia.

    Baca juga  Balik ke Indonesia, Subaru Forester Hadir Model Terbaru

    Beberapa MPV dengan banyak peminat yakni, Toyota Kijang Innova, Honda Mobilio, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga tak lupa pula mobil sejuta umat, Avanza dan Xenia.

    Baca juga: Mobil SUV Semakin Digemari di Indonesia, Bagaimana Nasib MPV dan LCGC?

    Karakteristik MPV

    Berbicara mengenai karakteristik atau ciri mobil MPV, ada beberapa poin penting yang menandakan sebuah mobil bertipe MPV. Antara lain adalah:

    1. Kapasitas Kabin Luas

    Karena MPV memiliki dimensi body yang tinggi dan lebar, ruang kabin mobil akan terasa lebih lega. Selain itu, MPV juga umumnya memiliki susunan bangku tiga baris dengan kapasitas 7-8 orang penumpang termasuk pengemudi.

    1. Konfigurasi Fleksibel

    Karena mobil ini bernama multi-purpose atau digunakan untuk banyak tujuan, maka tidak heran penggunanya bisa menyesuaikan mobil ini sesuai kebutuhan. 

    Susunan seat paling belakang bisa dilipat untuk memperluas bagasi, atau bahkan bisa dilipat hingga menyisakan baris terdepan jika mobilnya ingin Anda gunakan untuk memindahkan barang besar.

    1. Kendaraan Dengan Faktor Keselamatan Tinggi

    Dengan ground clearance rendah, MPV tentunya memiliki pusat gravitasi yang lebih rendah dan lebih aman dari situasi dimana mobil bisa saja terguling. MPV modern juga memiliki sejumlah fitur keselamatan yang canggih.

    Selain itu, rerata mobil MPV memiliki rangka yang lebih besar, hingga di situasi darurat, penumpang bisa menyelamatkan diri dengan keluar dari kendaraan dengan bahaya yang minimal.

    Baca juga: MPV Pilihan Kaum Millennial, Keren, Canggih dan Murah

    Perbandingan SUV vs MPV

    Sudah lebih paham mengenai Apa beda SUV dan MPV, bukan? Sekarang mari kita bahas perbandingan antara mobil SUV dan MPV. Kita akan rangkum berdasarkan kelebihan serta kekurangannya. 

    Kelebihan SUV vs MPV

    • Memiliki tenaga yang besar sehingga cocok untuk melintasi medan berat dan jalanan yang menanjak,
    • Ground clearance yang tinggi sehingga cocok dikendarai di segala jenis jalan baik yang rata maupun bergelombang,
    • Memiliki tampilan yang kekar dan menambah kewibawaan pengemudinya,
    • Sistem penggerak empat roda yang membuatnya cukup tangguh sebagai mobil off-road maupun on-road,
    • Handling atau pengendalian mobil yang nyaman bagi pengemudinya.

    Kekurangan SUV vs MPV

    • Dengan tenaganya yang besar, konsumsi bahan bakar termasuk boros, namun bisa diakali dengan membeli tipe diesel
    • Faktor keselamatan yang tidak sebaik mobil lainnya. SUV dengan dimensinya yang cenderung tinggi, menyebabkan lebih mudah untuk terguling,
    • Beresiko menimbulkan efek kecelakaan yang lebih fatal kepada pengendara lain karena dimensinya yang jauh lebih besar, 
    • Harganya jualnya yang relatif lebih mahal, begitu pula biaya servis, pajak kendaraan dan asuransinya.

    Baca juga: Daftar Mobil MPV Terbaik Bekas Tahun 2000’an yang Harganya Rp 40-50 jutaan

    Kelebihan MPV vs SUV

    • MPV memiliki tiga baris tempat duduk penumpang yang berkapasitas hingga 8 orang termasuk pengemudi,
    • Baris tempat duduk mudah diatur sesuai kebutuhan,
    • Kabin yang luas dan memiliki ruang penyimpanan yang lebih lebar sebagai bagasi untuk barang-barang,
    • Interior lebih lapang dengan lebih banyak ruang kaki, ruang kepala, ruang bahu, dan ruang siku,
    • Kenyamanan berkendara yang lebih baik untuk jarak jauh.
    • Konsumsi bahan bakar yang efisien dan relatif lebih irit dari SUV,
    • Harga beli mobil yang relatif masih terjangkau untuk pasar menengah,
    • Sistem keamanan penumpang yang lebih baik dengan rangkanya yang besar.

    Kekurangan MPV vs SUV

    • Desainnya yang tidak se-macho dan kekar dibanding mobil SUV,
    • Dimensinya yang lebih panjang dan lebar dari mobil pada umumnya membuat MPV relatif sulit diparkir dan membutuhkan ruang yang luas,
    • Tidak dirancang untuk medan berat dan hanya optimal dikendarai di jalan yang mulus,
    • Kapasitas tenaga mobil tidak begitu cocok untuk dipacu di jalan menanjak,
    • Ground clearance yang rendah dan tidak cocok untuk jalanan yang tidak rata.

    Baca juga: 6 Alasan Kenapa Pilih MPV

    Secara ringkasnya, ada lebih banyak kelebihan yang akan Anda terima daripada kelemahan dari mobil MPV. Diantaranya fungsionalitas dan faktor keamanan. Sementara SUV, desainnya yang berwibawa akan lebih menarik dan cocok bagi Anda yang mengedepankan penampilan dan wibawa di jalanan. 

    Setelah melihat masing-masing kelebihan serta kekurangan dari SUV dan MPV, apakah Anda dapat membayangkan mana mobil yang lebih cocok dengan kebutuhan serta selera Anda untuk saat ini?

    Baca juga: Lebih Untung Tukar Tambah Mobil Lama di OLX Autos

    Tapi yang paling pasti, memilih mobil mestinya berdasarkan pertimbangan yang panjang karena akan Anda gunakan untuk jangka waktu yang panjang. Oleh karena itu, membeli mobil baik mencicil ataupun kredit SUV atau Kredit MPV, tidak begitu masalah, yang penting adalah apakah mobil tersebut tepat untuk Anda!

    Bila Anda ingin mempertimbangkan untuk membeli mobil bekas, untuk menghemat budget, tentunya hal tersebut sangat memungkinkan. Karena sekarang cukup banyak mobil bekas berkualitas yang bisa Anda temukan di OLX Autos!

    Dengan layanan inspeksi mobil, drive thru, dan opsi pembayaran cash, cicilan DP rendah dan metode pembayaran lainnya, Anda bisa dengan mudah bertransaksi kendaraan dengan harga yang terbaik, serta dijamin kualitasnya oleh OLX!

    Baca juga: Daftar Mobil MPV Terbaik Bekas di Atas Tahun 2010 Harganya Rp 100 jutaan

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here