Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    MotorSuzuki dan Yamaha Berbagi Nama Saluto 125, Pilih Mana?

    Suzuki dan Yamaha Berbagi Nama Saluto 125, Pilih Mana?

    Saluto 125 merupakan motor model terbaru dari Suzuki yang melakukan debut pertamanya di ajang World Car New Show Taiwan pada 27 Desember 2019 lalu. 

    Motor ini cukup menarik perhatian pecinta roda dua karena secara visual, motor skutik bergaya klasik modern ini memiliki kemiripan dengan Lambretta V125 Special maupun Vespa Primavera.

    Rencananya, Suzuki Saluto 125 baru akan dijual di Taiwan di bulan Februari mendatang. Belum ada kabar apakah bakal dijual juga di Indonesia.

    Tapi kita tidak membahas lebih jauh terkait model serta spesifikasi dari motor baru pabrikan berlambang ’S’ ini. Justru yang menarik adalah penyematan nama “Saluto 125”.

    Ternyata Suzuki bukan satu-satunya yang memberikan nama “Saluto 125” untuk produknya. Justru Yamaha India lah yang pertama kali menggunakan nama tersebut di motor jenis naked yang diluncurkan pada 2015 lalu. 

    Motor batangan Yamaha yang satu ini justru lebih unik karena alih-alih pakai mesin berkapasitas diatas 150cc seperti motor cowok kebanyakan, Yamaha Motor India justru memilih mesin 125cc, berpendingin udara 4-langkah dan SOHC 2-Valve. 

    Meski demikian, Yamaha Saluto 125 ini sudah mengadopsi fitur UBS (Unified Braking System). Sebuah fitur yang secara fungsional mirip dengan fitur CBS (Combi Brake System). UBS berfungsi saat tuas rem belakang dioperasikan, secara bersamaan distribusi daya pengereman akan terbagi ke roda depan maupun roda belakang. Efeknya adalah peningkatan efisiensi kendali laju kendaraan, serta gaya henti kendaraan yang lebih stabil.

    Sama-sama bernama “Saluto 125”, sama-sama gak ada di Indonesia, padahal keduanya cukup unik dan cukup menarik perhatian. Kira-kira nih, kalau Suzuki Saluto 125 dan Yamaha Saluto 125 bakal dijual disini, OLXers pilih yang mana? (End/Z)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here