Minggu, November 28, 2021
OLX Auto
More
    BeritaSuzuki Jimny Dilarang di Eropa, Jatahnya Bisa Buat Indonesia?

    Suzuki Jimny Dilarang di Eropa, Jatahnya Bisa Buat Indonesia?

    Sejak Suzuki Jimny generasi keempat meluncur di pasar otomotif Jepang 2018, maka selang satu tahun mobil tersebut langsung jadi buruan konsumen di dunia. Termasuk di Tanah Air.

    Namun begitu, peredaran Suzuki Jimny rupanya terhambat di pasar otomotif Eropa, karena masalah regulasi emisi, dimana standar gas buang atau emisi yang harus diterapkan disetiap mobil maksimal 95 g/km. Sedangkan Suzuki Jimny sendiri emisi CO2 Jimny dengan mesin K15B adalah 154g/km untuk versi manual dan 170g/km untuk matic.

    Maka dari itu dealer Suzuki di Benua Biru itu bersiap segera menutup pesanan Jimny, jika tidak ingin pabrikan dihukum Uni Eropa. Lantas apakah dengan adanya standar emisi dari negara-negara Eropa maka akan berdampak pada standar emisi untuk pasar Indonesia?

    Menanggapi hal tersebut, Head of Marketing 4W PT SIS, Donny Saputra ikut angkat bicara. Menurut dia, karena adanya perubahan regulasi emisi di Eropa, maka belum tentu berdampak langsung pada Suzuki Jimny yang ada di Indonesia.

    “Karena spesifikasi ma fiturnya nggak sama. Nah sekarang kita masih menunggu bagaimana detail spesifikasi dari Suzuki Europe,” kata Dony saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta, beberapa waktu lalu.

    Dony sendiri membantah, jika suplai untuk pasar Eropa dihentikan, maka tidak serta merta berdampak langsung terhadap suplai ke Indonesia. Artinya, jatah Suzuki Jimny untuk Indonesia masih sama, yaitu 50 unit per bulan.

    “Kemudian kalau barangnya sudah jadi kan yang pingin nggak hanya kita (Indonesia), pasti rebutan. Jadi so far saya bilang belum ada dampaknya ke kami,” kata Dony.

    Menolak Permintaan Konsumen

    Tak hanya global, di Indonesia Suzuki Jimny juga banyak diburu. bahkan saking tingginya permintaan konsumen, Suzuki tak ingin memberikan janji-janji manis agar si calon pembeli mendaftarkan untuk inden seperti ketika menjual mobil-mobil pada umumnya.

    “Kami masih minta ke dealer resmi, tolong jangan terima indent Jimny dulu. Ini dari tahun kemarin masih sama. Ada beberapa dealer yang laporan ke kami, konsumennya memaksa. Dan kami minta dijelaskan, janji delivery tidak bisa,” terangnya.

    Dony sendiri menyatakan, Suzuki Indonesia hanya mendapatkan jatah Jimny rata-rata 50 unit per bulan, dan sejak Agustus-Desember 2020 jumlahnya yang sudah terkirim mencapai 400 unit.

    Harga Suzuki Jimny terbaru 2020

    Nah berikut daftar harga Suzuki Jimny per Februari 2020 berdasarkan situs resmi Suzuki, yaitu

    • Suzuki Jimny Single Tone MT Rp 347.5 juta
    • Suzuki Jimny Two Tone MT Rp 349.5 juta
    • Suzuki Jimny Single Tone AT Rp 360 juta
    • Suzuki Jimny Two Tone AT Rp 362 juta
    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here