Minggu, Juni 26, 2022
More
    BeritaSuzuki Siap Bikin Mobil Listrik Harga Terjangkau

    Suzuki Siap Bikin Mobil Listrik Harga Terjangkau

    Suzuki Indonesia mengumumkan untuk tidak menjual Karimun Wagon R, dengan alasan akan konsen menuju era elektrifikasi.

    Benar saja tak berapa lama President Suzuki Motor Toshihiro Suzuki mengatakan kepada wartawan, bahwa perusahaan dengan logo huruf S ini tengah mempersiapkan mobil listrik.

    Jika tak ada aral melintang mobil tanpa emisi itu akan diluncurkan di Jepang terlebih dahulu pada tahun 2025 mendatang. Rencananya, Suzuki juga akan merilis kendaraan listrik di India.

    “Jika Anda menawarkan produk kepada konsumen Kei Car, maka penting untuk datang dengan harga mulai dari 1 juta yen (sekitar Rp 127 jutaan),” ungkap Toshihiro Suzuki seperti dilansir Nikkei Asia, Kamis (2/12/2021).

    Pergerakan peluncuran kendaraan elektrifikasi Suzuki ini memang terasa lebih lambat dibandingkan dengan Nissan Motors maupun Mitsubishi Motors yang siap merilis mobil listrik pada tahun 2022 dengan harga 2 Juta yen atau sekitar Rp 253 juta.

    Menanggapi lamanya menghadirkan kendaraan elektrifikasi dari rekan senegaranya, Toshihiro Suzuki tak menampiknya.

    Kendati begitu, dia mengatakan yang diperlukan dalam menggarap kendaraan listrik adalah pengembangan infrastruktur dan produk yang dapat diterima konsumen.

    Lalu bagaimana dengan pesaing dari luar Jepang, seperti merek asal Cina, Wuling Motor, yang notabene nya telah menghadirkan mobil listrik dengan harga terjangkau, yaitu sekitar US$ 4.500 atau setara Rp 64,7 jutaan.

    “Kami masih belum yakin apakah mereka akan mengambil alih pasar (otomotif Jepang). Berdasarkan keandalan baterai dan faktor lainnya, saya tidak berpikir mereka akan bisa dikendarai di Jepang seperti sekarang,” ucapnya.

    Suzuki Harus Beraliansi

    Toshihiro Suzuki menyatakan untuk bersaing dipasar otomotif sudah seharusnya produk yang ditawarkan mengedepankan sebuah kualitas meski harganya lebih terjangkau.

    Adapun salah satu untuk menekan harga produksi mobil listrik saat ini yaitu mengenai baterai.

    Dikabarkan, Suzuki Motors sendiri beraliansi untuk menekan biaya produksi bersama Toyota dalam mengembangkan teknologi kendaraan komersial.

    “Ini adalah era perubahan besar. Anda mungkin perlu bergandengan tangan dengan industri yang sama sekali berbeda. Sangat mungkin untuk bergandengan tangan dengan perusahaan rintisan. Pintunya selalu terbuka,” kata dia.

    Terkait ucapan bos Suzuki tersebut, dikabarkan perusahaan raksasa Apple, berencana akan mulai menjual kendaraan listrik yang dapat melaju sendiri pada tahun 2025 mendatang. Hanya saja, Suzuki belum dicolek terkait kerja sama itu.

    Mau jual mobil? Bisa langsung lakukan di OLX Autos.

    Baca juga  Banyak Mobil Terbaru Bermunculan GIIAS, Ini Daftarnya

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here