Kamis, Desember 9, 2021
OLX Auto
More
    BeritaSuzuki Stop Produksi Karimun Wagon R, Demi Mobil Hybrid

    Suzuki Stop Produksi Karimun Wagon R, Demi Mobil Hybrid

    Suzuki baru saja mengumumkan hal yang sangat mengejutkan. Ya, ini terkait penghentian produksi Suzuki Karimun Wagon R.

    Seperti kita ketahui, Suzuki Karimun Wagon R merupakan hasil produk dari mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC), yang dicetuskan pemerintah Republik Indonesia di masa presiden Susilo Bambang Yudhoyono

    Nah, OLXer mau tahu alasan perusahaan dengan logo huruf S itu menyetop produksi Karimun Wagon R, berikut penjelasannya.

    Ilustrasi salah satu proses produksi Suzuki Karimun Wagon R (Suzuki)

    Menurut Managing Director Suzuki Indonesia Shodiq Wicaksono, Suzuki akan fokus pada kendaraan elektrifikasi yang terjangkau bagi konsumen.

    “Kami sedang bersiap untuk mengenalkan kendaraan elektrifikasi kepada masyarakat. Namun, kami juga harus jeli melihat daya beli masyarakat Indonesia secara umum saat ini,” ungkap Shodiq dalam keterangan tertulis, Rabu (24/11/2021

    “Untuk itu, dengan berbagai pertimbangan dan masukan dari berbagai pihak, Suzuki akan masuk ke era elektrifikasi melalui teknologi hybrid,” katanya. 

    Mobil hybrid Suzuki

    Pengembangan teknologi hybrid yang Suzuki lakukan adalah langkah awal perusahaan dalam mengenalkan teknologi elektrifikasi yang sejalan dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat Indonesia saat ini. 

    Ke depannya, Suzuki akan terus berinovasi mengembangkan kendaraan elektrifikasi lainnya secara bertahap.   

    Komitmen untuk mengembangkan kendaraan ramah lingkungan ini mengharuskan Suzuki mengalihkan prioritasnya. 

    Sehingga dengan adanya kendaraan elektrifikasi akan berdampak terhadap berhentinya produksi salah satu kendaraan konvensional legendaris Suzuki, yaitu Karimun Wagon R.

    Meski begitu, penghentian produksi Karimun Wagon R ini hanya berlaku untuk pasar domestik. Artinya, Suzuki akan tetap membuat mobil LCGC dengan bentuk boxy ini untuk pasar Eropa.

    Ilustrasi proses produksi Suzuki Karimun Wagon R. (Suzuki)

    “Dengan berat hati kami harus menghentikan produksi Karimun Wagon R untuk pasar dalam negeri. Namun, kami akan menghadirkan kendaraan elektrifikasi untuk konsumen setia Suzuki dalam waktu yang tidak lama lagi,” tulisnya

    Sayang untuk jenis dan model mobil hybrid seperti apa yang dimaksud, Shodiq enggan menjelaskan secara detail.

    Hanya saja, dengan keberadaan mobil hybrid, maka hal ini dianggap merupakan rangka mendukung program percepatan pemerintah dalam menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 29 persen pada 2030.

    Dengan begitu, Suzuki Indonesia berkomitmen untuk mendukung program tersebut dengan memfokuskan diri pada pengembangan kendaraan elektrifikasi. 

    Hal ini juga menjadi bagian dari rencana jangka panjang perusahaan yang berkomitmen untuk memproduksi kendaraan ramah lingkungan yang sesuai kebutuhan masyarakat.

    Bagi Anda yang ingin memiliki mobil baru, nggak ada salahnya jual mobil lamamu di OLX Autos . Jika memang ingin menjual mobil klik di OLX Autos.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here