Senin, Agustus 8, 2022
More
    BeritaSayonara! Suzuki Akhirnya Resmi Tinggalkan MotoGP

    Sayonara! Suzuki Akhirnya Resmi Tinggalkan MotoGP

    Kabar terbaru MotoGP, akhirnya pabrikan motor asal Jepang, Suzuki tinggalkan MotoGP dan Endurance World Championship (EWC).

    Hal ini dipastikan setelah beredar surat kesepakatan antara pihak Suzuki dan Dorna Sports terkait berakhirnya keikutsertaan pabrikan tersebut di ajang MotoGP akhir musim 2022 ini.

    Padahal prestasi Suzuki di MotoGP setelah 7 tahun comeback bukannya jelek. Musim 2020 tim pabrikan yang mengandalkan kecepatan motor GSX-RR ini berhasil menjadi juara dunia MotoGP bersama pembalap andalan mereka, Joan Mir. 

    “Suzuki telah memutuskan untuk mengakhiri partisipasi di MotoGP dan EWC. Hal ini dilakukan untuk mengalokasikan sumber daya pada energi keberlanjutan. Balap motor selalu menjadi tempat yang menantang untuk inovasi teknologi, dan pengembangan sumber daya manusia. Keputusan ini dibuat karena kami akan mengambil tantangan baru untuk membangun operasi bisnis motor baru,” ujar Toshihiro Suzuki selaku Presiden dan Direktur Perwakilan Suzuki dalam surat tersebut.

    Tak pelak, keputusan Suzuki ini membuat para fans Suzuki di MotoGP menjadi kecewa berat. 

    Apalagi duet maut Joan Mir dan Alex Rins yang ditopang oleh GSX-RR memiliki kans yang kuat untuk bisa kembali juara di musim depan.

    Yang menjadi misteri tentunya nasib dari dua riders tersebut, akan berlabuh kemana mereka setelah Suzuki mundur dari MotoGP musim depan?

    Baca Juga: Suzuki Siap Hengkang Dari Balapan MotoGP

    Suzuki Tinggalkan MotoGP Dengan 7 Prestasi Juara Dunia 

    Kenny Roberts Jr, pembalap Suzuki yang meraih gelar juara dunia MotoGP di tahun 2000 (Foto: Istimewa)

    Suzuki berkiprah di ajang MotoGP sejak tahun 1962 silam. Dalam kurun waktu tersebut, sudah 7 gelar juara dunia yang berhasil diraih. 

    Gelar juara dunia terakhir diraih oleh Suzuki di MotoGP di musim 2020 lalu bersama Joan Mir. 

    Beberapa nama pembalap lainnya yang pernah sukses membawa Suzuki menjadi juara dunia adalah Barry Sheene (1976,1977), Marco Lucchinelli (1981), Franco Uncini (1982), Kevin Schwantz (1993), dan Kenny Roberts Jr (2000). 

    Saat itu MotoGP masih mempertandingkan kelas utama 500cc. Kenny Roberts Jr jadi pembalap terakhir Suzuki yang mengunci gelar juara dunia di kelas ini pada tahun 2000.

    Setelah era Kenny Roberts Jr, prestasi Suzuki seolah tenggelam dan manajemen memutuskan untuk mundur dari riuhnya persaingan di MotoGP.

    Baru di tahun 2015, Suzuki mengumumkan comeback ke kelas utama MotoGP dan 5 tahun berikutnya Joan Mir mencatatkan diri sebagai pembalap Suzuki terakhir yang mampu meraih gelar juara dunia MotoGP.

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here