Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    TipsTak Hanya Kendaraan, Perlindungan Asuransi Juga Diperlukan Saat Musim Hujan

    Tak Hanya Kendaraan, Perlindungan Asuransi Juga Diperlukan Saat Musim Hujan

    Hujan memang membuat para pengendara mobil maupun sepeda motor menjadi cemas. Sebab, ketika hujan turun bukan tak mungkin pandangan terbatas dan jalanan menjadi licin. Hal ini tentu saja akan sangat berbahaya.

    OLXer juga perlu tau, saat memasuki musim penghujan tak hanya persiapan kondisi kendaraan yang diperhatikan, tetapi juga perlindungan asuransi. 

    Nah, menurut Business Development Division Head PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) Tanny Megah Lestari meski sudah mengecek kondisi kendaraan dan menjaga kondisi tubuh, namun risiko bisa datang kapan saja. 

    “Apalagi di tengah musim penghujan seperti saat ini, pengendara harus memiliki perlindungan asuransi,” ucap Tanny dalam keterangannya. 

    Kata Tanny, pengendara yang ingin mendapatkan perlindungan dari bencana alam bisa memperluas asuransi dengan manfaat dari risiko bencana alam.

    “Dengan perluasan bencana alam, pengendara bisa dijamin dari kerugian karena bencana alam, termasuk hujan es, banjir, dan lainnya. Sebaliknya, tanpa ada perluasan manfaat, maka tidak akan dijamin,” ucapnya.

    Agar pengendara bisa mulus dalam melakukan klaim asuransi kendaraan bermotor, Tanny menyarankan, agar pengendara tidak memaksakan menyalakan kendaraan bermotor di tengah banjir.

    Menurut Tanny, apabila terjebak di tengah banjir, pengendara jangan mencoba untuk menyalakan mesin mobil karena dapat mengakibatkan kondisi water hammer pada mesin yang akan memperparah kerusakan. 

    “Apabila berada di genangan air yang rendah, sebisa mungkin tinggalkan kendaraan, kunci kendaraan, tunggu hingga air surut dan menelpon pihak asuransi atau derek untuk mengangkut mobil untuk diperbaiki,” ucap dia.

    Selain itu, pengendara sebisa mungkin jangan menerobos banjir. Pasalnya, apabila sengaja menerobos banjir maka kendaraan menjadi rusak, selain itu kendaraan tersebut masuk dalam pengecualian yang tidak dijamin dalam polis asuransi.

    Lebih lanjut Tanny menyatakan, Adira Insurance memiliki polis asuransi kendaraan bermotor tambahan yang caranya cukup menghubungi Adira Care atau channel penjualan milik Adira Insurance lainnya. Selain itu, Adira Insurance juga bisa memproses klaim melalui aplikasi di telepon pintar (smartphone) dengan nama Autocillin Mobile Claim.

    Dengan aplikasi ini, kata Tanny, caranya cukup mudah. “Pemilik kendaraan cukup memfoto bagian kendaraan yang rusak, lalu mengantar mobilnya ke bengkel. Apabila tidak memiliki waktu yang cukup ke bengkel, Adira Insurance siap melakukan pick up and delivery service untuk kendaraan pelanggan” ujar Tanny.

    Tanny juga menyatakan, Adira Insurance memiliki produk asuransi kendaraan bermotor yang bernama Autocillin. Produk ini memberikan perlindungan menyeluruh mulai dari kecelakaan di jalan raya, huru hara, kerusuhan, hingga perlindungan untuk pengemudi dan penumpang kendaraan tersebut. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here