Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    TipsTanpa Harus ke Bengkel, Ini Tips Memperbaiki Penyok Ringan Pada Mobil

    Tanpa Harus ke Bengkel, Ini Tips Memperbaiki Penyok Ringan Pada Mobil

    Meski sudah berkendara dengan hati-hati dan rutin melakukan perawatan, kita tidak bisa menghindari risiko kerusakan pada mobil. Salah satu yang paling sering terjadi adalah benturan tiba-tiba yang menyebabkan lecet atau penyok pada bumper. 

    Solusinya pun terbilang sangat mudah, kita bisa langsung membawa mobil ke bengkel atau memanggil layanan servis untuk menghilangkan penyok. Namun, layanan semacam itu memang bisa menghabiskan biaya yang lebih mahal, jadi untuk mengakalinya kita bisa coba memperbaiki mobil sendiri.

    Bagi yang ingin mencoba memperbaiki lecet atau penyok pada bodi mobil, ini beberapa trik yang bisa dilakukan :

    1. Gunakan Plunger

    Bukan hanya membuka saluran pembuangan yang tersumbat, plunger juga bisa digunakan untuk memperbaiki penyok pada mobil.

    Cukup percikan air pada bagian yang penyok, lalu tempelkan plunger dan tarik bodi mobil hingga kembali seperti semula. Oh ya, pastikan menggunakan plunger untuk bak cuci, bukan plunger untuk toilet.

    Perlu diingat bahwa metode ini mungkin tidak menghilangkan seluruh penyok, dan penggunaan alat yang berkualitas diperlukan untuk menghilangkan penyok yang lebih besar. 

    2. Air Mendidih

    Cara yang ini juga tidak kalah mudah dan murah, yaitu cukup gunakan air mendidih yang baru direbus untuk menghilangkan penyok. Sayangnya, cara ini kemungkinan hanya berhasil pada mobil yang menggunakan bumper plastik dan penyok yang tidak terlalu besar. 

    Saat menuangkan air di bagian yang penyok, segera dorong bagian mobil dari dalam karena panas tidak akan bertahan lama. Namun sayangnya, trik ini tidak berlaku bagi penyok di panel logam yang hanya bisa diperbaiki dengan pengerjaan bodi besar yang dilakukan di fasilitas perbaikan.

    3. Hair-dryer & Compressed Air

    Metode populer lainnya untuk mengakali penyok mobil dari bahan plastik, yaitu menggunakan dua produk rumah tangga populer: pengering rambut dan compressed air.

    Mulailah dengan memanaskan penyok mobil dengan pengering rambut pada suhu tertinggi. Segera setelah cukup panas, ambil kaleng udara bertekanan (compressed air), balikkan, dan mulailah menyemprot di area yang sama. Cara ini bisa berfungsi karena bumper plastik akan mengembang dan berkontraksi dengan udara dingin dari compressed air.

    4. Gunakan Lem Panas, Batang Kayu, & Sekrup

    Saat mencoba menghilangkan penyok sendiri, akan muncul risiko yang membuat kondisi mobil lebih parah, seperti memperburuk penyok atau merusak cat. Nah, cara yang aman untuk menghilangkan penyok besar pada mobil adalah dengan menggunakan beberapa pasak kayu, beberapa sekrup, dan lem tembak.

    Cukup letakkan dua paku di setiap sisi batang kayu dan tempelkan lem panas di bagian bawah. Tempatkan pasak dengan lem menghadap ke bawah di area sekitar penyok, ulangi sebanyak yang diperlukan untuk menutupi area tersebut, biarkan mengering, dan tarik masing-masing hingga penyoknya hilang.

    5. Dry Ice

    Dry ice juga bisa digunakan untuk menghilangkan penyok pada mobil, caranya pun terbilang sangat praktis. Cukup gosokkan dry ice pada bagian kendaraan yang penyok, maka bodi mobil bisa kembali seperti semula.

    Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan saat melakukan cara ini, karena dry ice bisa merusak permukaan kulit dan menimbulkan iritasi saat disentuh secara langsung, jadi tetap berhati-hati saat menggunakannya. 

    Ulangi proses tersebut sampai penyok benar-benar hilang atau kamu dapat mencoba menggunakan pengering rambut untuk memanaskan permukaan sebelum mengoleskan dry ice. 

    6. Membeli Repairing Kit

    Ketika semua cara di atas masih gagal, kita mungkin bisa membeli kit yang dirancang khusus untuk menghilangkan penyok. Meski lebih mahal dari alat rumah tangga lain, produk sejenis ini memang dirancang khusus sehingga lebih aman dan praktis untuk mereparasi mobil. 

    Bagaimana, dari beberapa solusi di atas mana cara yang pernah kamu coba untuk memperbaiki lecet dan penyok pada bodi mobil? Jadi sebelum membawa mobil ke bengkel, cobalah untuk memperbaikinya sendiri di rumah.

    Perawatan dari rumah aman di kantong. Efisiensi yang dilakukan bisa jadi investasi. Di kala semua mulai memikirkan investasi jangan sampai OLXer Cuma gigit jari. OLXer bisa mencoba Investasi properti.

    Untuk hunting properti dengan mudah di masa pandemi ini kamu bisa mengunjungi KPR BRI Virtual Expo. Event virtual ini berlangsung dari tanggal 26 Januari-26 Maret 2021. Beragam promo yang menarik ditawarkan seperti suku bunga KPR mulai dari 3,76%, program bebas biaya administrasi, provisi dan appraisal, dan berbagai hadiah dengan total senilai Rp 125 juta rupiah. Yuk, kunjungi https://kprbrivirtual.com/ .

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here