Kamis, September 29, 2022
More
    BeritaMengenal Lebih Dekat Cara Kerja Teknologi Hybrid Honda e:HEV

    Mengenal Lebih Dekat Cara Kerja Teknologi Hybrid Honda e:HEV

    Teknologi Honda e:HEV merupakan sistem kerja yang menggerakkan kendaraan secara independen. Motor penggerak dan mesin bisa bekerja sama menghasilkan efisiensi.

    TANGERANG – Hadir sebagai peserta pameran otomotif GIIAS 2022, PT Honda Prospect Motor (HPM) tidak latah pamer teknologi mobil listrik. Honda lebih memilih untuk memperkenalkan dua model e:HEV (hybrid), yakni Honda CR-V Hybrid dan Honda Accord Hybrid.

    e:HEV adalah teknologi hybrid terbaru dari Honda yang diklaim sangat ramah lingkungan dan juga menawarkan performa maksimal mulai kecepatan rendah, menengah hingga kecepatan tertinggi. 

    Kedua model tersebut menjadi bagian dari inisiatif e:Technology Honda menuju rencana elektrifikasi di masa depan. 

    Simbol “e:” bisa diartikan sebagai “energy” dan “elektrifikasi” yang membawa semangat (energize) dan membuat hidup manusia lebih bahagia.

    “Sistem e:HEV yang dimiliki Honda saat ini memiliki teknologi terdepan yang sangat efisien untuk mengurangi karbon, menghemat penggunaan energi, namun tetap menyenangkan untuk dikendarai,” ujar Yusak Billy, Sales Marketing & Business Innovation Director PT Honda Prospect Motor, Kamis (11/8/2022) di GIIAS 2022.

    Teknologi Hybrid Honda atau e:HEV ini jadi pendorong utama yang digunakan Honda saat ini untuk mencapai visi elektrifikasinya.

    Baca Juga: Honda: “Teknologi Hybrid, Jembatan Transisi Menuju Full Elektrifikasi”

    Sistem Kerja Teknologi Hybrid Honda e:HEV

    Model e:HEV

    Lalu seperti apa sistem kerja di teknologi hybrid di mobil Honda ini?

    Dijelaskan bahwa teknologi e:HEV merupakan sistem kerja yang menggerakkan kendaraan secara independen. Artinya motor penggerak dan mesin bisa bekerja bersama-sama untuk menghasilkan efisiensi di berbagai situasi.

    Ada empat komponen utama dalam sistem e:HEV, yaitu Atkinson Cycle Engine, Electronic CVT (e-CVT), Intelligent Power Unit, dan Power Control Unit. 

    Atkinson Cycle Engine merupakan mesin Direct Injection, 4-cylinders DOHC i-VTEC yang menggunakan bahan bakar bensin.

    Di sistem hybrid Honda ini, fungsi mesin ini mensuplai tenaga ke motor generator untuk menghasilkan daya listrik yang nantinya dibutuhkan untuk menggerakkan motor drive, memberikan tenaga langsung ke roda saat berkendara di kecepatan tinggi, dan mengisi daya baterai.

    Putaran mesin tersebut kemudian diteruskan oleh motor generator yang berada di dalam e-CVT untuk menghasilkan daya listrik dengan efisiensi tinggi dan mengisi daya baterai. 

    Sementara motor drive di dalam e-CVT berfungsi menyalurkan putaran ke roda dengan tenaga dan traksi yang tinggi, serta menghasilkan daya listrik saat deselerasi.

    Kinerja motor di e-CVT akan dikontrol oleh Power Control Unit yang juga sekaligus berfungsi untuk mengontrol kebutuhan listrik antara baterai dan motor. 

    Daya listrik tersebut disimpan dalam Intelligent Power Unit atau baterai (Lithium Ion Battery) berkapasitas tinggi berkapasitas 300V.

    Tiga Mode Berkendara di Mobil Hybrid Honda

    Mobil Honda dengan teknologi hybrid e:HEV punya tiga mode berkendara. Ketiganya akan bergantian secara otomatis menyesuaikan kondisi berkendara dan beban mesin. 

    Kondisi berkendara normal dengan beban mesin rendah, mode EV akan bekerja. Di mode ini hanya tenaga dari baterai saja yang akan diserap oleh motor tanpa menggunakan tenaga yang dihasilkan dari sistem pembakaran bensin. 

    Ketika akselerasi meningkat dan motor bekerja lebih berat, mode berkendara otomatis akan berpindah ke mode Hybrid, dimana mesin dan baterai bekerja bersamaan untuk menghasilkan keseimbangan antara tenaga dan efisiensi bahan bakar. 

    Nanti ketika mobil dipacu dalam kecepatan tinggi, baru mode Engine Drive yang bekerja. Tenaga dari mesin secara penuh yang menggerakan roda untuk menghasilkan dorongan tenaga lebih besar dan secara bersamaan mengisi daya baterai. 

    “Sistem e:HEV akan sangat mudah diterima oleh konsumen karena tidak terdapat banyak perbedaan baik dari cara berkendara maupun perawatan kendaraannya. Meskipun demikian, sistem hybrid sudah dapat secara signifikan memberikan kontribusi terhadap efisiensi bahan bakar dan emisi yang lebih ramah lingkungan,” ujar Muhammad Zuhdi, Service Technical & Warranty Senior Manager PT Honda Prospect Motor. 

    Kurang lebih sesederhana itu penjelasan cara kerja teknologi e:HEV yang sekarang dipakai di Honda CR-V Hybrid dan Honda Accord Hybrid. 

    Buat yang penasaran dan mau tau lebih banyak lagi tentang teknologi ramah lingkungan terbaru dari Honda ini, bisa mencobanya langsung di area test drive GIIAS 2022. Disana ada unit test drive Honda CR-V Hybrid yang tersedia untuk dicoba langsung.

    OLX Autos Hadir di GIIAS 2022

    OLX Autos melanjutkan perjalanannya di Indonesia dengan kembali bekerja sama dengan GAIKINDO menjadi official trade in partner pada event GIIAS 2022. 

    Upaya ini merupakan bentuk komitmen OLX Autos untuk memperkuat industri otomotif, dengan mempermudah calon pembeli mobil baru mendapatkan mobil idamannya dengan cara menjual mobil lamanya. 

    Selama gelaran GIIAS 2022 yang berlangsung pada 11-21 Agustus 2022, OLX Autos menghadirkan OLX Autos Spot yang hadir di beberapa titik, yakni di OLX Autos Spot di Hall 9, OLX Autos Information Booth di Hall 1, Hall 3A, Hall 5, dan Hall 10, serta Inspection Center di Area Parkir Hall 10 untuk bisa memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan.

    Jual mobil lamamu di OLX Autos GIIAS 2022 sekarang dan dapatkan penawaran harga terbaik dari hasil pengecekan secara menyeluruh.

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here