Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    TipsTeliti Keaslian Spare Part Mobkas, Jangan Sampai Rugi Banyak

    Teliti Keaslian Spare Part Mobkas, Jangan Sampai Rugi Banyak

    Masalah yang kerap muncul saat melakukan deal pembelian mobil bekas adalah soal suku cadang. Tidak sedikit ada oknum penjual yang mencoba main ganti spare part asli mobil dagangannya dengan yang palsu dan harganya lebih murah. 

    Tujuannya demi keuntungan pribadi yang lebih besar lagi, karena spare part asli mobil tersebut tentu bisa dijual terpisah dengan harga cukup lumayan. 

    Sudah pasti hal ini memberi kerugian tak terhingga kepada konsumen pembeli mobil bekas dari oknum tersebut. Karena bisa saja menimbulkan bahaya yang ujung-ujungnya mengancam nyawa konsumen pembeli mobil tersebut.

    Jika dilihat sekilas, suku candang non orisinil akan nampak mirip dengan produk aslinya. Tapi saat dipasang, barulah akan terlihat jelas perbedaannya. 

    Biasanya ada bagian yang kurang pas serta harus sedikit dimodifikasi atau dipasang dengan cara sedikit dipaksa. Selain membuat waktu pemasangan jadi lebih lama. 

    Apalagi jika bagian tersebut berhubungan dengan sistem keamanan kendaraan seperti pengereman, itu akan membahayakan keselamatan penumpang.

    Rembetan masalahnya bisa mengganggu kinerja spare part lainnya, sehingga jadi tidak maksimal dan kadang umur pakainya tidak lama.

    Cara Mengetahui Spare Part Palsu pada Mobil Bekas

    Agar tidak tertipu, calon konsumen pembeli mobil bekas sebaiknya terlebih dulu memastikan untuk bisa mengenali mana produk spare part yang asli dan mana yang abal-abal.

    Cara termudah melihat keaslian spare part pada kendaraan yang akan dibeli adalah dari harganya. Sayangnya kalau sudah dipasangkan ke mobil tentu sudah tidak akan ketahuan. Mustahil juga untuk menanyakan hal tersebut kepada penjualnya. Karena itu, lakukan beberapa langkah berikut ini!

    Lihat Nomor Serinya

    Setiap bagian kendaraan biasanya memiliki kode atau nomor seri sendiri. Produk asli bisa dipastikan memiliki kode khusus. Gunakan kode tersebut untuk memeriksa keaslian dengan membandingkannya ke katalog resminya. Jika nomor seri terlihat janggal, bisa dipastikan barang tersebut non orisinil.

    Perhatikan Spesifikasi dan Materialnya

    Mengetahui keaslian spare part juga bisa dengan melihat bahan serta spesifikasinya. Informasi tersebut tersedia pada katalog resmi atau situs APM (Agen Pemegang Merek) mobil bekas tersebut.

    Lihat Kerapian Produk

    Suku cadang abal-abal juga bisa diidentifikasi lewat tingkat kerapihan pengerjaan spare part itu sendiri. Produk asli biasanya rapi serta memiliki hasil yang tampak profesional. Sementara barang palsu umumnya kurang rapi dan tampak mencurigakan.

    Nah, itulah beberapa cara membedakan mana onderdil atau spare part asli dan mana yang abal-abal. Jangan ragu bertanya kepada penjual mengenai riwayat penggantian bagian mobil. Meski ada kemungkinan penjual tidak jujur, namun hal tersebut tetap tak boleh sampai lupa ditanyakan. 

    Semoga informasi ini bisa membantu kalian dalam mencari mobil bekas idaman. Dan jangan lupa untuk mencari mobil bekas idaman kalian di OLX. 

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here