Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    TipsTerlihat Sepele, Namun Peran Komponen Ini Sangat Penting Ketika Hujan

    Terlihat Sepele, Namun Peran Komponen Ini Sangat Penting Ketika Hujan

    Saat hujan melanda sudah pasti siapapun pengemudinya akan mengalami keterbatasan pandangan. Karena itu, komponen seperti wiper jadi sangat penting ketika hujan datang.

    Nah, OLXer juga harus tau, karena saat ini sudah memasuki musim penghujan ada baiknya wiper selalu dilakukan diperhatikan.

    Memperhatikan wiper sendiri pada dasarnya sangat mudah, yaitu cukup melakukan penggantian karet wiper setidaknya setahun sekali. Tapi kalau mobil sering terpapar sinar matahari ada baiknya dilakukan paling tidak enam bulan sekali.

    Kenapa harus diganti?

    Sebab, bilah wiper terbuat dari karet, dimana karet akan mengalami getas atau retak-retak, atau berubah bentuk. Apabila karet getas, maka kinerja wiper ketika menyeka air yang menempel di kaca mobil akan tidak sempurna.

    Alhasil, visibilita ke arah depan tetap kabur lantaran masih menempelnya air hujan di kaca jendela.

    Peran wiper juga akan sangat terbantu, jika kaca mobil sering dibersihkan. Pasalnya, jika kaca mobil kotor dan jarang dicuci, bukan tidak mungkin ketika wiper akan kesulitan menyapunya, dan dengan begitu hasilnya justru jadi kurang maksimal.

    Oia, OLXer juga harus tau, selain karet dan kaca mobil yang, gerak wiper juga dapat melambat secara tiba-tiba. Nah, kalau kasus seperti ini biasanya terjadi malah pada sistem motor pada wiper. Baiknya langsung melakukan pengecekan di bengkel terdekat. 

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here