Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    MobilMobil BekasTernyata Begini Wujud Bus Tayo ‘Tangerang Ayo’

    Ternyata Begini Wujud Bus Tayo ‘Tangerang Ayo’

    Tayo, begitulah sebutan untuk bus kecil imut yang jadi salah tokoh kartun favorit anak-anak saat menonton tayangan televisi. Kemunculan tokoh Tayo the little bus ini juga sangat familiar oleh sejumlah orang tua, terlebih karena lagunya juga mudah diingat.

    Namun ternyata bus Tayo itu wujud aslinya ada di Indonesia. Ya, Tayo ternyata singkatan dari ‘Tangerang Ayo’, dimana bus ini bagian dari Bus Rapid Transit (BRT) yang sengaja dipesan Pemerintah Provinsi Tangerang dari PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) kemudian dirakit karoseri dari PT Karyatugas Paramitra.

    Menurut Direktur Penjualan dan Promosi PT (HMSI) Santiko Wardoyo, bus Tayo ini hasil permintaan langsung Walikota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah dengan jumlah yang tidak terlalu banyak.

    “Bus ini kalau tidak salah ada sekitar 20 unit, Tayo hanya untuk di Tangerang saja,” ungkap Santiko saat ditemui beberapa waktu lalu di ajang Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020.

    Bus Tayo ini menggunakan sasis Hino FB 130 yang diracik sedemikian rupa sehingga dibuat 27 kursi dan para penumpang dari posisi kanan dan kiri saling berhadapan, serta ada juga penumpang yang berdiri di bagian tengah.

    Agar tampil senada dengan warna bodi, bagian jeroan kabin mobil ini juga dibalut dengan jok semi kulit biru, demikian juga dengan lampu di dalamnya.

    Tak hanya itu, bus ini juga memiliki beberapa fitur, mulai dari layar LCD untuk iklan, CCTV, running teks rute bus, serta pintu elektrik yang dikendalikan sopir sehingga bisa buka tutup.

    Untuk jantung, Hino FB130 ini sudah menggunakan mesin diesel 4 stroke in line W04D-TN 4 berkapasitas 4.009 cc yang mampu menghasilkan daya hingga 128 Tk pada 2.500 rpm dan torsi 37 Kgm pada 1.800 rpm.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here