Minggu, Agustus 14, 2022
More
    MotorTernyata Ini Penyebab Inden Motor Honda Jadi Lama

    Ternyata Ini Penyebab Inden Motor Honda Jadi Lama

    PT Astra Honda Motor jadi salah satu pabrik motor Honda terbesar di dunia. Tidak hanya dijual secara domestik, motor Honda made in Indonesia juga diimpor ke sejumlah negara.

    Hanya saja, Executive Vice President Director PT AHM Johannes Loman mengatakan saat ini Honda mengalami tantangan, yaitu selain pandemi-Covid 19, ada juga perang Rusia Ukraina

    “Tantangannya harga material meningkat, mengakibatkan pasokan lebih lambat. Meski tidak secara langsung pengaruh ke bisnis kita. Ini mengakibatkan inflasi,” ungkap Loman saat acara virtual bersama awak media, Senin (25/4/2022).

    Salah satu pasokan yang jadi terhambat akibat kendala global ini yaitu, berdampak pada suplai  pasokan chip semikonduktor.

    Ya, chip semikonduktor sempat jadi kendala saat pandemi Covid-19 sejumlah perusahaan yang memanfaatkan perangkat elektronik.

    Produksi Honda Turun 5 Persen

    Akibat dampak Perang Ukraina yang menyebabkan chip semikonduktor jadi langka, hal tersebut pun membuat penjualan sepeda motor Honda di kuartal pertama yaitu turun 5 persen atau 951 ribu unit dibandingkan periode sama tahun 2021.

    Nah, dampak ini juga membuat beberapa konsumen yang ingin membeli sepeda motor Honda membutuhkan inden lama tak seperti biasanya.

    Bahkan menurut Direktur Marketing PT AHM, Thomas Wijaya, beberapa tipe motor Honda seperti matik harus menunggu kurang lebih satu bulan. Sedangkan model high end tidak termasuk

    “Kami alami kekurangan, dan mohon maaf untuk seluruh konsumen, yang butuh waktu menunggu, apalagi jelang Idul Fitri,” ujar Thomas.

    Jika tak ada aral melintang, Honda berjanji akan melakukan berbagai usaha untuk segera recovery pasca lebaran atau sekitar bulan Juni-Juli.

    Langkah ini dilakukan agar dapat memenuhi kepemilikan sepeda motor untuk masyarakat yang sudah menunggu sekitar 1-2 bulan. Sebelumnya disebutkan, sepeda motor Honda suda mengalami kenaikan di Januari-Maret.

    “Harapannya kondisi pasar naik di angka 5,4 persen. Meski tadi kami turun 5 persen. Mudah-mudahan recovery dan penuhi 4,2 juta tahun ini,” ucap Thomas.

    OLXers mau cari mobil bekas berkualitas bisa lihat di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here