Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    TipsBerkendara Di Tengah Ancaman Virus Corona? Lakukan Hal Ini!

    Berkendara Di Tengah Ancaman Virus Corona? Lakukan Hal Ini!

    Semua orang saat ini diteror dengan pandemi bernama Virus Corona. Banyak yang takut keluar rumah atau melakukan aktivitas sehari-hari dan memilih untuk berdiam di rumah menghindari kontak dengan orang banyak atau social distancing. 

    Bahkan Pemerintah sendiri sudah mengimbau semua pihak, baik instansi pemerintah maupun perusahaan swasta agar menyerukan karyawannya bekerja dari rumah alias work from home (WFH). 

    Tapi tentu tidak semua orang bisa berkesempatan melakukan hal ini. Masih banyak orang di kota-kota besar, khususnya di Jakarta yang harus ke kantor atau ke tempat tujuan kerja masing-masing. Dengan catatan kalau bisa menghindari penggunaan kendaraan umum demi meminimalisir kontak fisik dengan banyak orang.

    Pilihannya terpaksa harus berkendara dengan kendaraan pribadi. Tapi bepergian menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil juga bukan berarti OLXers bakal terhindar dari ancaman terjangkit virus Covid-19 loh. 

    Untuk langkah pencegahan yang terbaik adalah dengan menerapkan hidup sehat dan menjaga kebersihan.

    Dimulai dari menjaga kondisi tubuh tetap sehat, karena virus ini mudah menyerang orang saat kondisi imunitas tubuh lemah. Jaga pola makan dan minum air yang banyak, serta rajin mengkonsumsi multivitamin atau suplemen. Satu hal tak kalah penting, istirahat yang cukup.

    Berikutnya adalah selalu biasakan cuci tangan secara teratur dan sesering mungkin dengan sabun antiseptik atau bahan mengandung alkohol sehingga mampu membunuh virus yang mungkin ada di tangan.

    Jaga jarak dengan orang yang sedang batuk atau bersin minimal 1 meter, dan jangan menyentuh mata, hidung, dan mulut terlalu sering karena tangan pasti menyentuh banyak permukaan yang kemungkinan ada virus yang menempel. Tujuannya agar virus yang mungkin menempel di tangan tidak masuk ke tubuh melalui mata, hidung, dan mulut. 

    Terakhir adalah adab saat bersin atau batuk. Pastikan ketika OLXers saat batuk atau bersin selalu menutup mulut dan hidung dengan siku tangan yang ditekuk.

    Tips Hindari Virus Corona Saat Berkendara

    Jika OLXers terpaksa harus beraktivitas di luar rumah dan mau tidak mau harus nyetir mobil. Tindakan pencegahan juga perlu dilakukan. Yang perlu diperhatikan adalah menjaga kebersihan bagian interior mobil. Ada beberapa jurus yang bisa dilakukan untuk hal ini. 

    Bawa hand sanitizer di dalam mobil

    Berada di dalam kendaraan berarti OLXers susah untuk mencuci tangan. Inilah gunanya hand sanitizer kalian bawa. Gunakan sebelum dan sesudah OLXers berkendara. Kalau mau praktis, pilihlah yang ukuran kemasannya kecil dan mudah dibawa. 

    Selalu gunakan masker 

    Jangan lupa untuk menggunakan masker saat berkendara saat merasakan gejala-gejala seperti demam, pilek, dan batuk. Hal ini sangat dianjurkan mengingat kabin mobil merupakan area tertutup dengan sistem sirkulasi AC yang juga hanya berputar di dalam mobil.

    Rutin menjaga kebersihan mobil

    Saat ada kesempatan berada di rumah, pikirkan untuk mencuci mobil dan membersihkan interior. Gunakan produk khusus pembersih interior yang bisa OLXers temui di toko aksesoris mobil dan marketplace. Lakukan secara rutin agar tidak ada kuman atau bakteri yang bersarang di kabin mobil. Apalagi sekarang hujan masih terus terjadi di beberapa wilayah termasuk Jakarta. Jadi sekalian aja bikin eksterior dan interior mobil tetap bersih. 

    Semprot (fogging) anti bakteri

    Untuk lebih memastikan interior mobil bersih dan bebas dari virus, tidak ada salahnya kalian rajin menyemprotkan anti bakteri ke seluruh penjuru kabin. Sama dengan produk pembersih interior, produk anti bakteri juga banyak tersedia di pasaran. Lakukan setiap hari sebelum berkendara.

    Cara lebih ekstrim bisa juga dilakukan, dengan melakukan fogging dengan kondisi AC menyala, agar sirkulasi di dalam kabin terjaga.

    Manfaatkan Layanan Mitsubishi Bersihkan Interior dari Bakteri dan Jamur

    Jika OLXers mau cara yang lebih praktis, bisa dengan menggunakan pembersih khusus anti bakteri dan juga jamur yang tersedia di bengkel resmi Mitsubishi Motors.

    Ada dua pilihan, pertama Evaporator Cleaner dan kedua Antibacterial Air Freshener. 

    Evaporator Cleaner untuk membersihkan bagian evaporator kendaraan sehingga menjaga kebersihan udara yang keluar dari AC. Sementara Antibacterial Air Freshener digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap di dalam kabin. 

    Layanan perawatan kabin ini tersedia di bengkel resmi Mitsubishi di Indonesia yang dkhususkan bagi setiap pemilik kendaraan Mitsubishi Motors. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap 6 bulan sekali.

    Aplikasi dari Antibacterial Air Freshener juga bisa dilakukan sendiri di rumah. Caranya cukup mudah, pastikan semua jendela dan pintu tertutup rapat serta mesin mobil dalam keadaan tidak menyala. Kemudian lipat sandaran kursi depan dan dorong kursi hingga ke posisi paling maju.

    Kocok terlebih dahulu produk Antibacterial Air Freshener ini dan letakkan di lantai baris kedua, lalu tekan hingga cairan keluar dan segera tutup pintu mobil. Tunggu selama 5 menit sampai cairan habis dan tunggu 5 menit lagi agar semua formula dari cairan tersebut menyebar ke seluruh ruangan kabin. Setelah itu buka pintu dan jendela lalu tunggu selama 5 menit lagi. 

    Semoga info ini sangat berguan bagi OLXers, khususnya pemilik mobil Mitsubishi Xpander, Pajero Sport, Xpander Cross, maupun Eclipse Cross. Tapi langkah yang paling baik adalah tetap mengurangi aktivitas di luar rumah dan menjaga kondisi tubuh agar terus sehat. (Z)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here