Kamis, April 25, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriTerpaksa Diluar Rumah Saat PSBB, Lakukan 7 Hal Ini!

    Terpaksa Diluar Rumah Saat PSBB, Lakukan 7 Hal Ini!

    Aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar alias PSBB memaksa semua orang harus stay di rumah, tidak kemana-mana agar rantai penyebaran virus COVID-19 bisa terputus sesegera mungkin.

    Memang terkesan menyiksa namun inilah yang terbaik yang bisa kita lakukan bersama agar Indonesia terbebas dari ancaman coronavirus.

    Tapi tentu ada saat dimana OLXers terpaksa harus keluar rumah karena sebuah urusan darurat. Contohnya pergi ke supermarket atau minimarket untuk belanja kebutuhan pokok yang stok-nya mungkin sudah menipis.

    Kalau sudah dihadapkan pada kondisi begini, mau gak mau OLXers memang harus keluar rumah. Meski demikian, OLXers juga tetap bisa memaksimalkan kewaspadaan diri agar tidak terpapar virus. 

    Pada intinya, sebisa mungkin jika berada diluar rumah, sebisa mungkin hindari kerumunan dan bersentuhan dengan orang atau benda umum. 

    Dan jika bepergian dengan menggunakan mobil, sebelum mesin dihidupkan, pikirkan lagi kepentingan untuk keluar rumah. Siapkan daftar yang harus dilakukan atau yang harus dibeli agar tidak perlu lama-lama. Dan jangan lupa lebih utamakan melakukan pembayaran dengan kartu debit dan kredit dibandingkan uang tunai. 

    OLXers harus terapkan 7 tips berikut agar tetap sehat saat berkendara:

    1. Pastikan menggunakan masker, membawa hand sanitizer, kertas tissue basah dan kering. Juga desinfektan serta lap mobil bersih. Kantung belanja dan kantong plastik juga perlu disiapkan.
    2. Kalau terpaksa harus membuka pintu atau teralis di tempat umum, jangan ragu gunakan siku atau alat bantu. Jangan lupa bungkus jari dengan kertas tissue bila perlu, gunakan sekali lalu buang pada tempatnya. Atau tidak ada salahnya jika harus menggunakan sarung tangan karet.
    3. Lakukan tugas sesegera mungkin dan kembali ke rumah. Jika tidak sempat mencuci tangan selama di luar, jangan sentuh wajah sampai tiba di rumah. Selalu ingat menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19.
    4. Perhatikan dan lakukan PSBB. Batasi jumlah orang dalam satu kendaraan. Pastikan supir juga menggunakan masker bila menggunakan jasa transportasi online. Kosongkan bangku samping pengemudi, dan mintalah jendela pintu pengemudi dibuka sedikit. Penumpang kedua duduk dideret belakang.
    5. Sesaat setelah tiba di rumah, semprotkan desinfektan pada lap, baru dibalurkan untuk area yang memiliki kemungkinan tinggi di sentuh orang lain seperti pegangan pintu, jok mobil dan dashboard. 
    6. Bila OLXers harus #bekerjadarirumah, pastikan mobil dalam keadaan bersih dan siap digunakan jika terjadi sesuatu yang darurat. Panaskan mesin setiap hari selama 15 menit, buka semua kaca jendela mobil lalu hidupkan AC internal full blower. Kemudian tutup kembali kaca jendela. Matikan mesin. 
    7. Jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan kendaraan. Pastikan apakah sudah saatnya ganti oli atau pemeriksaan berkala accu dan ban. Jika semua aman, upayakan untuk cabut kutub positif accu bila berpikiran untuk tidak menggunakan kendaraan selama lebih dari dua minggu.

    Ayo kita perangi Corona bersama-sama dengan tetap patuh pada aturan PSBB dan jangan lupa juga untuk membantu para petugas medis dalam memerangi COVID-19, caranya bisa klik disini! (Z)

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait