Rabu, Januari 19, 2022
More
    BeritaTesla Cyberquad, ATV Listrik Khusus Bocah

    Tesla Cyberquad, ATV Listrik Khusus Bocah

    Perusahaan otomotif Tesla, baru-baru ini telah meluncurkan kendaraan bermotor terbaru bertenaga listrik yang disebut Cyberquad.

    Hanya saja, Tesla Cyberquad ini bukanlah mobil listrik bergaya sedan, SUV atau truk, melainkan mirip sebuah All The Rain Vehicle atau ATV

    Belum sampai disitu, Cyberquad yang dapat digunakan untuk berbagai medan memiliki bentuk futuristik, dan ternyata desainnya terinspirasi dari pickup Tesla Cybertruck.

    Dilansir situs Tesla, Cyberquad ini sangat cocok dikendarai untuk anak-anak minimal usia 8 tahun, dengan berat hingga 150 pon atau sekitar 68 kg.

    Tesla Cyberquad tersinspirasi dari pickup double cabin yang akan diluncurkan pada tahun 2022. (Carscoops)

    Tesla Cyberquad sudah disebutkan menggunakan rangka baja yang kuat, dengan ukuran dimensi panjang 1193 mm, lebar 660 mm dan tinggi 685 mm.

    Pada bagian luar, ATV ini juga sudah menggunakan lampu LED, dengan kursi yang disebut empuk, kemudian suspensi yang dapat disesuaikan, serta sistem pengereman menggunakan rem cakram.

    Untuk jantung pacu, ATV ini sudah mengusung baterai lithium-ion berdaya 36V 228Wh. Dengan baterai ini maka setiap pengisian daya baterai jika kosong, maka untuk mengisinya dari 0 sampai penuh memerlukan waktu hingga 5 jam.

    Tesla Cyberquad memiliki mode mundur dengan kecepatan sampai 8 km per jam. (Tesla)

    Dengan baterai ini pula, kecepatan tertinggi Cyberquad dapat melaju sekitar 10 mph atau  8 km per jam sampai 10 mph atau 16 km per jam. Untuk mundur, Cyberquad juga memiliki mode mundur dengan kecepatan sampai 8 km per jam.

    Nah, menyoal harga Cyberquad, ternyata Tesla menjualnya dengan banderol sekitar US$ 1.900 atau sekitar Rp 27 juta. Artinya, meski hanya untuk bocah, namun Chyberquad ini harganya sama seperti sepeda motor dewasa.

    Ehm bagaimana menurut OLXer tertarik dengan ATV listrik ini? Disebutkan, meski harganya mirip sepeda motor ATP pada umumnya, namun kemungkinan produk ini akan tetap laris dan penjualan-nya akan laris manis pada Natal dan tahun baru 2022.

    Tesla Cybertruck

    Tesla Cybertruck
    Tesla Cybertruck. (Tesla)

    Peluncuran Tesla Cyberquad ini seperti disebutkan di atas memang mirip dengan Tesla Cybertruck. Maklum, ATV listrik ini memang awalnya akan diluncurkan bersamaan dengan Cybertruck.

    Hanya saja, Tesla memundurkan jadwal peluncuran Cybertruck dengan model pikap double cabin hingga 2022 mendatang.

    Ya, kemunculan mobil yang mirip kendaraan misi luar angkasa ternyata cukup menyita perhatian, tak terkecuali di Indonesia.

    Di Indonesia sendiri, Tesla Cybertruck akan ditawarkan melalui importir umum sekelas Prestige Image Motorcars.

    Bahkan menurut Presiden Direktur Prestige Image Motorcars Rudy Salim, Tesla Cybertruk yang akan diluncurkan di Indonesia melalui Prestige Image Motorcars pada 2022 saat ini sudah banyak yang antri ingin membeli.

    “Udah ada yang minat, tapi belum jualan, karena belum pesan. Yang minat banyak yang taruh nama. Belum pembelian ya, tapi kalau datang harganya tau, kalau cocok dibeli, ada sekitar 20 (orang yang pesan),” ungkap Rudy saat ditemui di dealer Prestige Image Motorcars, Pluit, Jakarta, beberapa waktu lalu.

    Baca juga  Daftar Mobil Terlaris Sepanjang Tahun 2021, Toyota Avanza Paling Puncak

    Cybertruck

    Sekadar informasi, Tesla Cybertruck ini hadir dengan tiga varia powertrain dimana perbedaanya terdapat pada penerapan motor listrik.

    Untuk varian pertama, hadir dengan  motor tunggal, versi penggerak roda belakang yang dapat berakselerasi 0-100 km per jam jam hanya dalam 6.5 detik, dengan baterai yang mampu membawa truk ini sampai 402 km. Mobil juga dapat menarik bobot 3.400 kg dan memiliki muatan 1.360 kg.

    Varian kedua berupa dual-motor mid-range dengan sistem all-wheel drive, yang mampu melesat dari 0-100 km per jam hanya dalam 4.5 detik, dengan kemampuan untuk menarik bobot lebih dari 4.500 kg.

    Ketiga, Tesla Cybertruck telah menggunakan 3 motor EV ‘Plaid’ yang diklaim mampu berakselerasi dari 0-100 km per jam hanya dalam waktu 2.9 detik, mampu menempuh 804 km dalam satu kali pengecasan, dan dapat menarik bobot hingga 6.350 kg.

    Menyoal harga, varian termurah dibanderol US$ 39.000, varian kedua (midrange) US$ 49.000 dan model tertinggi (triple motor range) dijual US$ 69.000.

    Mau jual mobil lama? yuk lakukan di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here