Senin, Februari 6, 2023
Lainnya
    MobilKijang Dulu Bukan Kijang Sekarang, Innova Zenix Mewah tapi Gak Cengeng!

    Kijang Dulu Bukan Kijang Sekarang, Innova Zenix Mewah tapi Gak Cengeng!

    Kijang Innova Zenix mempertunjukkan karakter sebenarnya sebagai mobil yang memang gak ‘cengeng’, walaupun sekarang sudah berevolusi menjadi mobil MPV yang mengadopsi keunggulan mobil SUV.

    JAKARTAToyota Kijang mengalami perubahan yang revolusioner di edisi generasi ke-7 yang meluncur bulan lalu di Jakarta.

    Tercatat ada 3 perubahan besar yang terjadi di Kijang yang kini disematkan tambahan nama Zenix dibelakangnya.

    Apa saja 3 perubahan besar itu? 

    Yang pertama dari sasis, untuk pertama kalinya Toyota menggunakan sasis monokok dengan platform TNGA: GA-C di Kijang Innova Zenix setelah dari generasi awal sampai yang keenam bertahan dengan sasis ladder frame.

    Kemudian perubahan kedua adalah sistem penggerak dari sebelumnya menggunakan sistem penggerak roda belakang, sekarang jadi mobil penggerak roda depan.

    Dan yang ketiga adalah Kijang Innova Zenix juga hadir dalam teknologi elektrifikasi dimana sudah ada varian hybrid melalui All New Kijang Innova Zenix tipe Q Hybrid Modellista, yang sekaligus menjadi kasta tertinggi dari Toyota Kijang saat ini.

    Hadirnya Innova Zenix Hybrid membuat Toyota di Indonesia harus rela mengorbankan varian diesel yang sebenarnya masih banyak diminati konsumen.

    Lalu bagaimana sekarang rasanya mengendarai Kijang Innova baru? Kesempatan itu didapat oleh News.OLX saat diundang PT. Toyota Astra Motor (TAM) di acara Journalist Test Drive Innova Zenix yang menempuh jarak sekitar 500 kilometer dari Yogyakarta – Semarang – Jakarta, 20 – 21 Desember 2022 lalu.

    Kijang Innova Zenix Sekarang Jadi MPV Mewah

    Terbang dari Jakarta menuju Jawa Tengah melalui bandara Yogyakarta International Airport di Kulon Progo, rombongan media yang diundang untuk menjajal langsung Innova Zenix masih harus melakukan perjalanan dengan Hi-Ace selama 1,5 jam menuju sebuah restoran di daerah Yogyakarta yang menjadi titik start perjalanan menggunakan Innova Zenix.

    Di restoran ini juga rombongan media batch dua bertemu dengan rombongan media batch pertama yang sehari lebih dulu melakukan test drive Innova Zenix dari Jakarta menuju Semarang.

    Setelah makan siang, perjalanan mengeksplore segala keunggulan yang dimiliki oleh Innova Zenix pun dimulai.

    News.OLX yang tergabung di grup 7 bersama 3 orang perwakilan media lainnya mendapat kesempatan untuk menjajal All New Kijang Innova Zenix tipe V Gasoline.

    Meski tidak langsung duduk di belakang kemudi, pengalaman menjadi penumpang baris kedua di mobil legenda ini sungguh menyenangkan.

    Sangat nyaman berkat segala kemewahan yang dihadirkan di sektor interiornya.

    Rear Seat Entertainment di baris kedua Kijang Innova Zenix Hybrid

    Mulai dari penempatan RSE (Rear Seat Entertainment) berupa layar ukuran 10 inchi terkoneksi internet sehingga News.OLX bisa mengakses Youtube maupun Netflix sambil duduk santai di baris kedua.

    Hebatnya lagi, karena Toyota membekali RSE ini tidak hanya satu, melainkan dua, kanan dan kiri. Itupun keduanya tidak mirorring satu sama lain, tapi bisa disesuaikan dengan keinginan masing-masing penumpang, keren!

    Secara umum, kabin All New Kijang Innova Zenix tipe V Gasoline didominasi nuansa two tone color, coklat dan hitam. Paduan dua warna ini hadir di area dasbor, door trim, hingga sarung jok yang menggunakan bahan fabric.

    Untuk detail kenyamanan lainnya tetap dipikirkan oleh Toyota seperti adanya USB type C untuk melakukan pengisian daya smartphone, pengaturan AC penumpang baris kedua, hingga sandaran tangan di tengah-tengah jok baris kedua yang saat diturunkan juga bisa digunakan untuk menyimpan minuman.

    News.OLX cukup lama merasakan nikmatnya jadi penumpang baris kedua Kijang Innova Zenix V Gasoline yang dibanderol seharga Rp467 juta ini.

    Baru saat tiba di titik pemberhentian terakhir menuju Hotel Padma Semarang, News.OLX berkesempatan duduk di belakang kemudi.

    Di tengah dasbor sudah dilengkapi dengan head unit berdimensi 10 inchi yang bisa dikoneksikan dengan smartphone, baik itu Android Auto dan Apple Carplay. 

    Diposisikan vertikal, konsol tengah di bagian depan ini seolah menyatu mulai dari head unit, konsol pengaturan AC hingga tuas transmisi. Ini terlihat sangat mewah dan futuristik. 

    Menguji Keunggulan Performa Kijang Innova Zenix V Gasoline di Jalur Tanjakan Kopeng

    Test Drive Kijang Innova Zenix

    Meskipun Kijang kini sudah terkesan sangat mewah dan nyaman, tapi tetap untuk urusan tangguhnya tidak pernah lepas.

    Rute yang dipilih dalam pengujian Toyota Kijang generasi ke-7 ini memang terbilang cukup sempurna untuk membuktikan bagaimana dari dulu orang sangat percaya dengan mobil ini.

    Destinasi awal dari acara test drive kali ini adalah dari Kota Yogyakarta menuju Gunung Merbabu, tepatnya di kawasan wisata Kopeng, Bedono, Jawa Tengah.

    Berada di atas ketinggian sekitar 1.500 meter dari permukaan laut, jalur yang tersaji rata-rata berkarakter menanjak dan berkelok-kelok. 

    Disinilah Zenix mempertunjukkan karakter sebenarnya sebagai mobil yang memang gak ‘cengeng’, walaupun sekarang sudah berevolusi menjadi mobil MPV yang mengadopsi keunggulan mobil SUV.

    Tanjakan demi tanjakan berhasil dilibas dengan sangat mudah, tidak ada tanda-tanda mobil ngos-ngosan dengan mesin meraung-raung, tetap senyap dan halus 

    All New Toyota Kijang Innova Zenix tipe V Gasoline memang sudah dipersenjatai dengan mesin baru, yakni M20A-FKS 4 cylinders, in-line 16-Valve DOHC, chain drive Dual VVT-i kapasitas 1.987 cc.

    Test Drive Kijang Innova Zenix

    Tenaga puncak yang ditawarkan di atas kertas mencapai 174 Hp di putaran mesin 6600 rpm dengan torsi 20,9 di putaran mesin 4500-4900 rpm.

    Dengan catatan ini, jelas untuk urusan nanjak bagi Innova Zenix bukan sebuah persoalan besar. 

    Sedangkan di sektor kaki-kakinya, Zenix sudah menggunakan shockbreaker MacPherson Strut di depan dan Torsion Beam bagian belakang yang keduanya juga sudah pakai stabilizer.

    Efeknya, saat melewati jalur berkelok yang cukup lumayan patah sama sekali tidak ada gejala limbung atau ngebuang, khususnya bagi News.OLX yang sedang duduk di baris kedua.

    Begitu juga saat melintasi jalur yang tidak rata atau saat melindas lobang jalanan, shockbreaker Innova Zenix bekerja cukup baik meredam berbagai benturan. 

    Perpaduan antara platform TNGA (sama dengan yang dipakai di Toyota Voxy), sasis monokok dengan improvement di kaki-kakinya, menjadikan Zenix benar-benar menjanjikan sebuah kenyamanan perjalanan jarak jauh bersama Innova Zenix.

    Kijang Innova Zenix Hybrid, Enteng Melaju di Jalur Bebas Hambatan Semarang – Jakarta

    Test Drive Kijang Innova Zenix

    Setelah melepas penat di salah satu kamar hotel terbaik di Kota Semarang, tantangan hari kedua Journalist Test Drive Innova Zenix semakin menantang. 

    Kali ini News.OLX berkesempatan duduk di belakang kemudi All New Kijang Innova Zenix tipe Q Hybrid Modellista.

    Secara kasta, inilah tipe Innova Zenix tertinggi dengan banderol Rp611 juta.

    Dan sebagai tipe tertinggi sekaligus dengan banderol termahal, Innova Zenix tipe Q Hybrid Modellista ini jelas menghadirkan semua keistimewaan yang tidak terdapat di tipe dan varian lainnya.

    Dengan mesin hybrid generasi yang paling gress ini, Zenix Hybrid sanggup menggelontorkan tenaga hingga 152 ps di putaran mesin 6.000 rpm serta menghasilkan torsi maksimal 19,1 Kgm di 5.000 rpm. 

    Sedangkan pada motor listriknya menghasilkan power 113 ps dengan torsi 21 Kgm.

    Kebayang kan bagaimana dua sumber penggerak ini berkolaborasi membawa kami melaju di jalur bebas hambatan dari Semarang menuju Jakarta.

    Tenaganya begitu enteng dan responsif di setiap pijakan pedal gas. Untuk mencapai speed rata-rata 180 kpj begitu mudah dan rasanya masih sangat mungkin untuk menembus hingga kecepatan diatas 200 kpj.

    Apalagi besarnya tenaga yang ditawarkan oleh mobil hybrid Toyota ini disalurkan lewat transmisi CVT 10 percepatan, membuat proses perpindahan transmisi terasa sangat halus dan nafasnya panjang.

    Hanya saja mengingat faktor keselamatan, News.OLX ogah untuk menuruti nafsu ngebejek tenaga Zenix Hybrid.

    Jadi ‘Bos Besar’ di Baris Kedua, Rebahan Sambil Nonton Netflix

    Setelah puas mengeksplore performa dari Kijang Innova Zenix Hybrid, usai istirahat dan makan siang di Cirebon, perjalanan kembali dilanjut menuju Jakarta.

    Kali ini News.OLX bergantian dengan media lainnya untuk mengambil alih kemudi.

    Duduk di baris kedua Innova Zenix Hybrid pun jadi sebuah pengalaman tak terlupakan. Disinilah News.OLX bisa merasakan bagaimana nikmatnya bos-bos berduit menikmati investasinya dengan duduk santai dan nyaman di captain seat yang tersedia di Zenix Hybrid tipe tertinggi ini.

    Kenyamanan jok baris kedua Innova baru ini juga dilengkapi dengan penyanggah kaki yang bisa diatur posisinya, sehingga penumpang bisa rebahan dengan sangat nyaman.

    Sama seperti di Innova Zenix tipe V Gasoline, di baris kedua juga tersedia RSE (Rear Seat Entertainment) ukuran 10 inchi dengan internet. 

    Rebahan di bangku baris kedua yang sangat nyaman sambil menonton film-film terbaru di Netflix atau menikmati musik pilihan di saluran Youtube menjadi keunggulan tak terbantahkan di Innova Zenix Hybrid tipe Q Modellista.

    Apalagi ada panoramic sunroof yang menjadikan kabin mobil makin terang  dan juga terkesan lebih lega serta pastinya kesan mewahnya juga dapat.

    Dalam perjalanan panjang kali ini, Kijang Innova Zenix Hybrid memang menawarkan berbagai kenyamanan yang sulit untuk dibantah. Baik itu saat duduk di belakang kemudi, maupun saat menjadi penumpang di baris kedua.

    Wajar sih kalau Toyota Astra Motor membanderolnya seharga Rp611 juta, sudah berteknologi hybrid, nyaman, mewah dan juga fitur safety-nya lengkap. Sangat worth-it jadi mobil harian orang-orang tajir selain Toyota Alphard.

    #PilihYangPasti, Beli Mobil Bekas di OLX Autos

    GASPOOOL AKHIR TAHUN OLX AUTOS

    Bagi masyarakat yang berminat untuk membeli mobil bekas, OLX Autos sebagai platform omnichannel jual beli mobil bekas terbesar di Indonesia menghadirkan program penjualan menarik hingga akhir tahun ini.

    Konsumen bisa dengan mudah membeli mobil bekas berkualitas di OLX Autos dengan memilih skema kredit berupa pembayaran total down payment (TDP) sebesar Rp1 juta atau cicilan hanya Rp1 juta per bulan.

    OLXers bisa memilih dan membeli dari ribuan mobil bekas berkualitas yang dijual di OLX Autos. Apalagi di akhir tahun ini, OLX Autos punya program pembiayaan mobil bekas paling menarik.

    Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai OLX Autos Indonesia, silakan kunjungi
    www.olxautos.co.id atau hubungi 150264.

    Populer
    OLX Autos
    Berita Terkait