Kamis, Desember 8, 2022
More
    BeritaAXCR, Ajang Pembuktian Daya Tahan Triton Racikan Tim Mitsubishi Ralliart

    AXCR, Ajang Pembuktian Daya Tahan Triton Racikan Tim Mitsubishi Ralliart

    Melalui Tim Mitsubishi Ralliart, pabrikan Mitsubishi Motors Corporation menerjunkan dua pereli andalannya yang sudah lulus seleksi dalam kejuaran nasional di masing-masing negaranya. 

    JAKARTA – Ajang reli paling ganas di kawasan Asia yakni Asia Cross Country Rally atau dikenal AXCR akhirnya kembali digelar di negara Thailand dan Kamboja.

    Disebut sebagai reli paling ganas di Asia karena tantangan yang dihadapi oleh seluruh peserta adalah medan yang cukup berat dan sangat menantang, mulai dari hutan, rawa, penyeberangan sungai dan juga gurun dengan menempuh jarak hingga ribuan kilometer.

    Reli AXCR pertama kali digelar di tahun 1996 dan sampai saat ini menjadi ajang reli lintas negara yang mengantongi sertifikat FIA. 

    Ikut di ajang reli dengan rating tinggi tentunya menjadi impian para pereli di Asia termasuk juga pereli asal Indonesia.

    Setidaknya ajang ini bisa menjadi pintu pembuka bagi pereli Asia untuk bisa tampil di ajang reli terbesar dunia, yaitu Paris Dakar.

    Untuk menghadapi AXCR, peserta dituntut untuk mempersiapkan banyak hal, layaknya seperti persiapan untuk mengikuti Paris Dakar meski dalam skala yang lebih kecil. 

    Ini menjadi arena uji keterampilan para pereli bersama navigatornya dalam melibas setiap tantangan medan yang berbeda setiap tahunnya.

    Tidak hanya skill pereli saja yang diuji, tetapi ketahanan mobil juga merupakan salah satu point penting untuk bisa mencapai hasil terbaik, serta kerja tim dalam mendukung pembalap mempersiapkan segala aspek mulai dari kendaraan serta kecepatan dalam perbaikan. 

    AXCR menjadi daya tarik banyak pereli di negara Asia. Karena setiap tahun menawarkan berbagai tantangan medan yang berbeda yang harus ditempuh peserta selama 6 hingga 9 hari mencakup 2.000 km hingga 4.200 km di sebanyak mungkin tempat. 

    Tim Mitsubishi Ralliart Kembali Berlaga di AXCR

    Rifat Sungkar AXCR

    Yang menarik dari pelaksanaan AXCR tahun ini setelah dua tahun tak digelar adalah kembalinya tim Mitsubishi Ralliart.

    Melalui tim ini, pabrikan Mitsubishi Motors Corporation menerjunkan dua pereli andalannya yang sudah lulus seleksi dalam kejuaran nasional di masing-masing negaranya. 

    Kedua pereli tersebut masing-masing adalah Rifat Sungkar sebagai pemenang Indonesian Sprint Rally Championship yang sekaligus merupakan brand ambassador Mitsubishi Motors di Indonesia, dan Chayapon Yotha, juara Thailand Autocross Championship.

    Keduanya mendapat support langsung dari Mitsubishi Motors yang menurunkan dua unit mobil reli Mitsubishi Triton di kategori grup T1 atau sebagai prototipe kendaraan lintas alam. 

    Selain kedua pereli berprestasi tersebut, kekuatan tim Mitsubishi Ralliart juga datang dari Hiroshi Masuoka yang menjadi direktur tim.

    Hiroshi Masuoka merupakan mantan pereli yang pernah menjuarai Reli Dakar sebanyak dua kali. Ia juga menjadi engineer dari Mitsubishi Motors yang  akan menemani tim untuk memberikan dukungan teknis.

    Ujicoba Menghasilkan Improve Menghadapi Reli Sesungguhnya

    Balap AXCR akan dimulai pada penghujung bulan November 2022 mendatang. Sebelum kedua pereli tim Mitsubishi Ralliart ini berlaga, mereka sudah melakukan berbagai ujicoba menggunakan mobil Triton.

    Tes uji ketahanan berlangsung di trek balap off-road Grand Prix Motor Park di Kanchanaburi, di barat Thailand, dari 29 hingga 31 Agustus dengan jarak tes mencapai 1.100 km.

    Berbagai input didapatkan dari hasil ujicoba tersebut. Termasuk masukan untuk mereduksi bobot mobil serta peningkatan karakteristik output dari engine demi mendapatkan tingkat pengendalian maksimal dalam melibas medan jalan berkelok-kelok.

    Selain itu, input teknis lain yang juga didapatkan adalah di sektor suspensi. Tim teknis Mitsubishi Ralliart harus menambahkan dual damper baru untuk hasil yang lebih maksimal. 

    Dari improve tersebut, Rifat Sungkar merasa puas dan memuji impresi mobil yang akan dipakainya di AXCR nanti. 

    “Pembalap reli melewati banyak tikungan yang berbeda, satu demi satu. Oleh karena itu, sangat penting bagi mobil reli untuk memiliki kemampuan manuver dan pengendaraan yang sangat baik seperti yang diinginkan pengemudi, dan daya tahan dan keandalan yang tinggi di jalan yang kasar. Co-driver yang baik dapat menavigasi secara akurat dan cepat juga penting untuk hasil yang sukses. Melalui uji ketahanan, kami dapat memastikan bahwa mobil reli Mitsubishi Triton memberikan kinerja yang sangat baik dalam hal jalan kasar kelincahan dan daya tahan,” ujarnya. 

    Begitu juga dengan Chayapon Yotha yang juga memberikan respons positif terhadap perubahan mobil atas input yang diberikan. 

    “Kecepatan bukanlah segalanya dalam kompetisi reli. Untuk menang, penting untuk memaksimalkan rasa persatuan antara pengemudi dan mobil reli, dan mengendalikan tempo secara fleksibel antara akselerasi dan deselerasi. Kami telah mengkonfirmasi bahwa mobil reli Triton memiliki hasil akhir yang bagus dan merespons masukan pengemudi dengan tepat dan gesit,” yakin Chayapon.

    Hiroshi Masuoka Mengomentari Pereli Tim Mitsubishi Ralliart di AXCR

    Sementara itu, Hiroshi Masuoka selaku Direktur Tim Mitsubishi Ralliart, ikut memberikan komentar terkait pereli yang bergabung di dalam timnya.

    “Suatu kehormatan untuk menyambut pembalap berbakat seperti mereka ke dalam tim. Rifat memiliki banyak pengalaman dalam reli sprint, jadi jika kami melakukan pekerjaan dengan baik sebagai tim untuk mengelola aspek jarak jauh dari reli lintas alam, dia akan memberikan kinerja yang hebat.”

    Masuoka menambahkan, “Chayapon memiliki pengalaman luas dalam reli lintas alam dan terus meningkat setiap kali masuk ke dalam mobil, jadi saya mengharapkan hasil yang baik darinya. Berkenaan dengan Triton, dua tes ketahanan yang telah dijalankan memungkinkan kami mengidentifikasi masalah dan menangani bersama mereka. Kami akan melakukan uji coba pada November sebelum AXCR 2022, namun performa Triton sejauh ini terlihat bagus dan saya yakin para pembalap akan mampu memberikan performa yang tangguh dan solid,” pungkasnya.

    OLXers juga bisa memilih dan membeli dari sekian banyak Mitsubishi Triton bekas berkualitas yang dijual di OLX Autos.

    Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai OLX Autos Indonesia, silakan kunjungi
    www.olxautos.co.id atau hubungi 150264.

    Profil Tim Mitsubishi Ralliart

    Tim Mitsubishi Ralliart
    • Team Director: Hiroshi Masuoka (Mitsubishi Motors)
    • Team Principal: Chayut Yangpichit (TANT SPORT)
    • Technical Director: Kopong Amatayakul (TANT SPORT)
    • Technical Support (body, chassis): Yasuo Tanaka (Mitsubishi Motors)
    • Technical Support (engine): Takashi Shibayama (Mitsubishi Motors)

    Drivers and Co-Drivers

    • Rifat Sungkar
    • Asal: Jakarta, Indonesia
    • Lahir: 22 Oktober 1978 (43)
    • Co-driver: Chupong Chaiwan (Thailand)

    Karir: Salah satu pembalap papan atas Indonesia, ia telah memenangkan Indonesia Sprint Rally Championship pada tahun 1997, menjadi pemenang Indonesia National Rally tiga tahun berturut-turut hingga tahun 2002, dan banyak lagi. Pada 2012, ia dinobatkan sebagai Brand Ambassador untuk PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Pada 2019 dan 2021, ia meraih kemenangan umum di Indonesia Sprint Rally Championship dengan mengendarai Mitsubishi Xpander.

    • Chayapon Yotha
    • Asal: Udon Thani Province, Thailand
    • Lahir: 16 Agustus 1987 (35)
    • Co-driver: Peerapong Sombutwong (Thailand)

    Karir: Dia telah memenangkan banyak balapan sejak 2012, termasuk Thailand Super Series, dan RAAT Thailand Endurance Championship International. Pada 2019, ia meraih kemenangan di Supercar GTC Thailand Super Series dan kompetisi lainnya.

    • Sakchai Hantrakul
    • Asal: Chiang Mai Province, Thailand
    • Lahir: November 29, 1962 (59)
    • Co-driver: Kittisak Klinchan (Thailand)

    Karir: Dengan pengalaman balap lebih dari 30 tahun, ia telah dinobatkan sebagai juara Mitsubishi Gymkhana Challenge RALLIART Cup ’89, memenangkan Putaran 1 Kejuaraan Reli Pennzoil ’91 di Thailand utara, dan menjadi pemenang di banyak kategori lainnya. Ia akrab dengan kendaraan Mitsubishi, pernah mengendarai Mitsubishi Pajero di Reli Dakar 1996.

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here