Jumat, Agustus 19, 2022
More
    BeritaTim Mobil Listrik Arjuna Mahasiswa UGM Ukir Prestasi di Kancah Internasional

    Tim Mobil Listrik Arjuna Mahasiswa UGM Ukir Prestasi di Kancah Internasional

    Tim mobil listrik Arjuna dari Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali bikin Indonesia bangga. Bagaimana tidak, mereka kembali mengukir prestasi di kancah Internasional.

    Ya, mahasiswa dari kampus UGM ini telah menyabet juara di ajang PI-EV Concept Challenge 2022 yang diselenggarakan oleh Formula Bharat, India secara online.

    Tidak tanggung-tanggung, tim Arjuna UGM berhasil meraih predikat Juara dalam Kategori Software and Intelligence Integration dan dua predikat lainnya 3rd Place Procurement Strategy serta 4th Place overall PI-EV 2022 Event

    Menurut Ketua Tim Kompetisi Hisham Wahono, pencapaian Tim Arjuna UGM pada PI-EV Concept Challenge merupakan prestasi yang sangat memuaskan.

    “Kompetisi ini merupakan pengalaman berharga bagi tim dan tentunya menjadi dorongan tersendiri bagi Arjuna untuk terus berkembang dengan memanfaatkan pembelajaran yang dapat diaplikasikan ke dalam mobil Arjuna sesungguhnya yang akan berlomba di kompetisi secara luring dan mencapai target yang lebih tinggi,” ungkap Hisham dalam keterangannya.

    PI-EV Concept Challenge 2022 merupakan agenda tahunan ke-6, yang diselenggarakan oleh Curiosum Tech Private Limited dengan nama Formula Bharat India yang bertujuan untuk mendorong tim mobil mahasiswa untuk beralih mengembangkan penelitian tentang teknologi mobil listrik.

    Terdapat enam kategori pada tahun ini yaitu FMEA Report, Procurement Strategy Report, Team Management Report, Software Integration Report, Design Specifications Sheet Report (DSS) dan Engineering Design Presentation (EDP).

    Sebagai pemenang dalam kategori Software and Intelligence Integration, tim Arjuna mengusung konsep pemodelan dengan sistem yang berdasarkan pada perancangan fungsi-fungsi dan interkoneksinya dengan sistem yang lain.

    Hal ini menciptakan integrasi antar algoritma dan pengujian sistem yang dapat memberikan kestabilan sistem yang baik.

    Selain itu spesifikasi sistem yang dibuat, didesain berdasarkan pada standar IEC 61508, ISO 26262, dan ISO 6469-2 sehingga dapat memenuhi standar untuk mobil formula elektrik.

    “Konsep yang diusung ini memiliki keunggulan dimana terdapat penggunaan arsitektur modular yang membuat sistem terbagi ke dalam lingkup fungsi yang sama sehingga memudahkan troubleshooting dan juga distribusi data,” jelas Bonaventura Riko Kumara Datta, Penanggung Jawab Software and Intelligence Integration.

    Adapun untuk kategori 3rd Place Procurement Strategy, capaian ini merupakan pengalaman yang berkesan karena tahun lalu submisi pada Procurement Strategy gagal memperoleh hasil yang memuaskan.

    Meski hanya lewat online, namun untuk turut berpartisipasi dalam PI-EV Concept Challenge 2022 ada banyak hal yang harus dilakukan, termasuk mempersiapkan berbagai dokumen submission.

    Adapun dokumen untuk ikut kompetisi Pi-EV Concept Challenge 2022  diantaranya Engineering Design Presentation, Engineering Design Supporting Document, Procurement Report, FMEA Report, Team Management Report, dan Software Integration Report.

    Setelah mengumpulkan semua submission, tim Arjuna UGM melakukan sesi Q&A yang terbagi ke dalam tiga kategori yaitu Engineering Design, Team Management, dan Software Integration.

    Adapun kompetisi yang berlangsung sejak Mei-Juni 2022 setidaknya diikuti 21 team dari berbagai universitas di India dan Indonesia.

    Tim Arjuna UGM siap kembali ukir prestasi

    Prestasi yang dicapai tim Arjuna UGM ini merupakan yang kedua, setelah sebelumnya mereka berhasil meraih gelar Sustainable Electric Vehicle Design di ajang mobil balap formula listrik, Jakarta Formula E-Prix 2022 lalu.

    Tak lantas puas pada hasil yang telah diraih, pada akhir tahun ini tim Arjuna berencana untuk mengikuti perlombaan Formula SAE Australasia yang bertempat di Victoria, Australia pada bulan Desember 2022 mendatang.

    Tim Arjuna EV UGM berharap besar agar berkesempatan berpartisipasi dan kembali mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

    Untuk mencapai itu, tim Arjuna EV UGM tentu sangat membutuhkan dukungan dari berbagai pihak dan terbuka untuk berbagai macam dukungan yang akan diberikan kepada kami termasuk kerjasama sponsorship.

    Sponsored by PT Toyota-Astra Motor (TAM), PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB), Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo), PT Indonesia Steel Tube Works (ISTW), Würth Elektronik (WE), PT Bank Negara Indonesia (BNI).

    OLXers mau cari mobil bekas berkualitas, #PilihYangPasti di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here