Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    BeritaTinggalkan Rolls-Royce, Kaisar Baru Jepang Parade Naik Toyota

    Tinggalkan Rolls-Royce, Kaisar Baru Jepang Parade Naik Toyota

    Transisi resmi kekaisaran Jepang sudah dilakukan pada 1 Mei 2019 lalu. Namun seremoni penobatan Kaisar Naruhito yang naik tahta menggantikan sang ayah, Kaisar Akihito, sebagai orang nomor satu di Negeri Matahari Terbit, baru akan dilakukan pada 22 Oktober mendatang.

    Uniknya, dalam sejarah seremoni, sudah menjadi tradisi melibatkan penggunaan mobil parade khusus yang disebut 'Royal Parade Car'. Penobatan Kaisar Naruhito yang akan memulai era baru Reiwa dan mengakhiri 30 tahun era Heisei di Jepang akan menjadi berbeda, karena akan menggunakan mobil parade baru, yaitu Toyota Century.

    Ya, hal ini karena Toyota Century pada dasarnya sebuah limosin yang sering disebut sebagai Rolls Royce-nya Jepang. Menariknya , OLXer harus tau, kalau Toyota Century ini sudah dimodifikasi khusus menjadi atap terbuka atau convertble sehingga menggantikan Royal Parade Car sebelumnya yang merupakan sebuah Rolls-Royce.

    kaisar jepang
    Sumber: Japanese Nostalgic Car

    Model tepatnya adalah Rolls-Royce Corniche III lansiran 1990 yang konon selama 30 tahun era Heisei, hanya digunakan dua kali saja dalam acara resmi kekaisaran. Padahal mobil mewah yang juga beratap terbuka itu, konon dibeli mahal 40 juta yen di tahun 1990 dan sempat membuat kontroversi karena menggunakan anggaran dari uang pajak rakyat. 

    Saat ini kondisi Rolls-Royce itu disebut sudah tidak laik jalan. Butuh perbaikan, biayanya konon bisa lebih mahal dari harga mobil baru.

    kaisar Jepang
    Kaisar Naruhito. Sumber: BBC

    APA ISTIMEWANYA MOBIL PARADE TOYOTA CENTURY KONVERTIBEL?

    Toyota Century konvertibel yang akan digunakan pada parade nanti adalah model 'bespoke', dibuat khusus hanya satu unit untuk seremoni. Mobil berbasis dari generasi ketiga Toyota Century yang pertama kali diungkap pada Tokyo Motor Show 2017 silam. 

    Meski pertama kali diproduksi pada akhir tahun '60-an, Century memang memiliki siklus hidup yang panjang setiap generasinya. Nah, Century juga digunakan sebagai mobil operasional bos Toyota, Akio Toyoda.

    Hanya saja, Century untuk Toyoda justru dimodifikasi khusus, dibesut oleh divisi performa Toyota GRMN. Ya cocok deh dengan sang bos yang memang dikenal sebagai car enthusiast sejati.

    kaisar Jepang
    Sumber: Motor 1

    Adapun pada Toyota Century sang kaisar baru Jepang, emblem gril pada mobil dibuat secara hand-made dan pembuatannya memakan waktu 6 minggu. Bodinya dilabur cat spesial dan kursi belakang mobil dibuat lebih tinggi sekitar 4 cm.

    Posisi kemiringan joknya bahkan dibuat kaku pada 25 derajat. Rancangan ini sengaja dilakukan agar sang kaisar yang merupakan lulusan Oxford itu, nanti tetap dapat terlihat masyarakat meski dikawal secara ketat di sekitar mobil.

    Selama seremoni, Toyota Century konvertibel akan membawa Kaisar Naruhito di rute sejauh 4,6 kilometer dari istana kekaisaran, melalui Tokyo, menuju istana Akasaka Palace. Rute ini memakan waktu perjalanan 30 menit dan sengaja dipilih karena potensi minim hambatan lalu lintas, sehingga masyarakat sekitar bisa lebih nyaman dalam mengabadikan momen bersejarah ini, seperti dilansir Japanese Nostalgic Car.

    Setelah inagurasi selesai, mobil biasanya akan dipajang di istana kekaisaran di Tokyo dan Kyoto. Toyota Century tersebut mungkin baru akan kembali digunakan saat digelarnya Olimpiade 2020 di Tokyo nanti. 

     

    kaisar Jepang
    Sumber: Japanese Nostalgic Car

    Harusnya kaisar Jepang ya naik mobil Jepang juga ya. Apalagi mewahnya Toyota Century terbaru nggak kalah kok dibanding Rolls-Royce. Ya, mungkin beda harga dan prestise aja. Bukan begitu, OLXer? (Dhan/Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here