Rabu, Juni 29, 2022
More
    TipsTips Aman dan Nyaman Tidur di Dalam Mobil

    Tips Aman dan Nyaman Tidur di Dalam Mobil

    Tidur di dalam mobil, bisa menjadi cara istirahat paling ampuh apabila OLXer lelah mengemudi dengan waktu yang cukup lama. Hanya saja, tidak semua orang merasa nyaman dan aman jika harus tertidur di dalam mobil.

    Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas bagaimana cara agar nyaman dan aman tidur di dalam mobil, terlebih cara ini bisa dilakukan jika saat liburan atau darurat.

    Berikut beberapa cara agar nyaman dan aman tidur dalam mobil seperti dilansir Car From Japan:

    1. Pilih tempat tidur yang nyaman

    Memang tidak ada tempat tidur senyaman kasur di rumah. Hanya saja, jika di dalam mobil OLXer bisa merebahkan kursi di bagian depan atau belakang.

    Bahkan, jika kursi belakang bisa dilipat sampai rata, OLXer bisa menambahkan kasur angin. Jangan lupa, bawa beberapa perlengkapan tidur, seperti bantal dan selimut.

    2. Pastikan mobil terparkir di tempat aman

    Jika ingin beristirahat apalagi harus tidur sesaat, pastikan OLXer mengetahui beberapa hal seperti, lokasi parkir di tempat yang tepat dan aman, area parkir gratis atau berbayar, apakah area parkir rawan tindak kejahatan atau tidak.

    Biasanya, beberapa area yang aman untuk parkir agar dapat tidur bisa dilakukan di pusat perbelanjaan, perumahan, atau area ibadah.

    3. Jaga keamanan barang pribadi

    Ketika hendak tidur di area parkir, sebaiknya OLXer berpikir bahwa lokasi yang dipilih tidak 100 persen aman. Meski OLXer merasa akan nyaman untuk tidur, namun tetap harus waspada dari tindak kejahatan. Oleh karena itu, simpanlah barang bawaan di tempat yang tidak terlihat dari luar.

    4. Matikan mesin

    Memang tidur dengan menggunakan AC terasa lebih sejuk dan membuat lebih nyaman. Akan tetapi, jika di dalam mobil sebaiknya matikan mesin. Menghidupkan mesin tidak hanya akan menambah mahal karena harus menghabiskan bahan bakar, tapi juga berbahaya bagi Kesehatan. Karena jika kabin mobil mengalami kebocoran, maka dapat terkontaminasi karbon monoksida. 

    5. Buka jendela walau hanya sedikit

    Setelah mematikan mesin mobil, maka cara paling tepat adalah membuka sedikit kaca jendela. Sedikit membuka jendela akan membuat sirkulasi udara dapat mengalir keluar masuk.

    Jika mobil OLXer memiliki sunroof, ini juga merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan ventilasi tanpa terlihat jelas oleh orang lain. Hanya saja, pastikan kondisi cuaca tidak hujan.

    6. Tutup kaca jendela

    Ketika akan tidur, OLXer juga bisa menutup kaca jendela untuk menghindari gangguan, seperti menggantungkan kain atau pakaian di kaca jendela atau menggunakan tirai.

    7. Buang air di kamar mandi sebelum tidur

    Jika hendak tidur di dalam mobil, sebaiknya pergi ke kamar mandi atau toilet terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan agar ketika sedang terlelap kemudian bangun, OLXer tidak tergesa-gesa mencari toilet di malam hari. Apalagi lokasi yang dipilih tidak dikenal. Maka dari itu, sebelum memutuskan berhenti, sebaiknya cari SPBU terdekat dan pergi ke toilet untuk buang air.

    8. Arahkan kepala ke depan mobil

    Ketika tidur di dalam mobil, disebutkan bahwa bagian kepala menghadap arah depan mobil. Sama seperti saat mengemudi. Namun jika ingin miring pastikan kepala OLXer tetap nyaman

    9. Pasang alarm

    Agar tidak kesiangan atau terlambat ketika tidur di dalam mobil, sebaiknya pasang alarm. Karena perlu diketahui juga, terkadang ada beberapa tempat parkir memiliki jam operasi, sehingga mengharuskan OLXer pergi lebih awal.

    10. Bawa lampu kecil gantung

    Saat hendak tidur, OLXer bisa menyalakan lampu kecil yang digantung. Hal ini  akan membantu untuk tetap teralihkan dari panggilan alam di tengah malam. Selain itu, jika menyalakan lampu kabin, maka dikhawatirkan akan membuat baterai atau aki jadi boros.

    Nah, itulah beberapa tips yang bisa dicoba. Kalau OLXer sendiri ada cara lain?

     

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here