Minggu, Agustus 14, 2022
More
    MobilTips Jual Beli Mobil Online Lebih Aman dan Nyaman

    Tips Jual Beli Mobil Online Lebih Aman dan Nyaman

    Berbisnis di bidang jual-beli mobil bekas itu gak segampang yang terlihat. Banyak sekali tantangan yang harus dihadapi. Mulai dari oknum pembeli yang niat menipu, ataupun penjual mobil yang tidak jujur. Oleh karena itu, bila tidak mempunyai pengalaman jual beli mobil online, harus berhati-hati agar tidak  tertipu

    Menjual mobil bekas via platform online memang butuh trik-trik khusus agar terhindar dari oknum yang ingin ambil keuntungan sendiri, dan mobil yang dijual juga bisa laku cepat. Hal ini diperlukan agar transaksi bisa berjalan aman dan nyaman.

    Berikut beberapa langkah sederhana agar lebih aman dan nyaman saat bertransaksi dengan iklan mobil di OLX, baik itu untuk penjual maupun yang berniat untuk beli mobil bekas.

    Tips Menjual Mobil Bekas

    Tips jual mobil agar menarik calon pembeli

    1. Perhatikan Kualitas Iklan

    Pasang iklan dengan kualitas foto yang bagus serta memiliki konten informatif. Ini mutlak dilakukan karena foto menjadi salah satu faktor penentu orang mengunjungi iklan mobil. Hindari penggunaan foto yang diambil pada malam hari.

    Pasang foto sebanyak-banyaknya dan lengkap dari berbagai sudut serta bagian mobil. Berikan detail dari bodi maupun interior dalam mobil. Semakin banyak foto, maka orang yang melihat iklan akan semakin bisa mempertimbangkan kondisi mobil. Di platform OLX Autos, Anda bisa mengupload hingga 20 foto dalam satu iklan.

    2. Deskripsi Mobil Sesuai dengan Kondisi Sebenarnya

    Setelah mengupload foto, jangan lupa untuk menuliskan deskripsi mobil secara lengkap. Harus sesuai dengan kondisi kendaraan, tidak perlu terlalu dilebih-lebihkan atau dikurang-kurangi.

    Terkecuali kalau benar-benar kondisi mobil sangat istimewa, perawatannya terjaga dan tidak pernah terlibat kecelakaan, surat-surat lengkap dan tidak ada masalah, kondisinya mulus tanpa cacat, mungkin hal-hal tersebut bisa menjadi nilai plus dari mobil yang dijual.

    Sebaliknya, bila mobil tersebut bekas tabrakan atau pernah terendam banjir, disebutkan juga dalam deskripsi sehingga calon pembeli nantinya tidak akan merasa tertipu dan menimbulkan masalah di kemudian hari.

    Baca juga: Tips Terbaik Untuk Jual Mobil Bekas Secara Online

    3. Tentukan Harga Sesuai Pasaran

    Ini juga jadi faktor penting agar mobil yang dijual bisa laku dalam waktu yang cepat. Jika mematok harga yang terlalu tinggi dari harga pasaran, sementara kondisi kendaraan yang dijual biasa-biasa saja, bisa dipastikan orang gak bakalan mau menghubungi Anda.

    Sebaliknya, kalau terlalu murah dan dibawah harga pasaran, calon pembeli juga bakalan curiga dengan kondisi mobil. Terkecuali jika Anda sudah dengan jujur menuliskan deskripsi mobil bekas yang dijual. Misal bekas tertabrak, pernah kena banjir, atau mungkin surat-suratnya mati.

    Ini pasti akan jadi pertimbangan calon pembeli, dan berusaha mengkalkulasi biaya perbaikan atau biaya pengurusan surta-suratnya. Kalau ternyata harganya masih cocok, bukan tak mungkin mobil yang Anda jual akan dibeli.

    4. Usahakan Transaksi Langsung

    Nah, ini juga hal penting yang tidak bisa disepelekan. Jika ternyata mobil bekas yang  dijual ada peminatnya, tinggal bagaimana menentukan urusan transaksi. Paling aman adalah bertransaksi langsung dengan cara ketemuan alias COD (Cash on delivery).

    Cuma harus diingat, COD jangan di lokasi yang jauh dari tempat tinggal Anda. Pilihlah lokasi yang paling nyaman dan aman untuk mengecek mobil secara lengkap. Tempat tersebut misalkan di rumah penjual, ataupun di tempat umum.

    Sebelum bertemu dengan calon pembeli, konfirmasi kembali mengenai metode pembayaran. Apakah dengan sistem transfer, atau dalam bentuk uang tunai atau cash. Jika melalui transfer, pastikan dana tersebut sudah benar-benar masuk ke dalam rekening dengan mengecek mutasi akun bank.

    Namun jika transaksinya dalam bentuk cash, akan lebih bijak untuk menjaga keamanan. Ajaklah rekan atau orang kepercayaan buat jaga-jaga jika terjadi hal-hal yang gak diinginkan. Hal ini mengingat transaksi jual beli mobil bekas nilainya cukup besar.

    5. Berikan Watermark Pada Gambar Iklan

    Salah satu tips yang juga penting untuk anda ikuti adalah menjaga keamanan aset digital anda, yakni foto mobil. Tentunya dalam mengiklankan mobil, foto menjadi faktor penting agar pembeli tau kondisi mobil.

    Namun, kini banyak modus penipuan yang bisa menyalahgunakan foto mobil milik Anda. Umumnya, oknum tersebut akan mencuri gambar mobil di iklan, dan menguploadnya di media lain untuk menipu calon pembeli lain.

    Hal ini bisa dihindari dengan membuat semacam tanda air atau watermark di gambar iklan mobil berisi keterangan bahwa mobil tersebut milik Anda. Bisa dengan menambahkan kontak pribadi, atau keterangan bahwa gambar tersebut pemiliknya adalah Anda. Dengan watermark, gambar Anda akan sulit untuk diedit / dimanipulasi sehingga lebih aman di internet.

    6. Tandai Iklan Online Sudah Terjual

    Jika seluruh proses jual mobil Anda sudah lancar dan menemukan pembeli, jangan lupa langkah terakhir. Iya, tandai iklan mobil anda di OLX dengan status terjual. Hal ini tentunya sangat mudah dan akan menghindarkan Anda dari kerepotan terus menerus dihubungi oleh orang lain yang berminat pada iklan mobil.

    Baca juga: Panduan Lengkap Cara Jual – Beli Mobil Bekas di Indonesia

    Tips Membeli Mobil Bekas

    Tips beli mobil online agar aman dan nyaman

    1. Cari Informasi Mobil Yang Dijual

    Bila Anda yang mencari mobil, tips yang bisa dilakukan saat bermaksud membeli mobil bekas lewat platform OLX adalah dengan mengorek sebanyak-banyaknya informasi mobil yang diincar.

    Tanyakan kepada penjual soal kondisi mobil yang sebenar-benarnya. Jangan mudah terpengaruh dengan harga yang miring atau bonus-bonus aksesoris yang sudah dipasang di dalam mobil.

    2. Pastikan Surat Kendaraan Aman

    Jika sudah minat dengan kondisi mobil, jangan lupa untuk memeriksa kelengkapan surat serta masa berlakunya. Untuk pajak yang tertunggak bisa menjadi modal untuk menawar lagi harga yang diterapkan penjual.

    Selain itu juga pastikan soal keaslian dari BPKB dan dokumen-dokumen dari mobil. Bila perlu, ajaklah seseorang yang Anda percayai dan teliti pada keaslian dokumen. Jangan sampai terjebak membeli mobil bodong atau mobil curian.

    Baca juga: 15 Pertanyaan Penting Sebelum Beli Mobil Bekas

    3. Manfaatkan Layanan Inspeksi Mobil

    Agar semakin meyakinkan kondisi mobil yang ditaksir aman dan juga layak untuk dibeli, jangan lupa manfaatkan fasilitas inspeksi mobil. OLX menyediakan layanan ini kepada calon pembeli maupun penjual.

    Dengan melakukan pengecekan di 150 titik kendaraan, termasuk keaslian surat-surat, dijamin mobil bekas yang akan dibeli kualitasnya akan sesuai dengan ekspektasi. Tidak perlu takut terjebak rayuan manis penjual karena data-data hasil pengecekan sangat lengkap.

    4. Transaksi COD

    Sama halnya dengan penjual, pembeli pun harus berusaha untuk melakukan transaksi secara langsung atau COD. Jika tidak bisa bertransaksi di dekat wilayah Anda, usahakan ada di tengah-tengah antara lokasi dengan penjual.

    Alternatif lainnya yang bisa ditawarkan yakni bertransaksilah di rumah penjual mobil. Agar bisa lebih nyaman dan untuk mendiskusikan kondisi mobil secara langsung. Selain itu akan lebih aman karena Anda bisa mengunjungi kembali rumah penjual mobil jikalau ada kondisi tertentu dari mobil yang terjadi diluar kesepakatan jual beli mobil.

    5. Hindari Transfer DP

    Ini sebenarnya yang sering menjadi modus dari penipuan jual-beli mobil bekas via online. Banyaknya pihak yang coba-coba ambil keuntungan dengan cara menipu dengan meminta transfer DP terlebih dahulu sebelum bertemu secara tatap muka.

    OLXers harus menjadi pembeli yang pintar. Artinya jangan sampai mengirim sejumlah uang sebagai tanda jadi, sebelum benar-benar memastikan mobilnya sesuai iklan dengan melihat secara langsung.

    Banyak yang mencoba-coba nakal dengan menyuruh mengirim uang tanda jadi padahal mobilnya sendiri belum tentu ada. Modus umumnya adalah penjual mobil membuat iklan dengan mobil berkondisi terbaik, dengan harga yang murah dan kurang wajar.

    Dari situ, penjual mobil yang berniat menipu mengiming-imingi agar mobil tersebut akan ditahan bila bersedia untuk mentransfer DP. Bujukan ini umumnya agar calon pembeli tidak keduluan pembeli lainnya, akhirnya rela mengikuti kemauan oknum penjual tersebut.

    Baca juga: Pertama Kali Beli Mobil? Perhatikan 6 Tips Jitu Ini!

    So, pastikan mobilnya ada, tetap tenang dan pastikan sudah cek kondisinya dengan melihat langsung. Setelah itu, transaksi baru bisa dilanjutkan.

    Nah, semoga tips di atas bisa membantu pembaca. OLX selalu peduli dalam membantu dan menjaga para pengguna aplikasi agar tetap aman dan nyaman bertransaksi.

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here