Sabtu, Desember 4, 2021
OLX Auto
More
    TipsTips Aman & Nyaman Jual Beli Mobil Bekas via Online

    Tips Aman & Nyaman Jual Beli Mobil Bekas via Online

    Berbisnis di bidang jual-beli mobil bekas itu gak segampang yang terlihat OLXers. Banyak sekali tantangan yang harus dihadapi. Mulai dari oknum pembeli yang niat menipu, sampai calon pembeli yang cuma iseng-iseng nanya, beli enggak. 

    Menjual mobil bekas via platform online memang butuh trik-trik khusus agar terhindar dari oknum yang ingin ambil keuntungan sendiri, dan mobil yang dijual juga bisa laku cepat.

    Di OLX ada jutaan unit mobil bekas yang ditawarkan. Begitu juga dengan iklan yang mencari jenis mobil tertentu juga gak kalah banyak. Sehingga OLX menjadi platform yang paling pas untuk bisnis jual-beli mobil.

    Berikut beberapa langkah sederhana agar tidak terjebak tipu muslihat saat bertransaksi di OLX, baik itu untuk penjual maupun kalian yang niat untuk membeli.

    PENJUAL

    Perhatikan Kualitas Iklan

    Pasang iklan dengan kualitas foto yang bagus serta memiliki konten informatif. Ini mutlak dilakukan karena foto menjadi salah satu faktor penentu orang mengunjungi iklan kalian. Hindari penggunaan foto yang diambil pada malam hari. PAsang foto sebanyak-banyaknya dan lengkap dari berbagai sudut serta bagian mobil. Apalagi di OLX baru, kalian bisa mengupload hingga 20 foto dalam satu iklan.

    Deskripsi Mobil Sesuai dengan Kondisi Sebenarnya

    Setelah mengupload foto, jangan lupa untuk menuliskan deskripsi mobil secara lengkap. Harus sesuai dengan kondisi kendaraan, tidak perlu terlalu dilebih-lebihkan atau dikurang-kurangi. Terkecuali kalau benar-benar kondisi mobil sangat istimewa, perawatannya terjaga dan tidak pernah terlibat kecelakaan, surat-surat lengkap dan tidak ada masalah, kondisinya mulus tanpa cacat, mungkin hal-hal tersebut bisa menjadi unique selling point mobil dagangan OLXers.

    Sebaliknya, bila mobil tersebut bekas tabrakan atau pernah terendam banjir, disebutkan juga dalam deskripsi sehingga calon pembeli nantinya tidak akan merasa tertipu dan menimbulkan masalah buat kalian di kemudian hari.

    Tentukan Harga Sesuai Pasaran

    Ini juga jadi faktor penting agar mobil yang dijual bisa laku dalam waktu yang cepat. Jika OLXers mematok harga yang terlalu tinggi dari harga pasaran, sementara kondisi kendaraan yang dijual biasa-biasa saja, bisa dipastikan orang gak bakalan mau menghubungi Anda.

    Sebaliknya, kalau terlalu murah dan dibawah harga pasaran, calon pembeli juga bakalan curiga dengan kondisi mobil. Terkecuali jika kalian sudah dengan jujur menuliskan deskripsi mobil bekas yang dijual. Misal bekas tertabrak, pernah kena banjir, atau mungkin surat-suratnya mati. 

    Ini pasti akan jadi pertimbangan calon pembeli, dan berusaha mengkalkulasi biaya perbaikan atau biaya pengurusan surta-suratnya. Kalau ternyata harganya masih masuk, bukan gak mungkin mobil jualan OLXers akan dibeli.

    Usahakan Transaksi Langsung

    Nah, ini juga hal penting yang gak bisa kalian sepelekan. Jika ternyata mobil bekas yang kalian jual ada peminatnya, tinggal bagaimana menentukan urusan transaksi. Paling aman adalah bertransaksi langsung dengan cara ketemuan alias COD.

    Cuma harus diingat, COD jangan di lokasi yang jauh dari tempat tinggal kalian. Atau paling aman karena OLXers adalah penjual, sebaiknya ketemuannya di rumah saja. 

    Baru deh kalau sudah ketemuan, transaksi jual-belinya bisa dengan sistem transfer. Pastikan dana tersebut sudah benar-benar masuk ke dalam rekening kalian sebelum mobil diserahkan.

    Namun jika transaksinya dalam bentuk cash, gak ada salahnya untuk menjaga keamanan, kalian bawa orang kepercayaan buat jaga-jaga jika terjadi hal-hal yang gak diinginkan.

    Oh iya, sebagai tambahan, jangan lupa jika mobil sudah laku, segera turunkan iklan OLXers demi menghindari disalahgunakan oleh pihak lain. Lagian kalian ga mau repot kan ngeladenin calon pembeli lainnya sementara mobil yang dimaksud sudah gak ada. 

    PEMBELI

    Cari Informasi Mobil yang Dijual

    Buat kalian yang mencari mobil, tips yang bisa kalian lakukan saat bermaksud membeli mobil bekas lewat platform OLX adalah dengan mengorek sebanyak-banyaknya informasi mobil yang diincar. 

    Tanyakan kepada penjual soal kondisi mobil yang sebenar-benarnya. Jangan mudah terpengaruh dengan harga yang miring atau bonus-bonus aksesoris yang sudah dipasang di dalam mobil.

    Pastikan Surat Kendaraan Aman

    Jika sudah minat dengan kondisi mobil, jangan lupa untuk memeriksa kelengkapan surat serta masa berlakunya. Untuk pajak yang tertunggak bisa menjadi modal untuk menawar lagi harga yang diterapkan penjual. Selain itu juga pastikan soal keaslian dari BPKB mobil. Jangan sampai kalian kejebak membeli mobil bodong atau mobil curian.

    Manfaatkan Layanan Inspeksi Mobil

    Agar semakin meyakinkan kondisi mobil yang kalian taksir aman dan juga layak untuk dibeli, jangan lupa manfaatkan fasilitas inspeksi mobil. OLX menyediakan layanan ini kepada calon pembeli maupun penjual. Dengan melakukan pengecekan di 150 titik kendaraan, termasuk keaslian surat-surat, dijamin kalian akan memperoleh mobil bekas yang sesuai dengan ekspektasi. Gak perlu takut terjebak rayuan manis penjual karena data-data hasil pengecekan sangat lengkap. 

    Transaksi COD

    Sama halnya dengan penjual, pembeli pun harus berusaha untuk melakukan transaksi secara langsung atau COD. Jika gak bisa ketemuan di dekat wilayah kalian, usahakan ada di tengah-tengah antara lokasi kalian dengan penjual. 

    Tapi bila penjual perseorangan, gak ada salahnya OLXers merapat ke lokasi penjual. Hitung-hitung silaturahmi, nambah teman nambah saudara. 

    Hindari Transfer DP

    Ini sebenarnya yang banyak ditakuti dari jual-beli mobil bekas via online. Banyaknya pihak yang coba-coba ambil keuntungan dengan cara menipu menjadi momok menakutkan.

    OLXers harus menjadi pembeli yang pintar. Artinya kalian jangan sampai mengirim sejumlah uang sebagai tanda jadi, sebelum kalian benar-benar memastikan mobilnya ada dengan melihat secara langsung.

    Banyak yang mencoba-coba nakal dengan menyuruh mengirim uang tanda jadi padahal mobilnya sendiri belum tentu ada. Dan kalian yang terjebak karena merasa mobil yang dijual tersebut murah banget, dan gak mau keduluan pembeli lainnya, akhirnya rela mengikuti kemauan oknum penjual tersebut.

    So, pastikan mobilnya ada, pastikan kalian sudah cek kondisinya dengan melihat langsung, baru deh transaksi. 

    Nah, semoga tips di atas bisa membantu kalian. OLX selalu concern dalam membantu dan menjaga para pengguna aplikasi agar tetap aman dan nyaman bertransaksi. 

    Untuk melihat tips aman yang lebih banyak lagi, kalian klik disini aja (Z)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here