Kamis, September 29, 2022
More
    MobilMobil BekasTips Beli Mobil Bekas Secara Langsung Maupun Online

    Tips Beli Mobil Bekas Secara Langsung Maupun Online

    Tips beli mobil bekas menjadi referensi yang cukup penting sebelum Anda memboyong mobil. Hal ini agar dapat mengetahui aspek penting yang harus dipertimbangkan dari segi kondisi mobil, mesin maupun harga yang ditawarkan.

    Tidak seperti membeli barang-barang lainnya, urusan beli mobil harus ekstra hati-hati dan mempertimbangkan dengan lebih jeli. Alasannya, karena membeli mobil adalah pengeluaran yang relatif besar, dan akan digunakan untuk jangka waktu panjang.

    Saat ini, beli mobil secara online jadi sangat diminati karena didukung dengan kemajuan internet. kebanyakan orang-orang lebih memilih untuk mencari melalui platform jual beli mobil, lalu melakukan survey langsung jika merasa cocok dengan mobil tersebut.

    Tentunya, ada beberapa tips beli mobil bekas yang akan membantu Anda untuk mendapatkan unit terbaik dan harga termurah. Berikut beberapa tipsnya!

    1. Persiapkan Budget Yang Realistis

    Menyiapkan anggaran secara detail adalah hal yang utama sebelum membeli mobil. Seringkali, kebutuhan pada mobil tidak diimbangi dengan pertimbangan untuk merawat dan biaya-biaya lainnya.

    Pastikan Anda menetapkan rentang tertentu sesuai kemampuan finansial, biaya pajak mobil yang harus dibayar, dan biaya servis rutin. Jangan sampai hanya karena menaksir pada mobil tertentu, lalu mengeluarkan uang yang lebih besar dari kemampuan.

    Opsinya antara lain memilih mobil yang lebih murah, atau menunda lebih lama lagi agar tabungan mencukupi. Bila memutuskan untuk cicil mobil, juga harus hati-hati terhadap biaya tak terduga dan bunga kredit yang biasanya tinggi.

    Baca juga: 10 Langkah Persiapan Sebelum Beli Mobil Bekas

    2. Lakukan Riset Pada Mobil Incaran

    Sebelum memboyong mobil, pastikan untuk mengenali seluk beluk mobil secara mendalam. Mulai dari performa, efisiensi bahan bakar, kapasitas mobil, fitur-fitur, layanan dealer, suku cadang, dan harga jual kembali mobil.

    Pastikan dari seluruh hal tersebut, mobil yang akan Anda beli cukup ideal dan mendapat penilaian baik dari pembeli-pembeli lain. Dengan melakukan riset melalui Youtube, atau review-review ahli otomotif, Anda bisa mempertimbangkan apakah mobil incaran adalah yang tepat bagi kebutuhan Anda.

    Riset kelebihan kekurangan sebelum beli mobil bekas

    3. Beli Mobil Bekas di Tempat Terpercaya

    Tips beli bekas yang pertama adalah beli mobil bekas di tempat terpercaya. Pada saat kita melakukan pembelian di tempat yang merupakan rekomendasi dari kenalan, teman, kerabat atau keluarga kita akan lebih aman.

    Mendatangi showroom yang ternama, atau memiliki reputasi baik. Biasanya mereka akan menyediakan berbagai pilihan menarik untuk Anda. Oleh karena itu kita sebagai pembeli akan mendapatkan berbagai pilihan sebelum membelinya. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan masing-masing.

    Membeli secara langsung bisa Anda lakukan jika memiliki waktu luang. Namun alangkah baiknya jika ketika membeli mobil bekas kita tidak hanya mendatangi satu tempat agar bisa membandingkan. Hal ini akan menjadi pembanding antara showroom satu dengan lainnya. Anda bisa mencobanya sendiri ketika ingin membeli atau mengganti kendaraan.

    4. Periksa Kondisi Mobil Keseluruhan

    Hal selanjutnya yang harus diperhatikan dalam membeli mobil bekas adalah, utamakan kondisi mobil. Mobil bekas yang memiliki rekam servis dan perawatan baik, maka tidak akan menimbulkan masalah kedepannya.

    Periksa secara mendetail setiap hal-hal penting pada mobil. Misalnya mesin, fitur keamanan, eksterior, interior, dan rekam servis yang dilakukan oleh pemilik mobil sebelumnya

    Jika Anda kurang memahami mobil, bisa mengajak rekan terpercaya yang tau cara memeriksa kondisi mobil. Hal ini agar semua kondisi mobil yang diceritakan penjual bisa langsung dibuktikan.

    Salah satu kesalahan yang umum terjadi saat membeli mobil bekas, yakni tidak memperhatikan mesin. Mobil bisa saja terlihat mulus tanpa lecet dan bersih interiornya. Namun, jika kondisi mesin tidak sehat, akan ada banyak masalah dan pengeluaran yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki mobil. 

    Baca juga: 15 Pertanyaan Penting Sebelum Beli Mobil Bekas

    5. Melakukan Test-Drive

    Kehebatan sebuah mobil kadang tidak hanya ditentukan oleh angka-angka. Setiap mobil pasti memiliki feel yang berbeda-beda saat dikendarai. Untuk memastikan apakah mobil tersebut adalah yang paling tepat, ialah dengan melakukan test-drive.

    Uji coba mobil atau test-drive biasanya ditawarkan penjual agar Anda bisa merasakan langsung pengalaman mengemudi dengan mobil. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk mengetahui tentang kondisi mobil yang tidak terlihat saat posisi diam.

    Misalnya tarikan gas, komponen mobil yang berbunyi, cengkraman rem dan lain-lain. Semuanya lebih bisa dilihat ketika mobil dikendarai. Untuk itu, sangat disarankan agar melakukan test-drive. Bila perlu, anda juga bisa mengajak rekan yang memahami mobil untuk ikut.

    Melakukan test-drive sebelum beli mobil bekas online

    6. Jumlah Pemilik Mobil Sebelumnya

    Salah satu hal penting yang juga sering terlewati saat membeli mobil bekas, ialah status kepemilikan mobil sebelumnya. Tentunya, semakin banyak pemilik mobil, maka akan ada hal yang menyebabkan kondisi mobil memburuk. Terutama jika pemilik mobil sebelumnya tidak disiplin dalam merawat mobil.

    Beberapa pertanyaan yang terkait pemakaian pribadi dan mempengaruhi kondisi mobil adalah: Apakah mobil rutin diservis, apakah pemakaian mobil sering jarak jauh, part mobil mana saja yang sudah diganti, dan sebagainya.

    Mengetahui jawaban dari kebiasaan mengemudi tersebut bisa memberikan gambaran umum dari kondisi mobil. Misalnya mobil yang digunakan sering keluar kota akan mengalami masalah pada kopling dan suspensi.

    Baca juga: Daftar Mobil Bekas Harga Rp 50 Jutaan, Tahun Tinggi 2000an

    7. Kelengkapan Surat dan Dokumen

    Tips terakhir namun juga yang paling utama, ialah memastikan seluruh surat dan dokumen mobil lengkap. Hal ini pada umumnya adalah hal yang pertama kali anda tanyakan saat akan membeli mobil.

    Pengecekan sebelum membeli secara resmi sebaiknya dilakukan setelah mempertimbangkan kondisi dan mesin. Surat kendaraan menjadi penting karena hal ini akan menjadi identitas ketika kita memilikinya.

    Pastikan mobil atau kendaraan yang Anda beli secara bekas memiliki surat lengkap. Selain itu, akan lebih baik bila status pembayaran pajak di mobil masih aktif untuk menghindari pengeluaran tambahan. 

    Nah melakukan transaksi jual beli mobil bekas sekarang ini jauh lebih mudah. Seperti yang kita bahas bisa melalui beberapa platform digital seperti OLX Autos

    Hanya dengan membuka smartphone dan memilih mobil, Anda bisa langsung memesan test-drive dan kami akan antarkan langsung kerumah Anda untuk konsultasi pembelian mobil. Ada jutaan mobil bekas kondisi terbaik yang bisa dipilih dengan harga terjangkau.

    Demikian beberapa tips membeli mobil bekas baik secara langsung maupun online. Semoga dapat membantu untuk menemukan mobil terbaik bagi Anda!

    Artikel ini diperbarui pada 18 Agustus 2022 oleh Bisma L.

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here