Jumat, Desember 9, 2022
More
    TipsLakukan 10 Hal Ini Saat Berkendara di Musim Hujan

    Lakukan 10 Hal Ini Saat Berkendara di Musim Hujan

    JAKARTA – Redaksi News.OLX tidak pernah bosan untuk memberikan imbauan kepada para pengendara agar senantiasa berhati-hati saat berkendara di musim hujan seperti sekarang.

    Intensitas hujan di Jakarta semakin tinggi, kadang terjadi di malam hari sehingga pada pagi hari jalanan di Ibukota banyak yang tergenang dan juga licin.

    Kondisi seperti ini tentunya harus disikapi dengan berbagai persiapan para pengguna mobil sebelum berangkat menuju lokasi kerja.

    Berikut berbagai persiapan dan juga tips saat berkendara di musim hujan:

    Cek Kondisi Wiper

    Wiper
    Ilustrasi kaca jendela mobil depan basah setelah hujan dan tidak dilap. (Shutterstock)

    Inilah bagian mobil pertama yang harus OLXers cek kondisinya saat musim hujan tiba. Wiper memiliki fungsi penting untuk menyapu air hujan dari kaca mobil.

    Karet wiper yang baang masih bagus akan membantu visibilitas pengemudi saat hujan turun. Jadi pastikan karet wiper di mobil OLXers masih dalam kondisi yang baik. 

    Cek Kondisi Lampu

    Lampu yang ada di mobil menjadi hal yang sangat vital, khususnya saat berkendara di tengah hujan. Jadi pastikan semua lampu-lampu seperti lampu utama, lampu sein, lampu senja, dan lampu kabut semua berfungsi normal. 

    Ketika hujan turun, nyalakan lampu utama agar kendaraan atau mobil OLXers terlihat oleh pengguna jalan lainnya. 

    Saat terjadi kondisi darurat, jangan lupa untuk menyalakan lampu hazard. Tapi lampu tersebut jangan dinyalakan ketika kendaraan sedang melaju normal, agar pengendara lainnya mengerti OLXers akan bermanuver ke arah mana.

    Cek Tekanan Angin, Ketebalan dan Alur Ban

    Dalam beberapa tips dan trik berkendara di musim hujan sebelumnya, ban juga selalu disebut sebagai salah satu bagian dari mobil yang harus mendapat perhatian lebih.

    Hal ini memang sangat masuk akal, mengingat bagian dari mobil inilah yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan yang dilalui, sehingga kondisi ban yang prima menjadi salah satu penentu keselamatan berkendara.

    Pastikan tekanan ban sudah sesuai standar pabrikan dan alur serta ketebalannya masih bagus. Tekanan ban dan alur ban yang masih baik mengurangi risiko kendaraan melayang diatas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip). 

    Jangan ambil risiko berkendara menggunakan ban yang sudah tipis.

    Pastikan Sistem Kontrol Kendaraan Berfungsi Dengan Baik

    Kontrol kendaraan ada pada bagian ini, lingkar kemudi, pedal gas, pedal rem, dan pedal kopling jika mobil bertransmisi manual. Selalu pastikan bagian-bagian kontrol ini berfungsi dengan baik. 

    Memasuki musim hujan seperti ini, setidaknya beri perhatian ekstra pada sistem kontrol tersebut. Ada baiknya mobil dibawa ke bengkel resmi untuk mendapatkan perawatan berkala demi memastikan semua bagian di kendaraan berfungsi normal.

    Ganti kampas rem jika dirasa perlu demi mendapatkan hasil pengereman optimal. 

    Kontrol Kecepatan Jika Berkendara Saat Hujan Turun

    Seperti yang disebutkan di awal, saat hujan turun, kondisi permukaan jalan biasanya menjadi sangat licin.

    Untuk mengurangi risiko ban kendaraan menjadi slip, sebaiknya tahan kecepatan kendaraan, jangan terlalu tinggi. Tetapi terlalu pelan juga akan mengganggu pengguna jalan lainnya.

    Mengontrol laju kendaraan saat hujan turun akan mengurangi risiko kecelakaan. Speed rendah juga membuat daya cengkram ban di permukaan aspal jadi lebih menggigit dan lebih kuat. 

    Jaga Jarak Dengan Kendaraan Lain

    Ini juga salah satu kiat penting berkendara saat hujan, menjaga jarak dengan kendaraan lainnya.

    Saat berkendara di jalan tol dalam kondisi hujan, pastikan jarak kendaraan OLXers dengan kendaraan di depan berjarak tiga detik. 

    Dengan menjaga jarak ideal, OLXer masih punya ruang lebih ketika kendaraan di depan mengalami masalah untuk melakukan akselerasi dan menghindari terjadinya tabrakan beruntun.

    Jaga Putaran Mesin (RPM)

    Berkendara di tengah kondisi hujan, saat menemui tanjakan, disarankan jangan terlalu dalam menekan pedal gas. Tujuannya untuk memelihara traksi roda tetap optimal. 

    Untuk mobil bermesin bensin usahakan untuk menjaga putaran mesin di 2500 rpm, sedangkan untuk mobil mesin diesel tahan rpm di angka 1.800. Hal ini dilakukan untuk menghindari supaya ban mobil tidak slip.

    Jangan Paksa Menerobos Genangan Air Tinggi

    Jangan memaksakan untuk menerobos genangan air yang cukup tinggi karena akan sangat berpotensi menyebabkan terjadinya water hammer. 

    Water hammer adalah kondisi air terhisap masuk ke dalam mesin melalui saluran udara dan akan menyebabkan mesin mobil mati. 

    Kalau sampai OLXers mengalami hal ini, sudah dipastikan klaim asuransi kerusakan mobil OLXers bakalan ditolak. 

    Biasakan Mengatur Rute Perjalanan

    Sebelum berangkat beraktivitas menggunakan mobil di musim hujan, biasakan untuk merencanakan rute perjalanan. 

    Sebagai penduduk lokal, OLXers tentu sudah tau titik-titik wilayah rawan banjir saat hujan turun. Hindari wilayah tersebut dengan memilih rute yang lain. 

    Kalaupun jadi lebih jauh, tidak apa-apa, setidaknya OLXers bisa sampai di tujuan dengan selamat dan mobil kesayangan OLXers tetap aman.

    Perhatikan Pengaturan Suhu AC

    Saat hujan turun, perbedaan suhu kabin dengan suhu diluar akan menyebabkan kaca mobil berembun dan mengakibatkan penglihatan pengemudi terganggu.

    Atur suhu AC mobil dengan benar, jangan arahkan semburan AC mobil ke jendela kiri atau kanan, karena itu justru yang akan membuat kaca mengembun. 

    Jangan pernah berpikir untuk mematikan AC, karena ini pasti akan membuat kaca berembun parah. 

    Untuk mobil-mobil yang sudah memiliki fitur defogger, sebaiknya aktifkan fitur tersebut untuk mencegah kaca mengembun.

    Nah itulah berbagai tips dan trik berkendara di musim hujan, tetap berhati-hati, terus update situasi jalan melalui siaran radio dan tetap berkendara aman dengan tidak menggunakan hape saat menyetir.

    Program Menarik Beli Mobil Bekas di OLX Autos Hingga Akhir Tahun

    Bagi masyarakat yang berminat untuk membeli mobil bekas, OLX Autos sebagai platform omnichannel jual beli mobil bekas terbesar di Indonesia menghadirkan program penjualan menarik hingga akhir tahun ini.

    Konsumen bisa dengan mudah membeli mobil bekas berkualitas di OLX Autos dengan memilih skema kredit berupa pembayaran total down payment (TDP) sebesar Rp1 juta atau cicilan hanya Rp1 juta per bulan.

    OLXers bisa memilih dan membeli dari ribuan mobil bekas berkualitas yang dijual di OLX Autos.

    Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai OLX Autos Indonesia, silakan kunjungi
    www.olxautos.co.id atau hubungi 150264.

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here