Senin, November 29, 2021
OLX Auto
More
    TipsTips Berkendara Hemat BBM dan Ramah Lingkungan Ala Pemerhati Transportasi

    Tips Berkendara Hemat BBM dan Ramah Lingkungan Ala Pemerhati Transportasi

    Beberapa permasalahan seiring meningkatnya volume kendaraan di jalan raya, yaitu mulai dari kecelakaan lalu lintas hingga polusi udara yang sudah berada di ambang batas normal. 

    Nah, kasus-kasus yang berdampak negatif saat di jalan raya menurut Pemerhati Transportasi Budiyanto pada dasarnya bisa ditekan, salah satunya dengan cara mengemudi yang menerapkan teknik Eco Driving.

    Kata Budi, Eco Driving sendiri adalah cara mengemudi yang bertujuan untuk mengoptimalkan konsumsi bahan bakar secara efisiensi serta bertujuan mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas.

    “Dengan teknik mengemudi Eco Driving di tengah- tengah komunitas masyarakat perlu dilakukan, agar masyarakat paham tentang tata cara mengemudi yang hemat bahan bakar, mengurangi tingkat kecelakaan dan berkontribusi mengurangi polusi udara atau ramah lingkungan,” ungkap Budi dalam pesan tertulis.

    Budi menyatakan, Dengan teknik Eco Driving, masyarakat bisa merubah mindset atau pola pikir dalam memberikan kontribusi terhadap pelestarian lingkungan dengan mengurangi sumbangan gas karbondioksida yang selama ini menjadi penyumbang emisi karbon terbesar ketiga.

    Adapun kata Budi, persyaratan untuk melaksanakan Eco Driving, yaitu:

    1. Gunakan bahan bakar sesuai oktan yang disarankan, seperti kendaraan di atas tahun 2015 menggunakan oktan 92

    2. Periksa tekanan angin secara visual

    3. Hindari muatan yang berlebihan

    4. Servis mobil secara berkala.

    Sedangkan cara menerapkan thnik Eco Driving, antara lain:

    1. Menekan pedal secara perlahan, karena memulai start dengan akselerasi tinggi dapat menyebabkan konsumsi BBM secara berlebihan.

    2. Jaga jarak aman.

    3. Hindari melakukan posisi kaki setengah kopling khusus mobil transmisi manual

    4. Memanfaatkan engine brake untuk pengereman.

    5. Gunakan AC secara ideal.

    6. Tutup pintu jendela saat kecepatan tinggi.

    7 Tidak agresif saat mengemudi.

    Budi mengatakan, untuk mendapatkan ilmu soal teknik Eco Driving bisa dilakukan melalui balai atau tempat – tempat pelatihan yang dilengkapi infrastruktur dan pelatihan yang mencukupi.

    “Tentunya menjadi tanggung jawab para pemangku kepentingan yang bertanggung jawab dibidang lalu lintas dan angkutan Jalan untuk penyediaan sarana dan prasarana tersebut dalam rangka mewujudkan lalu lintas dan angkutan jalan yang berkeselamatan,” tutup Budi yang merupakan mantan Kasubdit Penegakan Hukum (Gakkum) Ditlantas Polda Metro Jaya.

     

     

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here