Selasa, November 30, 2021
OLX Auto
More
    TipsTips Cara Memoles Mobil Sendiri di Rumah

    Tips Cara Memoles Mobil Sendiri di Rumah

    Terkadang para pemilik mobil malas merawat mobilnya sendiri. Termasuk memoles mobil. Padahal, dengan memoles mobil, maka ini jadi cara ampuh agar mobil selalu tampil bersih dan mengkilap.

    Dengan memoles mobil sampai mengkilap maka sang pemilik mobil bisa tampil percaya diri saat mengemudi. Sebaliknya, jika mobil kotor dan kusam, justru kerap dianggap tidak peduli untuk melakukan perawatan.  

    Manfaat memoles mobil

    Mobil mengkilap
    Ilustrasi perawatan mobil jadi lebih mengkilap. (Shutterstock)

    Banyak pemilik mobil memang tak terlalu peduli agar mobilnya kinclong. Bahkan untuk sebagian orang, mobil hanya sekadar dicuci dengan air dan sabun.

    Padahal, memoles mobil sangat perlu dilakukan? Karena memiliki manfaat, seperti :

    1. Mobil terlihat terawat

    Mobil yang sudah dipoles tampilannya akan berbeda dengan mobil pada umumnya. Bahkan bisa terlihat seperti mobil baru dan berkilau, sehingga lebih menarik.

    2. Memberikan perlindungan pada lapisan cat

    Mobil yang sudah dipoles dengan proses yang baik dan benar juga dapat menepis kotoran, seperti debu hingga air, sehingga tak mudah menempel.  

    3. Mobil tidak terlihat kusam

    Bukan tak mungkin sebuah mobil akan menjadi kusam pada bagian cat. Apalagi, mobil yang sering terkena pancaran sinar matahari secara langsung. Namun begitu, berbeda dengan mobil yang sudah dipoles tentunya dapat mempertahankan warna lebih lama dan memberikan efek mengkilap.

    4. Mudah melakukan perawatan

    Jika mobil sudah dipoles, bukan tak mungkin untuk perawatannya sangat mudah. Pasalnya, mobil yang sudah dipoles bagian bodinya akan terasa licin. Alhasil, jangankan debu, air pun akan langsung mengalir saat menyentuh bodi mobil yang sudah dipoles.

    5. Menyamarkan bagian tidak sempurna

    Melakukan waxing pada mobil juga bisa menutupi ketidak sempurnaan pada bodi mobil. Contohnya, jika terdapat goresan-goresan halus pada bodi mobil, maka setelah di waxing akan menjadi tidak terlihat.

    Hanya saja, jika memang goresan pada bodi permanen atau jumlahnya cukup banyak, maka cara yang tepat adalah melakukan perbaikan, alias tidak hanya dengan cara waxing.

    6. Mencegah terjadi biaya perbaikan

    Dengan melakukan poles mobil dipercaya lebih menghemat biaya. Kenapa? Karena jika dibiarkan mobil kotor, cat kusam atau pudar dan munculnya karat, maka untuk mengembalikan warna aslinya dengan melakukan pengecatan ulang maka membutuhkan biaya lebih banyak.

    7. Harga harga jual lebih tinggi

    Mobil terawat tentunya jika dijual akan lebih mahal. Hal ini juga bisa menjadi faktor yang tepat jika mobil dipoles. Ya, meski mobil sudah berstatus bekas, namun apabila bodi bersih dan mengkilap maka hal itu akan mudah dilirik calon pembeli.

    Nah, untuk melakukan memoles biasanya banyak dilakukan di bengkel atau salon mobil. Hanya saja, untuk pergi ke salon mobil dibutuhkan ongkos untuk membayarnya, yang tentunya tidak bisa disebut murah alias mahal.

    Jika OLXer ingin mengetahui cara memoles secara mandiri lihat ulasannya di bawah ini.

    Cara memoles mobil sendiri di rumah

    Perlengkapan poles mobil
    Ilustrasi beberapa perlengkapan memoles mobil. (Shutterstock)

    Jika OLXer sudah mengetahui manfaat memoles mobil, maka tidak ada salahnya menerapkannya sendiri. Nah, untuk mengetahui cara memoles mobil berikut ini tahapan yang bisa OLXer lakukan di rumah.

    1. Luangkan waktu

    Ketika hendak memoles mobil sebaiknya luangkan waktu. Sebab, jika terjadi gangguan seperti ada keperluan lain yang membuat OLXer harus pergi, maka akan membuat pengerjaan ikut terganggu dan hasilnya tidak akan memuaskan.

    2. Simpan mobil di tempat teduh

    Sebaiknya jika ingin memoles mobil, maka simpan mobil di tempat teduh atau tertutup. Pasalnya, jika berada di tempat terbuka, maka dapat hal itu dapat terhindar sinar matahari yang dapat membuat obat poles poles atau wax cepat mengering dan sulit dibersihkan.

    Sebaliknya, ada baiknya memoles mobil di area lebih tertutup, seperti ruangan atau garasi, agar terhindar dari debu hingga hujan yang turun secara tiba-tiba. Disarankan jangan memoles mobil di bawah pohon, karena dikhawatirkan dapat terkena kotoran binatang atau ranting jatuh sehingga mobil mudah lecet atau baret.

    3. Cuci mobil

    Mencuci mobil jadi tahapan awal sebelum proses poles. Sebab, hal tersebut guna merontokan kotoran dan debu yang menempel di bodi mobil.

    Jika saja kotoran menempel di bodi, maka saat memoles bisa mengakibatkan timbul baret atau lecet. Perlu dicatat juga, sebelum mencuci dan memoles mobil, pastikan suhu mobil normal atau dingin.

    4. Pastikan kondisi mobil kering

    Apabila mobil sudah dicuci bersih, sebaiknya keringkan dengan menggunakan lap microfiber atau bisa juga lap chamois yang mempunya lapisan lembut dan mudah menyerap air.

    Perlu dicatat, jangan biarkan mobil habis dicuci kering dengan sendirinya karena ditiup angin. Sebab jika terkena angin maka akan lebih cepat menimbulkan bercak, debu menempel, bahkan jamur.

    5. Siapkan berbagai peralatan

    Ketika akan memoles mobil, maka persiapkan segala peralatan yang dibutuhkan, termasuk obat untuk memoles mobil yang jenisnya bisa cair atau pasta.

    Biasanya bahan untuk memoles mobil mudah dijumpai termasuk bisa dibeli secara online. Selain itu, OLXer juga bisa menggunakan kompon, karena dipercaya ampuh mengkilapkan bodi mobil. Jangan lupa siapkan dua lap dan pastinya lap yang satunya harus lembut. Bisa juga menggunakan lap microfiber.

    6. Proses poles

    Jika bodi sudah kering dan perlengkapan poles sudah tersedia, maka langkah selanjutnya yang perlu OLXer lakukan adalah, oleskan obat poles ke lap kering, kemudian OLXer mengusapnya ke bodi mobil secara merata. 

    Pastikan ketika memoles mobil dilakukan di satu tempat terlebih dahulu. Misalnya panel bodi bagian pintu kanan secara menyeluruh. Kemudian pindah tempat. Cara memolesnya bisa dilakukan dengan memutar dan diulang beberapa kali agar dapat hasil yang maksimal.

    Setelah meratakan obatnya ke bodi mobil, diamkan kurang lebih lima menit. Setelah itu, gunakan lap bertekstur halus atau microfiber untuk proses Lapping atau agar terlihat mengkilap.

    Hindari hal ini saat memoles mobil

    Ilustrasi memoles mobil
    Seorang pria sedang melakukan proses waxing. (Shutterstock)

    Mobil kinclong pasca mobil dipoles memang lebih sedap dipandang. Namun begitu saat melakukan pemolesan ternyata tidak boleh sembarangan.

    Menurut berbagai sumber, yang harus diketahui saat hendak memoles mobil yaitu memperhatikan obat poles yang digunakan. Perhatikan kandungannya, apakah mengandung zat kimia berlebihan dan membahayakan atau tidak.

    Selain itu, OLXer juga harus memperhatikan obat poles atau wax yang mengandung silikon. Sebab, jika terlalu banyak silikon kemudian digunakan terus menerus, maka hal itu akan membuat lapisan vernis terkikis sehingga tak lagi mengkilap dan justru menjadi kusam.

    Disarankan jika ingin memoles mobil, lakukan setidaknya tiga bulan sekali. Apabila setelah memoles, maka lagikan coating atau laminating pada cat mobil agar lebih tahan lama dan mengkilap.

    Jika OLXer memiliki dana untuk merawat mobil agar tampak mengkilap, tidak ada salahnya bisa dilakukan di salon mobil, yang tentunya proses pengerjaan akan lebih detail dan menggunakan perlengkapan memadai, ditambah teknisi yang berpengalaman.

    Merawat mobil tetap mengkilap

    Mencuci mobil
    Mencuci mobil salah satu cara merawat mobil agar tetap kinclong. (Shutterstock)

    Jika OLXer ingin membuat bodi mobil selalu mengkilap dan terhindar dari cat bodi kusam, memoles mobil memang caranya.

    Akan tetapi, selain melakukan poles, ada juga cara lain yang sangat mudah sehingga bodi mobil tidak cepat kusam. Nah car aini sebenarnya mirip dengan ulasan manfaat memoles mobil, yaitu:

    1. Rajin mencuci mobil

    Hal paling dasar untuk membuat bodi mobil selalu bersih yaitu dengan cara mencuci. Akan tetapi, untuk mencuci mobil sebaiknya tidak asal-asalan, seperti hanya basah dan terkena sabun saja.

    2. Gunakan peralatan mencuci yang tepat

    Jangan menggunakan air kotor saat mencuci. Sebaliknya pakai air bersih, gunakan sabun dan shampo khusus dengan tingkat PH mendekati 7, serta semprot air secara menyeluruh dengan tekanan sedang.

    3. Simpan di tempat yang teduh

    Menyimpan mobil sebaiknya dilakukan di tempat teduh. Hal ini untuk menghindari dari paparan sinar matahari langsung yang mengandung ultra violet dan membuat mobil lama kelamaan jadi kusam.

    Ketika mencuci mobil, sebaiknya hindari tempat terbuka, karena  dikhawatirkan mobil akan mudah diterpa angin, sehingga air yang menempel di bodi mobil lebih cepat mengering, sehingga mudah menimbulkan bercak.

    4. Hindari menyimpan mobil di bawah pohon

    Tak sedikit pemilik mobil menyimpan mobil di bawah pohon, dengan alasan lebih ‘adem’ dan terhindari dari sinar matahari langsung. Padahal, hal ini justru menimbulkan resiko lebih parah, yaitu terkena kotoran hewan, getah pohon, dan juga ranting yang berjatuhan.

    Perlu dicatat, jika terkena hewan dan dibiarkan lama, maka senyawa kimia yang terkandung di dalam kotoran akan membuat car mobil lebih cepat pudar. Demikian juga dengan getah pohon, maka ketika menempel sulit dihilangkan.

    5. Gunakan sarung mobil

    Memiliki atau tidak sebuah garasi, setidaknya mobil yang sedang tidak dipakai bisa ditutup menggunakan sarung mobil. Selain menghindari dari sinar matahari, menutupi dengan sarung mobil bisa meminimalisir debu menempel, dan juga bodi tergoreng langsung.

    6. Bersihkan setelah terkena hujan

    Satu hal yang seringkali pemilik mobil lupa, yaitu membersihkan bodi mobil jika setelah terkena hujan. Ya, biasanya setelah mobil digunakan dan turun hujan, sang pemilik malas membersihkannya kembali dengan alasan capai dan letih.

    Namun, jika hal tersebut sering dilakukan maka mobil Anda akan menjadi korbannya. Hal ini karena air hujan yang mengandung asam dan asin, jika tak langsung dibersihkan akan dapat menimbulkan bercak dan juga karat.

    Sebaiknya, jika mobil basah karena hujan, OLXer harus mencucinya kembali.

    Nah, itulah beberapa tips penting yang bisa OLXer terapkan di rumah.

     

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here