Sabtu, Mei 21, 2022
More
    TipsTips Dasar Cara Aman Trabas di Jalur Off Road Pakai Sepeda Motor

    Tips Dasar Cara Aman Trabas di Jalur Off Road Pakai Sepeda Motor

    Tidak semua kondisi jalan selalu mulus karena adanya aspal dan beton. Sebaliknya, jalanan rusak, bebatuan, becekan dan lumpur juga sering kali kita temui ketika berkendara.

    Perlu OLXer tahu, keberadaan kondisi jalan yang tidak rata seperti jalur off road sebenarnya cukup digemari, terlebih bagi pengendara motor trail. Tentu saja, sensasi yang dirasakan sangat berbeda, dibandingkan melaju di jalanan mulus.

    Namun begitu, OLXer juga harus tahu, jika ingin melakukan trabas pertama kali perlu beberapa pengetahuan dasar yang perlu diterapkan, apalagi ketika harus melaju di jalanan lubang, berlumpur, dan rusak, hingga parkir di tempat tidak rata.

    Nah, berdasarkan keterangan resmi Yamaha, berikut ini ada beberapa trik yang bisa OLXer lakukan, antara lain:

    1.  Jalan Berlumpur atau Berlubang

    Ketika dihadapkan dengan jalur berlumpur atau belubang, pastikan jalur tersebut aman dilewati. OLXer tak perlu buru-buru, tetapi pacu sepeda motor secara perlahan saat masuk di lubang atau lumpur.

    Oia, posisi kaki harus siap siaga bergerak terlebih jika terjadi slip, kemudian hindari lakukan pengereman dan akselerasi secara tiba-tiba, karena bisa menyebabkan motor tergelincir dan terjatuh.

    2.Jalan Rusak atau Berbatu

    Ketika harus melaju di jalan rusak bebatuan, posisi berkendara disarankan berdiri (dengan sudah menguasai riding position off road), kemudian tangan relax atau hindari melawan pergerakan stang dengan keras.

    Pastikan menggunakan gear dan rpm yang tepat tak perlu ngebut, kemudian hindari pula melakukan akselerasi tiba-tiba dan hindari juga pengereman mendadak.

    3.Parkir di area tidak rata

    Nah, ketika sudah sampai atau istirahat di tempat yang tidak rata, itu juga ada triknya, yaitu pertama pastikan mesin dalam kondisi sudah off atau mati, kemudian gunakan gigi 1 saat parkir.

    Sebaliknya hindari posisi gigi N atau netral, karena dikhawatirkan dapat maju atau mundur. Selain itu, pastikan ketika parkir handle atau stang ditekuk penuh ke kiri.

    Jika sudah mengetahui dasar-dasar ini, silahkan mencoba ya, dan jangan lupa gunakan perlengkapan keamanan dan keselamatan yang lengkap untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

     

     

    Baca juga  7 Cara Jika Mobil Terpaksa Harus Melewati Jalan Genangan Pasca Hujan

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here