Rabu, Desember 1, 2021
OLX Auto
More
    TipsTips Melintas Jalur Trans Jawa ala Rifat Sungkar

    Tips Melintas Jalur Trans Jawa ala Rifat Sungkar

    JAKARTA – Tahun ini jalur Tol Trans Jawa dipastikan bakal dipadati pemudik yang hendak berlebaran di kampung halaman. Hal ini pula membuat tol berjarak 965 km itu akan diberlalukan sistem one way atau satu arah mulai dari KM 25 Cibitung hingga KM 262 Brebes Barat, pada 31 Mei-2 Juni 2019.

    Nah, bicara soal jalur Tol Trans Jawa, pebalap nasional Rifat Sungkar memberikan tips yang perlu dipehatikan calon pemudik yang mengendarai mobil pribadi. Kata dia, meski kondisi tol lebih bagus dibandingkan tahun lalu, namun ada yang tetap harus diperhatikan.

    “Pertama, antisipasi malam itu masih penting, karena penerangan malamnya kurang,” ujar Rifat saat ditemui beberapa waktu lalu.

    Karena penerangan cukup kurang, suami Sissy Priscillia itu mengatakan, ada baiknya membawa barang-barang barang yang dapat memantulkan cahaya, seperti segitiga reflektor dan rompi reflektor.

    Untuk segitiga reflektor akan sangat berguna ketika mobil berhenti dalam kondisi darurat akibat ada masalah. Sedangkan rompi yang menyala juga sangat membantu pengendara lain ketika melihat keberadaan seseorang di depan yang sedang memperbaiki ban atau hal lainnya.  

    Rifat menyarakan, untuk pengemudi truk disarankan menggunakan sticker scotlite dengan ukuran lebih besar di bagian belakang. Hal ini
    karena lebih murah dibandingkan dengan pemasangan lampu tambahan.

    Selain itu, penggunaan sticker scotlite juga bukan hanya jadi penghias saja, melainkan dapat juga sebagai salah satu faktor keselamatan, seperti yang diterapkan sejumlah kendaraan di luar negeri.

    “Kenapa skotlet? Karena kalau melihat tiba-tiba nyala gede, maka Anda tau itu adalah barang gede dari jauh. Kalau lampu hanya bisa dipasang di bawah, nanti kalau sudah deket baru tau kalau itu barang gede. Termasuk juga bus,” ucapnya.

    Menurut Rifat, jika pengemudi belum pernah melaju di Tol Trans Jawa, maka cara untuk mengantisipasi yaitu mengisi bahan bakar secara penuh. Hal ini untuk mengantisipasi bahan bakar habis.

    “Anda tidak akan pernah tau konsumsi bahan bakar, masa bisa dihitung kalo Anda berhenti 3 jam. Kalau isi bensin jangan (berfikir) nanti. Jadi paling deket dari rumah langsung isi. Keep it high!” tutup Rifat. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here