Minggu, November 28, 2021
OLX Auto
More
    BeritaTips Membeli Mobil Bekas Taksi, Jangan Tergiur Harga

    Tips Membeli Mobil Bekas Taksi, Jangan Tergiur Harga

    Membeli mobil bekas bukan lagi hal tabu. Sebaliknya, mobil bekas kini jadi pilihan bagi masyarakat, terutama mereka yang tak punya banyak budget untuk membeli mobil baru.

    Namun yang OLXer harus tahu, untuk membeli mobil bekas tidak hanya harus pergi ke dealer atau perorangan, karena perusahaan atau pool taksi juga menjual mobil bekas.

    Ya, mobil bekas yang dijual oleh perusahaan taksi biasanya merupakan mobil yang dipensiunkan secara paksa. Artinya, seperti sudah jadi keharusan perusahaan taksi jika 4-5 tahun armada taksi nya wajib diganti, meski belum rusak.

    Alasan pilih mobil taksi

    Toyota Limo bekas taksi
    Toyota Limo bekas taksi. 

    Beberapa waktu tim News OLX sempat menyambangi pool taksi Blue Bird Ciputat yang berada di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Nah, disana puluhan mobil bekas taksi berderet rapi dan masih terlihat menarik, mulai dari Limo, Mercy hingga Alphard.

    Bicara soal mobil bekas taksi, ternyata masih banyak yang tidak tau bahwa, mobil yang dijual bukan karena mobil tersebut bermasalah lantaran jarak tempuh nya sudah jauh.

    Bahkan contohnya perusahaan dengan logo burung berwarna biru Blue Bird, punya alasan menjual taksinya harus dengan catatan usia mobil 4-5 tahun masa pemakaian, yaitu untuk memberikan kenyamanan kepada konsumen dengan unit selalu baru.

    Nah berikut ini ada beberapa fakta menarik jika ingin melirik mobil bekas taksi seperti Blue Bird.

    1. Menerapkan SAP (System Application and Product)

    Apa itu SAP? Ternyata ini merupakan tools IT yang dapat membantu perusahaan Blue Bird untuk melakukan pendataan yang lebih akurat pada mobil operasional yang digunakan untuk taksi.

    Salah satu fungsi SAP yaitu mampu mengingatkan pengemudi taksi bahwa mobil yang dipakai untuk mengantarkan penumpang tersebut agar melakukan servis secara rutin dan juga penggantian sparepart tepat waktu.

    Sebaliknya, jika mobil taksi sudah masuk jadwal servis, maka tidak bisa dioperasikan, sehingga tidak akan lebih kilometernya. Dengan penggunaan SAP maka data akan real dan tak ada pengemudi taksi yang bisa mempermainkan KM.

    2. Mobil taksi diatasi mekanik ahlinya

    Blue Bird memiliki beberapa model mobil dan bekerja sama dengan para vendor mulai dari Nissan, Toyota, hingga Mercedes-Benz.

    Lebih lanjut, vendor-vendor ini tidak hanya sekadar sebagai pennyuplai mobil, tetapi melakukan studi banding dan pertukaran tenaga ahli. Dengan begitu,  para mekanik yang memperbaiki mobil-mobil taksi lebih mengetahui seluk beluk jeroan mesin mobil yang bermasalah.

    3. Spare part atau komponen original

    Selain jadwa servis rutin, dan mekanik handal, spare part yang digunakan untuk sebuah taksi Blue Bird tidak sembarangan apalagi pakai ‘KW’.

    Maka dari itu, jika dijual, mesin atau part-part mobil yang menempel selama 4-5 tahun bisa disebut masih asli, termasuk ketika sudah dijual dengan status bekas.

    4. Mobil taksi hasil rekomendasi

    OLXer juga perlu tahu, untuk menentukan sebuah model mobil agar bisa dijadikan armada taksi pada dasarnya tidak semudah membalikan tangan. Ya, ada beberapa pengujian dan itu telah direkomendasikan sehingga laik jadi taksi.

    Nah, beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa menjadi mobil taksi antara lain soal irit bahan bakar, spare part mudah, dan mekanik yang menanganinya mampu mengerjakannya karena sudah teruji.

    Tips Membeli Mobil Bekas Taksi

    Mobil bekas taksi pool Blue Bird Ciputat
    Mobil bekas taksi pool Blue Bird Ciputat. (Herdi Muhardi)

    1. Tentukan budget

    Ketika OLXer berencana membeli mobil bekas taksi, maka yang perlu diperhatikan tentukan berapa besaran budget yang dimiliki. Meski banyak yang menganggap harga mobil bekas taksi murah meriah, namun faktanya ada beberapa model taksi yang masuk segmen premium. Alhasil, harganya pasti berbeda-beda.

    Seperti halnya Toyota Limo atau Honda Mobilio, harganya tentu berbeda dengan Toyota Alphard atau Mercedes-Benz C200 .

    2. Pilih perusahaan taksi reputasinya baik

    Saat membeli mobil bekas taksi hal yang perlu diperhatikan adalah mengetahui asal muasal taksi. Sebab, beberapa perusahaan taksi ada yang memiliki reputasi baik, dimana mereka secara berkala memperhatikan dan melakukan perawatan.

    3. Jangan tergiur harga

    Satu hal yang OLXer harus ketahui, jangan tergiur dengan harga. Ya, harga mobil bekas taksi memang masih sangat terjangkau, namun tetap harus perhatikan karena harga murah bisa saja jadi masalah. 

    Demikian juga harga mahal belum tentu baik. Maka dari itu, lakukan berbagai pengecekan termasuk membandingkan harga dengan taksi model serupa.

    4.  Pastikan bukan bekas kecelakaan atau banjir

    Saat hendak membeli mobil bekas sebaiknya membawa teknisi ahli yang OLXer percaya. Maka minta beliau untuk melakukan mengecek apakah mobil bekas kecelakaan atau banjir.

    Jika mobil bekas tergores bagian bodi itu memang tidak masalah, karena hanya kecelakaan ringan. Tapi jika telah terjadi kecelakaan berat, seperti rangka atau bengkok, pilar kaca depan atau belakang sudah tidak original, permukaan kap mesin tidak rata, pintu sulit dioperasikan, dan beberapa hal lainnya, maka hal itulah yang patut dicurigai serta tak perlu dibeli.

    Sedangkan mobil bekas banjir, biasanya aromanya bau apek pada bagian interior. Jika belum percaya bisa memeriksa beberapa celah yang biasanya terdapat endapan kotoran. Selain itu, pastikan tempat membeli mobil bekas taksi tidak pernah terendam banjir.

    5.  Lakukan pengecekan

    Saat membeli mobil lakukan berbagai pengecekan seperti bagian mesin, radiator, sasis, kaki-kaki, radiator, dan pastinya interior. Jika kurang paham soal mesin maka ajak ahlinya seperti mekanik bengkel atau menyewa tim inspeksi.

    Ketika hendak mengecek mesin, coba minta dinyalakan dan dengarkan suara mesin serta lihat getarannya. Jika terdapat mesin bermasalah, biasanya ada suara-suara berbeda dan terasa berisik.

    Karena taksi biasanya menempuh jarak ratusan ribu kilometer, maka bukan tak mungkin kaki-kaki suspensi bermasalah, lantaran sudah melalui berbagai medan jalan. Maka dari itu cek bagian-bagian seperti bushing, ball joint, tie road, hingga shockbreaker

    Pengecekan juga perlu dilakukan pada radiator atau sistem pendingin termasuk sirkulasi coolant, serta bagian motor cooling fan.

    Terakhir cek bagian interior. Beberapa pengecekan bisa dilakukan seperti kelengkapan fitur-fitur yang ada, seperti kondisi atau fungsi AC dan system audio.

    6. Periksa surat-surat

    Saat hendak membeli mobil bekas taksi OLXer juga perlu melakukan pemeriksaan surat-surat kendaraan mulai dari STNK sampai BPKB.

    OLXer juga harus mencocokan beberapa hal pada bagian mobil agar sesuai dengan di STNK dan BPKB, seperti nomor rangka dan nomor mesin.

    Selain itu, jika OLXer memang berminat, maka pastikan beberapa hal diurus langsung oleh perusahaan taksi. Ya, biasanya mobil bekas taksi yang hendak dijual ke masyarakat, akan dibantu balik nama pada STNK karena plat nomor tak lagi kuning, melainkan hitam.

    Tidak hanya itu, pastikan pula jika membeli mobilnya kepemilikan berubah menjadi nama Anda, bukan lagi atas nama perusahaan taksi.

    7. Lakukan Test Drive

    Sama seperti membeli mobil baru, mobil bekas taksi juga perlu dilakukan uji coba atau test drive. Saat melakukan pengujian pastikan semua beroperasi normal.

    Cara membedakan mobil bekas taksi dan bukan

    Interior Mercedes Benz C200 bekas taksi
    Interior Mercedes Benz C200 bekas taksi. (Blue Bird)

    Tak sedikit orang masih ragu jika membeli mobil bekas taksi karena kualitasnya. Bahkan ada juga orang malas membeli mobil second, karena khawatir mereka ditipu penjual lantaran mobil yang dibeli adalah mobil bekas taksi.

    Perlu diketahui jika secara kasat mata mobil bekas taksi atau tidak, bisa dilihat dari wujud pada eksterior maupun interior. Hanya saja semua itu bisa sama sekali tidak terlihat.

    Nah, OLXer yang memang ingin membeli mobil bekas, tapi bukan eks taksi, sebaiknya mengetahui apa saja yang bisa menjadi pembedanya.

    Untuk mobil bekas taksi atau tidak bisa terlihat dari grille, lampu hingga pelek yang biasanya dibuat standar. Demikian juga pada bagian interior, di mana dashboard lebih sederhana, termasuk tidak adanya power window dan masih engkol. 

    Singkat kata, secara keseluruhan mobil bekas taksi memiliki tampilan lebih sederhana dan minim fitur-fitur unggulan seperti mobil bekas bukan taksi. 

    Perlu dicatat, jika ada yang menyebutkan bahwa mobil bekas taksi bisa dilihat dari jarak odometer yang mencapai ratusan ribu kilometer hanya dalam waktu singkat. Sedangkan untuk mobil pribadi biasanya masih sekitar puluhan ribu kilometer.

    Namun begitu, satu hal yang paling bisa membedakan mobil tersebut bekas taksi atau bukan bisa dicek langsung surat-surat seperti STNK dan BPKB-nya. Ya, mobil bekas taksi biasanya atas nama perusahaan.

    Jika STNK bisa dilakukan balik nama, namun jika pada BPKB pada lembar  pertama masih atas nama perusahaan taksi.

    Kelebihan dan Kekurangan Membeli Mobil Bekas Taksi

    Mobil bekas taksi pool Blue Bird Ciputat 1
    Mobil bekas taksi pool Blue Bird Ciputat. (Herdi Muhardi)

    Membeli mobil bekas taksi juga punya keuntungan dan kekurangan, antara lain:

    Kelebihan

    1. Harganya murah

    Keuntungan membeli mobil bekas taksi biasanya harganya cenderung lebih murah untuk sebuah mobil dengan usia 4-5 tahun.

    2. Mobil terpilih

    Biasanya, perusahaan taksi memilih mobil untuk armada taksi karena ketangguhannya. Demikian juga untuk urusan bahan bakar, mereka sangat menginginkan mobilnya tidak boros. Oleh karena itu, perusahaan taksi selalu memilih mobil terbaik.

    3. Bodi mobil mulus

    Perusahaan taksi biasanya sebelum menjual mobilnya, mereka mengganti atau mengecat ulang warna bodi mobil atau bisa juga melakukan berbagai perbaikan pada bagian bodi. Alhasil, cat baru ini membuat bodi mobil jadi terlihat mulus.

    4. Suku cadang relatif murah

    Sebuah suku cadang mobil bekas taksi biasanya mudah didapat dan harganya relatif cukup murah.

    5. Mobil dirawat

    Perusahaan taksi selalu menjaga mobilnya dengan melakukan perawatan berkala secara rutin. Tentunya, mobil taksi terjaga kondisi, termasuk dalam hal pergantian spare part, dan ditangani mekanik ahli.

    Kekurangan

    1. Mobil cape

    Kekurangan pertama, mobil taksi disebut mobil cape. Hal ini karena rata-rata mobil taksi bisa menempuh jarak sampai ratusan ribu kilometer dalam waktu singkat.  

    2. Fitur standar

    Rata-rata mobil taksi tidak dilengkapi dengan fitur seperti mobil pada umumnya. Ya, mobil taksi kebanyakan merupakan varian paling bawah yang tidak dijejali fitur-fitur terkini.

    3. Pilihan terbatas

    Varian mobil taksi memang tidak banyak model dan tipenya. Alhasil, calon pembeli hanya memilih mobil yang ada saja.

    4. Siapkan budget tambahan

    Biasanya ketika membeli mobil second, termasuk bekas taksi ada biaya tambahan seperti untuk merapikan mobil, hingga biaya balik nama.

    5. Beresiko muncul masalah

    Meski terlihat cukup baik dan menarik. Namun namanya mobil bekas pasti ada masalah atau kekurangan yang tak kasat mata.

    Harga mobil bekas taksi stabil 

    Hanya saja, mobil yang diproduksi masal seperti yang beredar di jalanan biasanya harga jual kembali akan merosot. Akan tetapi OLXer tak perlu khawatir, karena ada trik jitu yang dapat diterapkan sehingga harga jual mobil bekas tidak anjlok, yaitu:

    1. Kondisi Fisik Mobil

    Kondisi fisik mobil memang paling pertama yang diperhatikan banyak orang tak terkecuali jika hendak menjualnya. Konsumen akan melihat seluk beluk kondisi fisik mobil.

    Jika kondisi fisik mobil mulus tanpa baret atau cacat, bukan tak mungkin si calon konsumen akan jatuh cinta pada pandangan pertama.

    Oia, perlu dicatat mobil yang biasanya paling dihindari calon pembeli adalah mobil bekas tabrakan atau terkena banjir. Sedangkan kalau lecet atau baret obatnya cukup mudah tinggal di dempul dan body repair.

    2. Catatan Perawatan Berkala di Bengkel Resmi

    Salah satu faktor yang membuat harga mobil tetap tinggi yaitu melakukan perawatan berkala di bengkel. Biasanya dengan melakukan perawatan berkala, mobil sang pemilik jadi lebih terawat, sehingga kondisinya akan selalu prima dan performa terjaga.

    Nah, jika dilakukan perawatan di bengkel resmi, maka si calon pembeli bisa juga dengan mudah memeriksa data service. Dengan begitu, si calon pembeli bisanya jadi lebih percaya akan mobil yang dijual.

    3. Tidak Dimodifikasi

    Modifikasi untuk mendandani mobil sah-sah saja. Namun jika mobil akan dijual ada baiknya part atau aksesoris asli kembali dipasang seperti pertama kali membeli dari dealer resmi. 

    Kenapa? Pada dasarnya meski selera akan model, tipe dan brand sama, namun untuk gaya modifikasi setiap orang berbeda-beda. 

    Jika mobil OLXer dimodifikasi secara custom dan bukan plug and play, siap-siap saja tidak hanya harganya yang ditawar tinggi, namun bisa jadi kurang peminatnya. 

    4. Usia Mobil dan Jarak Tempuh

    Harga mobil bekas menjadi lebih rendah bisa saja dipengaruhi karena jarak tempuh. Pasalnya, jika mobil usianya muda, namun jarak tempuh sangat tinggi, hal tersebut dianggap bahwa mesin mobil sudah beroperasi cukup jauh, sehingga performanya tidak lagi greget.

    Seperti halnya mobil taksi, meski kondisi mesin tetap prima karena dilakukan perawatan secara rutin, namun anggapan orang mobil dengan jarak tempuh tinggi akan disebut mobil cape.

    Jika merujuk saran bengkel, standar mobil ke bengkel saja setiap enam bulan atau jarak 10.000 kilometer. Artinya, selama satu tahun, maka jarak idealnya hanya 20.000 km dan kalau punya mobil tiga tahun jarak tempuhnya 60.000 km.

    5. Usia Mobil 

    Usia mobil juga bisa mempengaruhi harga mobil. Pasalnya, semakin lama mobil dijual maka harganya akan lebih murah. Terlebih jika mobil memiliki usia lebih dari lima tahun.

    Adapun penyebab usia mobil lebih dari lima tahun harganya lebih rendah dikarenakan para produsen mobil di tahun kelima atau keenam bisanya meluncurkan model terbaru. Alhasil, model lama bisa dianggap ketinggalan jaman. 

    6. Kelengkapan Dokumen

    Mobil akan lebih mahal jika memiliki kelengkapan dokumen seperti BPKB, STNK, buku servis dan surat-surat lainnya. Jika tidak ada dokumen lengkap apalagi BPKB atau STNK, harga akan lebih rendah. 

    Bahkan, si calon konsumen juga enggan membeli mobil dengan tanpa dilengkapi surat-surat. Pasalnya, mereka takut jika mobil yang dijual terlibat masalah.

    7. Faktor Jenis dan Tipe Mobil

    Tak dipungkiri, mobil yang banyak beredar atau disukai banyak orang ternyata hal tersebut juga terjadi jika dalam kondisi bekas. Seperti hukum ekonomi, jika permintaan tinggi, maka harganya akan semakin tinggi.

    Selain itu, mobil-mobil dengan warna standar seperti hitam, putih dan abu-abu masih warna favorit, sehingga banyak juga dicari orang. Lain halnya dengan warna-warna ngejreng seperti pink, kuning, orange, hijau atau lainnya, yang justru tidak banyak dicari orang.

    Harga mobil bekas taksi

    Mercedes Benz C200 bekas taksi
    Mercedes Benz C200 bekas taksi. (Blue Bird)

    Jika OLXer ingin membeli mobil taksi, memang banyak ditemukan di pool tempat taksi itu mangkal. Akan tetapi, ada juga mobil bekas taksi dijual di Platform jual beli mobil bekas OLX.co.id.

    Ya, di OLX.co.id ada berbagai macam mobil bekas taksi mulai dari Toyota Limo Gen 2 dan 3 (2012-2015), Toyota Limo Gen 2 (2011), Toyota Etios sedan (2013), Toyota Soluna (2001-2003), KIA Cerato (2012-2013), Honda Mobilio (2015).

    Untuk harga mobil bekas taksi yang disebutkan di atas harganya sangat bervariasi mulai dari Rp 35 jutaan sampai Rp 150 jutaan.

    Sedangkan untuk mobil bekas taksi dengan skala premium, seperti Camry, Alphard, Mercedes Benz C200, tentu harganya bisa lebih tinggi mulai dari RP 100 juta sampai Rp 200 jutaan. 

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here