Senin, Agustus 8, 2022
More
    Mobil15 Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu

    15 Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu

    Ada banyak cara membeli mobil bekas agar mendapatkan unit dengan kondisi baik dan memenuhi kebutuhan anda. Dengan semakin banyaknya varian mobil bekas, maka dibutuhkan ketelitian dan tips membeli mobil bekas untuk memilih unit yang tepat. Hal ini agar anda juga tidak tertipu saat akan membeli mobil bekas pertama anda.

    Membeli mobil bekas dengan teliti sangat penting, karena jika anda membeli unit yang salah, bisa jadi akan banyak pengeluaran diluar dugaan seperti servis tambahan, membeli spare part pengganti, dan performa mesin mobil yang tidak tampak secara langsung, 

    Berikut beberapa tips beli mobil bekas, mulai dari cara memilih mobil bekas, menilai harga mobil, dan hal-hal lainnya yang harus diperhatikan agar tidak tertipu saat anda membeli mobil bekas!

    1. Menetapkan Budget Mobil Bekas 

    Setiap mobil yang akan anda beli, selain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, juga akan mempengaruhi kondisi keuangan anda. Selalu ingat, bahwa mobil juga termasuk investasi jangka panjang yang akan anda nikmati bila memilih unit yang tepat.

    Investasi yang kami maksud, mungkin bukan terkait finansial karena harga pasaran jual kembali mobil akan selalu turun. Akan tetapi investasi dari keamanan berkendara, kenyamanan, dan juga kemudahan dalam mobilitas sehari-hari.

    Karena memiliki mobil akan mempengaruhi hidup secara jangka panjang, utamakan memilih mobil bekas berdasarkan budget yang anda dapat tanggung. Mulai lakukan perhitungan untuk memperkirakan pengeluaran bahan bakar, perawatan, dan biaya-biaya lainnya yang mungkin anda keluarkan dari memiliki mobil bekas.

    Baca Juga: Mau Jual Mobil? Simak Tips Agar Tidak Tertipu Calon Pembeli

    2. Survei Harga Pasaran Mobil Yang Diinginkan

    Hal selanjutnya yang terpenting untuk dilakukan ketika membeli mobil bekas, ialah ketahui harga pasaran dari mobil yang anda inginkan. Cara termudah untuk mengetahui harga mobil bekas yakni melalui platform online seperti OLX mobil bekas atau OLX Autos, atau bisa langsung mendatangi dealer-dealer mobil bekas terdekat anda.  

    Dengan melakukan riset harga pasar, anda akan memiliki data yang akurat terkait harga sebuah mobil pada tahun tertentu. Hal ini akan sangat membantu untuk menyaring pilihan mobil yang sangat banyak tersedia. 

    Pilihlah mobil bekas dengan harga paling rasional. Harga rasional tersebut dalam artian, tidak terlalu mahal yang agar anda terhindar dari mengeluarkan terlalu banyak uang. Mobil yang ditawarkan dengan harga yang terlalu murah juga patut untuk di waspadai, karena bisa jadi ada banyak hal penting yang tidak terdapat dalam mobil tersebut yang menyebabkan nilai jual kembalinya jadi sangat rendah. 

    Bila anda menemukan mobil bekas dengan harga yang rasional, walau sedikit lebih mahal tetapi memiliki kelebihan dibanding mobil lainnya, anda bisa mempertimbangkan untuk cicil mobil bekas tersebut.

    tips membeli mobil bekas dengan cek eksterior mobil
    Cek kondisi eksterior mobil dengan detail untuk memahami kondisi mobil secara keseluruhan

    3. Cek Kondisi Eksterior Mobil Secara Keseluruhan 

    Memeriksa mobil bekas incaran bisa anda lakukan dari segi eksterior, maupun interior mobil. Pada bagian eksterior mobil, perhatikan segala beberapa detail berikut ini:

    1. Cat Mobil

    mulai dari cat. Akan lebih baik bila anda melihat langsung mobil yang ingin dibeli saat pagi atau siang hari.  Dengan penerangan langsung dari cahaya matahari, kondisi cat mobil bisa anda teliti dengan lebih jelas.

    Lihat secara detail terkait finishing dari cat mobil. Jika secara samar terdapat perbedaan warna, yang memungkinkan mobil sudah di cat ulang sebagian. 

    2. Kondisi Body Mobil

    Selanjutnya, periksa setiap bagian body mobil, mulai dari panel dan atap, bagian samping, depan, dan belakang. Periksa apakah terdapat goresan, penyok, dan karat yang umumnya ada pada mobil bekas.

    Untuk pemeriksaan yang lebih ekstra, bawalah juga magnet kecil dan tempelkan pada bagian body mobil. Jika magnet tidak menempel, ada kemungkinan body tersebut telah ditambal dengan body filler atau dempul. 

    Bagian terpenting lainnya adalah karat. Bagian mobil yang umumnya rawan berkarat adalah bagian roda, panel di bawah pintu, dan juga pada bumper. 

    Pastikan engsel dari mobil juga lancar untuk dibuka, seperti pada bagian kap mesin, pintu, dan bagasi. Nilai dari segi berat atau tidaknya saat dibuka/tutup, adanya bunyi engsel, dan segel karet yang mungkin telah sobek. 

    3. Suspensi Mobil

    Selanjutnya, tips membeli mobil bekas yang harus anda ikuti, ialah periksa suspensi dari mobil. Hal ini penting untuk segi kenyamanan anda berkendara. Cobalah untuk meminta test drive dari pemilik mobil atau dealer tempat anda membeli. 

    Coba juga untuk menekan-nekan mobil ke bawah di setiap sudut mobil. Jika suspensi dalam keadaan baik, maka akan memantul sekali saja. Selain itu, bisa juga anda mengecek suspensi bagian ban depan dengan menariknya kedepan dan kebelakang. 

    Perhatikan dari segi kelancaran suspensi atau bunyi yang mungkin terdengar.  Dari situ, anda bisa menilai kondisi suspensi mobil, dan apakah cukup nyaman bagi pengemudi dan penumpang. 

    4. Kelistrikan dan Penerangan Mobil

    Cek juga dari kelistrikan serta penerangan mobil apakah berfungsi dengan optimal. Selain penting untuk segi keselamatan, bagian kelistrikan dan penerangan mobil merupakan komponen mahal yang sangat menguras kantong apabila anda harus perbaiki ulang. 

    Saat memeriksa mobil, mintalah bantuan dari teman atau teknisi yang memahami hal tersebut agar anda bisa mendapat penilaian objektif dari mobil bekas yang akan dibeli. 

    5. Kaca Mobil

    Perhatikan dengan seksama pada bagian kaca. Hal ini penting untuk  memastikan tidak ada retakan halus dan memastikan apakah kondisi kaca masih layak untuk digunakan.

    Jika terdapat goresan atau lecet yang halus mungkin masih wajar ada pada mobil bekas. Namun jika terdapat retakan, kondisi tersebut akan semakin memburuk dan membuat anda harus mengeluarkan biaya lebih besar lagi untuk mengganti kaca mobil anda.

    6. Ban Mobil

    Terakhir namun tak kalah penting, pastikan kaki-kaki mobil bekas dalam kondisi baik.  Anda bisa tahu banyak tentang kondisi mobil melalui ban. Tanya dengan detail terkait apakah sudah pernah dilakukan penggantian ban. 

    Umur ideal dari ban agar dapat optimal digunakan ialah 3 tahun. Jika melewati jangka waktu tersebut, terlepas dari sering digunakan atau tidak, usia karet yang melewati batasnya akan mengurangi elastisitas dan ban cenderung menjadi keras.

    Pastikan juga terkait usia dari keempat ban relatif sama. Apabila ada salah satu ban yang diganti, jangan sungkan untuk bertanya alasannya dan bisa menjadi pertimbangan dari negosiasi harga, apabila ban dari mobil sudah tidak layak untuk digunakan. 

    Periksa detail ban mulai dari permukaannya yang aus atau tidak. Ban yang aus pada bagian bahu luar dan depan, memiliki kemungkinan mobil tersebut sering dikendarai dengan agresif. 

    Banyaknya kerutan retak dan aus pada bagian samping, juga mengindikasikan mobil tersebut sering kurang angin saat dikendarai. Periksa juga bagian velg dari roda apakah masih kokoh dan tidak ada penyok di segala sisinya.

    Selain itu, jangan lupa pastikan kelengkapan. Apakah ada ban serep untuk situasi darurat, dan juga kelengkapan dari alat  bongkar pasang ban seperti dongkrak, kunci dan bautnya 

    Baca juga: Beli Mobil di OLX Autos, Gratis Towing Selama 3 Bulan, Jika Dibutuhkan

    4. Cek Kondisi Interior Mobil Secara Keseluruhan 

    Bagian terpenting yang ada pada mobil, apalagi jika bukan interiornya. Bagi anda yang menggunakan mobil untuk bersama keluarga, faktor kenyamanan sangat penting apalagi mobil digunakan untuk perjalanan jauh.

    Berikut beberapa hal penting yang harus diperiksa dari bagian interior mobil:

    1. Bau Mobil

    Saat pertama kali membuka pintu mobil, kesan yang dapat anda tangkap dari sebuah mobil bekas pasti aromanya. Walau sering dilewatkan, namun bagian ini cukup penting untuk menjadi pertimbangan. 

    Misalkan mobil terasa bau apek, atau berjamur yang biasanya mengindikasikan kelembaban tinggi akibat kebocoran air. Bau-bau yang tidak mengenakkan biasanya akibat kebersihan karpet mobil dan banyaknya noda tumpahan minuman. 

    Bau tajam yang lain mungkin mengindikasikan mobil tersebut sebelumnya digunakan seorang perokok dan ini bisa menjadi pertimbangan bagi anda yang tidak menyukai hal tersebut. Mobil yang sebelumnya digunakan perokok juga harus diteliti dari karpet, jok mobil, dan bagian-bagian panel yang mungkin rusak akibat terkena percikan bara api.

    2. Kursi dan Jok Mobil

    Pastikan anda mengecek dan menduduki setiap seat di mobil bekas. Hal ini untuk memastikan bahwa seluruh penumpang dapat nyaman bila menumpang di mobil anda. 

    Hal terpenting pada bagian ini, jok mobil tidak boleh sobek, berkerut atau aus, terutama di mobil tahun tinggi yang jarak tempuhnya tergolong rendah. Coba semua penyetelan kursi untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik dan Anda dapat menemukan posisi mengemudi yang baik.

    3. Karet Pada Pedal

    Memerika karet pada pedal rem, kopling, dan akselerator (pedal gas). Walau sering dilewatkan saat memeriksa mobil bekas, hal ini justru penting karena memberi gambaran tentang penggunaan. 

    Mobil dengan KM rendah seharusnya tidak menunjukkan banyak keausan pada bagian karet pedal. Jika terdapat banyak kerusakan atau aus di beberapa titik pedal kopling atau akselerator, menunjukkan bahwa mobil telah banyak dikendarai.

    Memastikan karet pedal masih dalam kondisi baik, juga penting dalam faktor keselamatan anda saat berkendara, agar terhindar dari slip maupun hal-hal lainnya. 

    4. Instrumen Dashboard Mobil

    Hal yang bisa anda cek selanjutnya, ialah terkait pusat kontrol khususnya pada setir dan dashboard mobil bekas. Cobalah dengan menghidupkan kunci kontak tanpa menyalakan mesin. Pastikan semua lampu indikator menyala dan bekerja dengan baik.

    Perhatikan juga apabila ada hambatan saat mesin dihidupkan dalam kondisi dingin, serta cek setiap tombol, saklar, tuas baik dibagian kanan maupun kiri setir. Memastikan fungsi dari instrumen penting, karena sebagian besar fitur mobil anda akses dari sini.

    Misalkan dari segi AC, Audio, dan perangkat-perangkat lainnya harus anda bisa kontrol dengan mudah. Selain itu, cek juga kondisi AC dengan menjalankannya dengan kecepatan penuh untuk tau seberapa cepat kemampuannya mendinginkan mobil.

    5. Sistem Audio dan Suara

    Untuk kebutuhan hiburan, pastikan anda memilih mobil dengan fitur sound system yang minimal ada, seperti di AM, FM, dan radio satelit. Jika mobil memiliki pemutar CD, coba tes masukkan dan keluarkan disc dan pastikan berjalan lancar. 

    Anda juga bisa mengecek fitur bluetooth-nya dengan menggunakan smartphone atau pemutar MP3 Anda, dan pastikan bluetooth bekerja dengan baik.

    6. Cek Bagian Atap Mobil

    Hal yang harus anda teliti pada bagian dalam mobil, yakni atapnya. Periksa bagian headliner dan rangka atap, apakah ada kerusakan ataupun noda. Selain itu, cek bagian sela-sela untuk melihat apakah celah kebocoran air melalui pintu atau jendela yang tidak pas. 

    Jika mobil memiliki sunroof, periksa apakah dapat tertutup dengan rapat dan tidak terbuka sendiri saat dikendarai. Selain mengeceknya dengan dilihat, anda juga bisa sedikit mengendus untuk menemukan bau-bau jamur. Jika ada bau, kemungkinan bagian tersebut sering lembab karena terjadinya kebocoran air yang juga menyebabkan karat. 

    Baca juga: Beli Mobil Bekas di OLX Autos, Gratis Biaya Servis Berkala Sampai 30.000 Km

    tips membeli mobil bekas dengan mengecek performa mesin mobil
    Memastikan mesin berjalan tanpa masalah adalah hal penting sebelum membeli mobil bekas.

    5. Cek Performa Mesin

    Bagian penting selanjutnya untuk anda periksa agar tidak tertipu saat membeli mobil bekas, yakni pemeriksaan mesin. Saat akan memeriksa, akan lebih baik memeriksa saat kondisi mesin yang dingin. 

    1. Kondisi Fisik Mesin

    Pertama periksa kondisi umum ruang mesin. Kotoran dan debu adalah tidak masalah karena bisa dibersihkan, hanya saja, waspadalah jika Anda melihat oli berceceran di menetes di bawah mobil. Mengecek kabel-kabel juga penting, karena ada kemungkinan baterai tertutup korosi, atau terdapat kabel dan selang yang terlepas.

    2. Selang dan Belting Mobil

    Jika memungkinkan, anda juga bisa mengecek dengan memeras bagian selang karet yang mengalir ke radiator, A/C, dan bagian lainnya. Karet harus kuat dan lentur, tidak keras, retak, atau lembek. Perhatikan juga sabuk penggerak atau belting untuk menentukan apakah sudah robek.

    3. Cairan Mobil dan Pelumas 

    Jika anda melakukan riset sebelumnya tentang jenis mobil yang anda inginkan, pastikan memastikan apakah isi cairan mobil tidak berkurang atau terlalu kotor. Oli mesin harus berwarna coklat tua atau hitam tetapi tidak berpasir.  Jika minyaknya berwarna madu, itu baru saja diganti. 

    Perhatikan juga bagian dipstick atau pengecek oli, apakah terdapat tetesan air di atasnya atau menunjukkan oli abu-abu atau berbusa. Jika ia, hal ini menunjukkan blok mesin retak atau paking kepala pecah, hal ini merupakan masalah serius yang akan dihadapi pemilik mobil bekas ini.

    4. Radiator Mesin

    Untuk mengecek radiator, coba perhatikan tabung plastik yang dihubungkan oleh selang karet ke radiator. Cairan pendingin yang baik, harus berwarna kehijauan atau oranye, bukan warna putih susu dan berkarat. Jika terdapat noda kehijauan di bagian luar radiator, hal itu merupakan indikasi adanya  kebocoran di radiator.

    Baterai: Beberapa yang “bebas perawatan” memiliki

    Kendaraan listrik dan hibrida: Pastikan baterai terisi penuh sebelum test drive, sehingga Anda dapat mengamati jangkauan proyeksinya. Untuk hibrida, periksa tampilan dalam mobil untuk memastikan bahwa baterai sedang diisi dan dikosongkan saat Anda mengemudi.

    5. Baterai Mobil

    Pastikan kondisi aki atau baterai mobil masih tergolong sehat, dari segi cairan, daya yang dihasilkan, dan pertimbangan dari umur aki tersebut. Komponen ini sangat penting karena akan sangat berpengaruh dari fungsi mobil yang berkaitan dengan listrik dan bisa menyebabkan kerusakan jika aki tidak optimal.

    Untuk mengeceknya, bisa dilihat melalui lampu indikator pada panel mobil. Hijau biasanya berarti baterai dalam kondisi baik, dan kuning atau hitam biasanya berarti baterai sekarat. 

    Jika baterai memiliki tutup pengisi, seka bagian atasnya dengan lap, lalu cungkil atau buka tutupnya dengan hati-hati untuk melihat level air baterai.  

    6. Periksa Semua Berkas dan Surat Kendaran Secara Detail

    Hal terpenting selanjutnya untuk anda teliti saat membeli mobil bekas, periksa dengan detail setiap berkas, status kendaraan, dan surat-surat mobil bekas pilihan anda.  Hal ini sangat penting khususnya ketika anda membeli secara perorangan dari pemilik langsung. 

    Hal-hal yang perlu dicek adalah yang berkaitan dengan legalitas mobil, seperti nomor plat, nomor mesin, nomor rangka, faktur pembelian, status pembayaran pajak, dan status pembelian, dan yang pastinya dari dokumen BPKB dan STNK dari mobil tersebut. 

    Memeriksa keaslian berkas-berkas tersebut sangat penting, untuk menghindarkan anda dari membeli mobil curian dengan berkas palsu untuk meningkatkan harga jual mobil tersebut. 

    Baca juga: OLX Autos, Solusi Beli Mobil Bekas dengan Aman, Mudah, dan Pasti

    7. Ajak Teman Atau Ahli Ketika Melihat Mobil

    Dua pasang mata akan lebih teliti dibanding satu. Untuk itu, bila anda berniat melihat langsung kondisi mobil bekas yang akan anda beli, akan sangat disarankan untuk mengajak rekan, teman, yang cukup ahli dalam menilai keadaan sebuah mobil.

    Teman anda tersebut bisa jadi memiliki opini tambahan tentang mobil yang bisa anda pertimbangkan. Selain itu, bila teman anda tahu banyak dan memiliki pengalaman  tentang mobil akan lebih baik pula.

    Perlu diingat, hanya ajak teman yang bersedia dan tertarik untuk membantu anda. Mengajak seseorang yang tidak tertarik hanya akan menurunkan motivasi anda membeli mobil bahkan membuat anda menjadi terburu-buru dalam menilai mobil secara keseluruhan.

    8. Peralatan Sederhana Yang Perlu Di Bawa

    Ketika akan memeriksa mobil bekas, anda bisa melakukan hal ekstra yakni menyiapkan beberapa alat yang fungsinya bisa membantu dalam menilai mobil. Beberapa alat tersebut antara lain:

    1. Buku catatan kecil dan bolpoin

    Buku ini bisa digunakan untuk mencatat poin-poin penting yang disampaikan penjual terkait kondisi mobil. Anda bisa menandai misal setiap kelebihan dan kekurangan dari mobil bekas. Selain itu juga ada bermacam hal seperti nomor identifikasi kendaraan, jarak tempuh, dan detail lainnya menggunakan buku catatan. Menuliskannya di notepad di smartphone juga bisa anda lakukan.

    2. Senter atau Flashlight

    Anda akan membutuhkan penerangan dari senter untuk memeriksa tempat-tempat tersembunyi yang gelap, dan juga melihat kondisi pada bagian bawah mobil.

    3. Cermin kecil

    Cermin dapat membantu anda untuk melihat bagian-bagian mobil khususnya pada sudut sempit yang tidak bisa dilihat secara langsung, misalnya pada bagian sela-sela roda, dan juga di dalam kap mesin mobil.

    4. Pengukur Ketebalan Cat Mobil

    Salah satu alat yang menjadi pilihan untuk dibawa, adalah pengukur ketebalan cat mobil. Alat ini juga dinamakan coating thickness gauge dan bisa anda temukan dengan mudah di toko perlengkapan.

    Alat ini bisa sangat berguna untuk mengecek kerusakan akibat kemungkinan terjadinya kecelakaan pada mobil. Selain itu, ada bisa mengukur dengan akurat perbedaan ketebalan cat mobil dapat menunjukkan bahwa kendaraan telah diperbaiki/disemprot ulang karena kerusakan akibat kecelakaan.

    Anda juga bisa mengetahui apabila ada area di mana ketebalannya berbeda atau alat pengukur tidak berfungsi sama sekali, ini mungkin menunjukkan masalah karat yang ada pada mobil.

    Baca juga: 10 Tips Menjual Mobil Bekas Secara Online

    9. Lakukan Test Drive

    Bagian akhir namun jangan sampai dilewatkan, yakinkan keputusan anda dengan melakukan test drive kendaraan apabila memungkinkan. Mengetahui keseluruhan kondisi mobil, mulai dari performa, handling, kenyamanan, dan faktor-faktor lainnya dapat anda rasakan dengan melakukan test drive.

    Anda juga bisa langsung mengetahui kondisi yang terjadi saat mobil dijalankan, dan pengalaman berkendara dari mobil tersebut. Jika anda ingin mencari fasilitas dealer dengan layanan test drive, anda bisa mengunjungi dealer OLX Autos terdekat anda, atau memesan layanan Home Test Drive dengan memesan melalui aplikasi, dan mobil akan diantarkan ke alamat anda untuk melakukan test-drive. Ada banyak pilihan mobil bekas terbaik dan layanan agar membeli mobil menjadi nyaman!

    Baca juga: 6 Hal yang Harus Dilakukan Jika Ingin Test Drive Mobil

    10. Tentukan Pilihan Pembayaran Yang Paling Sesuai

    Saat ini, bagaimana anda ingin melakukan pembayaran ketika membeli mobil bekas? Apakah Kredit, Cash, atau mungkin pembayaran lainnya?

    Setiap jenis pembayaran menawarkan layanan dan keunggulannya masing-masing. Untuk dari itu, memilih metode yang tepat dengan anggaran bisa menghindarkan kesulitan dari membeli mobil baru untuk anda. 

    Jika anda membeli mobil di dealer dan mendapat tawaran untuk kredit, pastikan bahwa bunga yang anda bayar tidak begitu tinggi walau dengan cicilan mobil bekas yang rendah. Pilihan pembayaran lain misal pinjaman online dan kredit dengan dp rendah juga harus anda teliti terkait persyaratan dan nilai total yang akan anda keluarkan.

    Selain itu, bila anda membeli mobil bekas langsung dari pemiliknya, biasanya akan ada opsi pembayaran over kredit, apabila mobil tersebut belum lunas cicilannya. Lebih teliti terkait pihak-pihak ketiga yang berurusan dengan kredit dapat menghindarkan anda dari kesulitan saat akan melanjutkan over kredit mobil.

    Tips Membeli Mobil Bekas Paling Praktis

    Menyimak beberapa tips diatas, anda mungkin berpikir bahwa ada banyak hal dan detail yang harus diteliti agar tidak rugi atau ditipu saat membeli mobil bekas. Namun jangan khawatir, anda bisa terbebas dari hal tersebut, hanya dengan membeli mobil bekas di OLX Autos!

    Dengan banyaknya fitur layanan seperti pengecekan mobil secara mendalam, surat-menyurat, harga yang kompetitif, dan layanan pembayaran yang sangat fleksibel, anda bisa mendapat unit mobil berkualitas, tanpa takut tertipu saat bertransaksi.

    Pada situs OLX mobil yang ditawarkan sangat lengkap. Didukung dengan jaringan lebih dari 300 dealer se-Indonesia, yang membuat transaksi anda jadi lebih mudah, dan jaminan kepuasan anda sebagai pembeli maupun penjual mobil. Semoga artikel ini dapat membantu anda!

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here