Kamis, Desember 8, 2022
More
    Tips & TrikTanya Jawab (Pendapat Ahli)Beda Karakter Motor Matic Lama dan Baru, Perhatikan Pemilihan Oli Mesinnya!

    Beda Karakter Motor Matic Lama dan Baru, Perhatikan Pemilihan Oli Mesinnya!

    Menurut Dian Hardiana, Area Sales Supervisor Retail Region 3 PT Pertamina Lubricants, ada perbedaan mesin pada motor lawas dan motor baru sehingga kita harus tau tips memilih oli motor matic lama dan baru.

    JAKARTA – Bagi para pemilik motor, mencari oli mesin yang cocok memang gampang gampang susah. Apalagi banyak sekali pilihan merek di pasaran yang sama-sama mengklaim keunggulan produknya masing-masing.

    Untuk jenis motor matic, pilih oli motor yang memang dikembangkan sesuai dengan spesifikasi mesin motor itu sendiri, jangan asal beli saja.

    Hal yang wajib diperhatikan disini adalah tingkat kekentalan oli yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan motor tersebut.

    Ini artinya, pakai merek apa saja boleh asal SAE-nya sesuai dengan yang dianjurkan mekanik bengkel resmi atau bisa dilihat dari manual book motor.

    Memilih oli atau pelumas untuk motor matic keluaran terbaru dan yang lama juga tidak boleh sama. 

    Karena teknologi mesin motor matic yang terbaru juga sudah mengalami berbagai pengembangan spesifikasi dibanding motor matic lama. 

    Tips Memilih Oli Motor Matic Baru dan Matic Lama

    Ini kemudian yang jadi menarik, untuk kita membahas bagaimana tips memilih oli motor matic lama dan baru. 

    Menurut Dian Hardiana, Area Sales Supervisor Retail Region 3 PT Pertamina Lubricants, ada perbedaan mesin pada motor lawas dan motor baru sehingga kita harus tau tips memilih oli motor matic lama dan baru. 

    Perbedaan tersebut terletak pada kapasitas mesin. Motor lama biasanya memiliki kapasitas mesin yang lebih besar dengan desain yang ringkas.

    “Untuk motor-motor tahun lama yang sudah lawas, spesifikasi mesinnya belum kompak atau mesinnya masih besar. Selain itu karena termakan usia, jadi ia membutuhkan oli dengan kekentalan yang cukup kental,” jelasnya beberapa waktu lalu. 

    Pilihan pelumas untuk motor matic keluaran lama ini, Pertamina Lubricants menyediakan Enduro Matic-G SAE 20W-40.

    Oli Pertamina ini cocok dipakai untuk Yamaha Nouvo, Suzuki Skywave, Piaggio, Vespa atau Yamaha Mio.

    Sementara untuk motor matic dengan teknologi terbaru, butuh karakter oli yang lebih encer.

    Ini disebabkan mesin motor tersebut lebih ringkas dan lebih rapat sehingga mekanisme kerjanya lebih sederhana, dan telah didukung teknologi yang lebih canggih.

    “Kalau motor baru, desain mesinnya memang sudah kompak. Jadi semakin ke sini teknologi olinya semakin encer, baik untuk mobil maupun motor. Jadi untuk motor matic baru harus pakai oli yang lebih encer, karena teknologi mesin yang diciptakan oleh pabrikan motor seperti itu,” terangnya.

    Disini Pertamina Lubricants menyediakan pelumas seperti Enduro Matic SAE 10W-30 dengan tingkat kekentalan lebih rendah untuk motor matic Honda Beat, Honda Scoopy, Honda Genio atau Vario 125.

    “Jadi mesin motor baru itu lebih rapat lagi. Lebih kompak sehingga membutuhkan oli yang sangat encer. Jadi biasanya kekentalannya sudah lebih kecil. Naiknya ke SAE 5W-30 atau SAE 10W-30 dan seterusnya. Jadi semakin kecil viskositas semakin encer,” tutup Dian.

    Jadi bagi OLXers pemilik motor matic, jangan sampai salah dalam memilih oli atau pelumas mesin. Semoga bermanfaat!

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here